May 3, 2018

Pasar Tablet Masih Alami Masa-Masa Sulit

Penulis: Okta W | Editor: Iwan RS
Pasar Tablet Masih Alami Masa-Masa Sulit  

Mobitekno –┬áBerbeda dari smartphone, pengiriman (shipment) tablet di pasar global terus mengalami penurunan. Menurut laporan Digitimes Research, terhitung hanya 33 juta unit yang berhasil dikapalkan selama kuartal pertama 2018.

Angka tersebut mengalami penurunan cukup signifikan, yakni 28,2% per kuartal atau 14,9% dari tahun ke tahun (year over year). Sejumlah analis menyimpulkan jika ada dua alasan utama penyebab penurunan ini, yaitu kurangnya stimulasi dan penyesuaian inventaris.

Apple sendiri telah memperkenalkan iPad 9,7 (2018). Namun, mengingat harga jualnya yang masih terbilang tinggi, tablet ini pun tidak dapat membantu peningkatan angka pengiriman tablet secara signifikan.

Secara ukuran, tablet yang begitu diminati oleh konsumen pada tahun 2018 adalah perangkat dengan ukuran 9,7 inci atau yang lebih besar. Sedangkan penjualan tablet berukuran 7 inci dan 8 inci mengalami penurunan. Tercatat, ukuran tablet yang lebih kecil turun sekitar 8% untuk kuartal kedua secara berturut-turut.

Dinamika juga terjadi di prosesor tablet. Sejak Samsung dan Huawei mulai mengembangkan prosesor/chipset sendiri. Dampaknya mulai dirasakan pembuat prosesor tablet, seperti MediaTek dan Qualcomm. Jumlah pengiriman chip dari keduanya menunjukkan tren penurunan.

Analis pasar juga memperkirakan, pengiriman tablet Apple akan naik di kuartal berikutnya. Peluncuran iPad Pro 2018 terbaru menjadi salah satu faktor penyebabnya. Sedangkan pabrikan tablet lainnya belum berencana untuk melakukan peluncuran besar-besaran. Digitimes pun memperkirakan akan terjadi penurunan 6,24% dalam pengiriman atau menjadi sekitar 31,06 juta unit.

Tags: , , ,


COMMENTS