May 3, 2018

Fitur Group Video Call dan Sticker akan Hadir di WhatsApp. Kapan?

Penulis: Okta W | Editor: Iwan RS
Fitur Group Video Call dan Sticker akan Hadir di WhatsApp. Kapan?  

Mobitekno – Sejak diakuisi oleh raksasa jaringan medsos Facebook, layanan/aplikasi messaging WhatsApp semakin rajin menawarkan fitur baru bagi 1,5 miliar penggunanya. Inovasi perlu terus dilakukan mengingat rival lainnya, seperti Telegram juga kian populer karena aspek privasi dan keamanannya.

Facebook selaku pemilik WhatsApp punya banyak kepentingan untuk terus membenahi layanan ini ke depan. Saat berbicara di ajang F8 Facebook Developer Conference, San Jose, California, bos Facebook, Mark Zuckerberg, menyampaikan akan adanya beberapa perubahan penting di WhatsApp.

Dari sekian perubahan yang akan dilakukan, salah satunya adalah kehadiran fitur ‘group video call’ dan ‘stickers’ dalam beberapa bulan mendatang. Hal ini diucapkan langsung oleh Mubarik Imam selaku Direktur WhatsApp.

WhatsApp Stickers

Mubarik tidak menjabarkan secara detail mengenai fitur group video call terbaru ini. Namun, dari tangkapan layar yang diperlihatkan bisa terungkap bahwa nantinya fitur video call ini setidaknya bisa dilakukan oleh empat orang secara bersamaan.

Namun tak jelas, apakah itu jumlah maksimum yang didukung oleh fitur ini atau memang dipilih secara acak oleh WhatsApp untuk sekadar mendemontrasikan fitur yang kedengarannya pasti menarik bagi sebagian pengguna.

Selanjutnya, Imam juga mengatakan bahwa WhatsApp akan mendapatkan serangkaian stiker yang nantinya memiliki tampilan sama seperti sticker yang ada pada Facebook Messenger. Jadi tak mengherankan jika nantinya Facebook akan merangkul pihak ketiga untuk membuat stiker yang bisa dipakai secara bersamaan, baik di WhatsApp maupun di Messenger.

Secara bisnis, Facebook juga berniat melakukan perubahan WhatsApp di platfrom Android. Strategi ini diharapkan dapat membuat WhatsApp lebih mengakomodir brand-brand besar. Tentunya berdasarkan perhitungan bisnis tertentu.

Imam juga menuturkan populernya Whatsapp sebagai platform untuk membuat/berbagai pesan audio dan video. Setidaknya ada lebih dari dua miliar menit video dan audio yang berbedar di platform ini setiap harinya. Tidak mengherankan, mengingat WhastApp saat ini telah digunakan lebih dari 450 juta pengguna setiap harinya.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES