November 2, 2018

Pernah Saling Kritik, Facebook dan Apple Juga Akur Kerjasama di Instagram. Terkait Apa?

Penulis: Iwan RS
Pernah Saling Kritik, Facebook dan Apple Juga Akur Kerjasama di Instagram. Terkait Apa?  

Mobitekno – Bukan hal baru jika Tim Cook (CEO Aple) dan Mark Zuckerberg (CEO Apple) saling tuding mengenai masalah privasi data pengguna di masing-masing platform mereka.

Namun, pebisnis sejati tentunya pasti dapat memilah-milah mana perbedaan dan kesepahaman agar dapat bermitra untuk kepentingan/keuntungan bersama. Seperti kemitraan yang baru dilakukan keduanya baru-baru ini terkait platform medsos populer Instagram.

Seperti diketahui, Instagram (dimiliki Facebook) dan Shazam (dimiliki Apple) mengumumkan kerjasamanya agar para pengguna smartphone iOS dapat membagikan lagu yang telah diidentifikasi oleh aplikasi Shazam untuk dimuat ke Instagram Stories (Insta Stories).

Dilansir dari Phone Arena, Instagram telah mengumumkan hadirnya opsi untuk berbagi lagu yang dideteksi Shazam ke fitur Insta Stories untuk pengguna Instagram versi iOS. Menurut pihak Shazam, fitur ini juga akan hadir di platform Android meski belum disebutkan kapan waktunya.

Sudah pasti pengguna fitur untuk berbagi lagu ini hanya dapat dilakukan jika pengguna telah meng-install aplikasi Shazam dan Instagram di smartphone-nya.

Setelah nama dan penyanyi lagu telah diketahui (dideteksi) oleh aplikasi Shazam, pengguna dapat langsung menekan tombol baru yang berfungsi untuk membagikan lagu tersebut ke Instagram Stories.

Semua pengguna yang mengikuti suatu akun Instagram (followers) yang melihat Insta Stories dapat memilih opsi “More on Shazam” untuk menjalankan aplikasi Shazam untuk mengakses lagu tersebut.

Langkah ini merupakan strategi lanjutan Instagram merangkul beragam layanan terkait musik, seperti Spotify, Eventbrite, dan SoundCloud.

Tags: , , , ,


COMMENTS