November 2, 2018

Hadirkan Online Printing Marketplace, PrinterQoe Ingin Jadi Game Changer Bagi Industri Cetak Dokumen Tanah Air

Penulis: Iwan RS
Hadirkan Online Printing Marketplace, PrinterQoe Ingin Jadi Game Changer Bagi Industri Cetak Dokumen Tanah Air  

Mobitekno –¬†Era sharing economy terus berlanjut di Tanah Air. Setelah hadirnya startup Go-Jek dan Grab yang meredefinisi pola masyarakat memanfaatkan jasa transportasi, kini Astragraphia, melalui anak perusahaannya PT. Astragraphia Xprins Indonesia (AXI) juga ingin berkontribusi dalam tren sharing economy.

Era sharing economy atau disebut juga collaborative consumption sudah terjadi selama lebh satu dekade ini di dunia. Berawal dari kesadaran bersama akan sumber daya yang terbatas, konsep ini pun lahir karena membawa dampak positif dalam menciptakan efisiensi dalam sumber daya dan banyak hal lainnya.

Kontribusi AXI dalam hal ini adalah dengan memperkenalkan PrinterQoe sebagai layanan online printing marketplace pertama di tanah Air. PrinterQoe menawarkan solusi mencetak dokumen di mana dan kapan saja secara mudah, cepat, praktis, dan terjami kualitasnya.

“PrinterQoe merupakan layanan online printing marketplace terbesar yang dapat diakses melalui website dan aplikasi mobile dengan menghubungkan lebih dari 1.500 printer di area Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi,” ujar Halim Wahjana, Komisaris PT Astragraphia Xprins Indonesia Halim Wahjana di Jakarta (31/10/2018).

AXI berharap, hadirnya layanan PrinterQoe (layanan web dan mobile app) dapat menjadi game changer bagi industri cetak dokumen di Indonesia dalam merespon dinamika kebutuhan konsumen, baik pelaku bisnis, mahasiswa, digital nomad, hingga startup.

PrinterQoe

PrinterQoe melengkapi beragam inovasi produk digital AXI yang sebelumnya telah hadir, seperti AXIQoe, PrintQoe, CourierQoe, dan SpotQoe.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah pengguna smartphone/ponsel terbesar di dunia, yakni 142% dari populasi atau 262 juta smartphone yang dimiliki orang Indonesia.

Dari jumlah tersebut, 177,9 juta merupakan pengguna mobile data sehingga wajar jika berbagai aktivitas dan kebutuhan pun dilakukan melalui smartphone.

Berdasarkan laporan Association for Print Technologies (2018), prediksi pasar online printing dunia akan mencapai US$ 30,5 miliar pada tahun 2023 nanti. Ini menandakan adanya perubahan perilaku pengguna dari aktivitas cetak (printing) offline ke online.

Data dari Zipcon Consulting, rasio volume online printing di Asia Pasifik bertumbuh dari 8% pada tahun 2014 menjadi 32% di tahun 2020. Di Indonesia sendiri, menurut IDC, 45% penyedia jasa cetak menyatakan mobile printing akan menjadi fitur unggulan untuk menjawab kebutuhan pelanggan di masa depan.

AXI melalui PrinterQoe berkomitmen dapat menghadirkan layanan atau produk digital yang dapat memberikan nilai tambah bagi semua pihak (win-win solution).

Pelanggan dapat melakukan order cetak secara cepat, praktis, dan berkualitas, dimanapun dan kapanpun. Sedangkan penyedia jasa cetak dapat memperluas cakupan layanan via online dengan platform PrinterQoe.

PrinterQoe

Fanda Vionita, Head of PrinterQoe, juga menjelaskan bahwa saat ini berbagai pihak industri sudah mulai memasuki era digital yang prinsipnya menciptakan kemudahan dan efisiensi dalam berbagai aktivitas, salah satunya mencetak dokumen atau sejenisnya.

PrinterQoe diharapkan AXI dapat mengatasi berbagai permasalahan konsumen dalam menggunakan jasa cetak, seperti menemukan mitasa jasa cetak terdekat, memangkas antrian panjang, serta layanan dan hasil cetak yang memuaskan.

Fanda menyebutkan bahwa PrinterQoe telah memiliki lebih dari 1.500 printer yang tersebar di Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi) ini nantinya akan terus menambah jaringan printer di berbagai daerah di Indonesia.

Pengguna aplikasi PrinterQoe (iOS dan Android) relatif simpel dan intuitif. Setelah melakukan registrasi, pengguna cukup memilih layanan jasa cetak terdekat yang ada di sekitarnya, lalu meng-upload dokumen (hanya mendukung file PDF maksimum sebesar 20 MB).

Kemudian, pengguna memilih berbagai parameter lainnya, seprti jumlah halaman, sis cetak, warna atau hitam putih, jenis kertas, dan lain-lain. Selanjutnya lakukan pemesanan cetak dan pembayaran.

Nantinya, PrinterQoe juga akan menjajaki kemitraan dengan pihak lainnya, seperti jasa antar cetak pembayaran non-tunai, dan sebagainya dalam waktu mendatang.

Tags: , , , ,

  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares

COMMENTS