October 2, 2018

Orang Kepercayaan Zuckerberg Jadi Bos Baru Instagram. Siapakah Dia?

Penulis: Iwan RS
Orang Kepercayaan Zuckerberg Jadi Bos Baru Instagram. Siapakah Dia?  

Mobitekno – Facebook akhirnya menunjuk bos baru Instagram, Adam Mosseri, untuk menggantikan dua pendirinya yang mengundurkan diri, Kevin Systrom dan Mike Krieger. Pengumuman yang dipublikasikan melalui blog Instagram ini juga menyebutkan jika Adam yang bekerja di Facebook sejak 2008 akan efektif memimpin Instagram terhitung hari ini (2/10/2018).

Penunjukkan Adam juga disambut positif oleh kedua pendiri Instagram yang baru hengkang dengan menyatakan, “Kami senang menyerahkan kendali (perusahaan) kepada pemimpin yang berlatar belakang desain yang kuat dan fokus pada ketekunan dan kesederhanaan, serta pemahaman mendalam tentang pentingnya komunitas.”

Menurut banyak pihak, Adam Mosseri adalah pengganti yang ideal menggantikan Systrom. Terutama karena berkarir cukup lama di Facebook dan ‘kedekatannya’ dengan bos Facebook, Mark Zuckerberg.

Adam Mosseri - Instagram
Ki-ka: Mike Krieger, Instagram co-founder, Adam Mosseri, CEO Instagram, dan Kevin Systrom, mantan CEO Instagram.

 

Hubungan yang harmonis dengan Zuckerberg tentunya memudahkan Mosseri untuk menggunakan wewenangnya untuk terus mengembangkan Instagram sekaligus mengintegrasikannya ke Facebook.

Adam meyakini jika Facebook dan produk di sekitarnya, termasuk Instagram, dapat memberikan dampak positif bagi dunia meski harus dikelola dengan konsistensi dan keputusan yang tetapt agar tidak salah arah.

Seperti diketahui, masuknya banyak kepentingan Facebook ke dalam Instagram dianggap menjadi salah satu ‘biang’ ketidakcocokkan antara Zuckerberg dan dua pendiri Instagram (Kevin Systrom dan Mike Krieger).

Yang menarik adalah, Zuckerberg belum merespon atau memberi sambutan mengenai posisi Adam yang baru di Instagram tersebut seperti kebiasaannya selama ini di facebook.

Diduga, Zuckerberg ingin mengurangi kesan sebagai ‘dalang’ terjadinya suksesi yang terjadi di Instagram baru-baru ini. Zuckerberg ingin agar Instagram dilihat dari pihak luar dijalankan secara lebih independen dan terpisah dari Facebook.

Apakah Adam nantinya akan sesukses pendahulunya dalam memimpin Instagram tentu hanya waktu yang dapat menjawabnya.

Sementara itu, akun Instagram Ada juga memperlihatkan fotonya bersama Systrom dan Krieger. Dalam caption-nya, Ia mengucapkan terima kasih kepada Systrom dan Krieger dan akan berusaha semampu mengembangkan Instagram dan dan membuat tim dan komunitas Instagram berbangga.

Tags: , , , , ,

  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares

COMMENTS