September 2, 2018

Performa dan Produktivitas Mumpuni, WD Hadirkan SSD Khusus Pecandu Game Dibawah Harga Pesaing

Penulis: Rizki Romdoni
Performa dan Produktivitas Mumpuni, WD Hadirkan SSD Khusus Pecandu Game Dibawah Harga Pesaing  

Mobitekno – Di tahun ini, industri gaming tengah memasuki masa kepopuleran yang begitu masif. Sampai-sampai di ajang Asian Games 2018 olahraga cabang e-sports mempertandingkan hingga 6 nomor e-sports, diantaranya AOV, PES 2017, Clash Royale dan Starcraft.

Salah satu masalah yang dihadapi bagi seorang pecandu game biasanya seputar storage. Meski PC gaming yang populer saat ini telah menyematkan memory penyimpanan hingga 256 gigabita, namun ternyata itu masih dianggap kurang (masih butuh tambahan hard disk).

Tidak hanya pecandu game, pembuat konten kreatif pun juga dituntut untuk memiliki PC/laptop dengan kemampuan untuk mengoperasikan aplikasi intensif serta menampilkan konten grafis dan video 4K/Ultra HD. Untuk memproses dan memindahkan sejumlah besar data ini dengan cepat dan tanpa hambatan, Western Digital mengembangkan generasi baru SSD untuk membantu menghilangkan hambatan penyimpanan tradisional.

Western Digital Corporation (NASDAQ: WDC) belum lama ini memperkenalkan WD Black 3D NVMe™ SSD  berperforma tinggi yang menggunakan arsitektur SSD dan controller dari perusahaan. SSD ini mempercepat transfer data pada aplikasi PC untuk memungkinkan pengguna mengakses dan menangkap video beresolusi tinggi, audio dan konten gaming dengan cepat.

Harianto Karim, Sales Manager Channel Drive Western Digital Corporation  menegaskan bahwa dengan form factor M.2 ini dilengkapi dengan arsitektur dan controller baru NVMe, yang mengintegrasikan Western Digital 3D NAND secara optimal. Platform baru terintegrasi “SSD ini didesain khusus untuk memaksimalkan performa SSD bertenaga NVMe, dengan sistem pengolahan daya yang canggih, masa pakai dan ketahanan lebih lama untuk berbagai aplikasi karena memanfaatkan teknologi NVMe,” kata Hari.

WD Black 3D NVMe SSD: Kecil-kecil Cabai Rawit

Mengenai kinerja dan spesifikasi WD Black 3D NVMe diulas lebih jauh dan mendalam oleh Dedy Irvan dari JagatReview.com. Dalam pemaparannya, ia menjelaskan bahwa pengguna dapat memperkaya pengalaman di lingkungan gaming yang diperoleh dari akselerasi fast data yang intensif.

“Dengan sequential read yang luar biasa (mencapai, 3,400 MB/s pada model 1TB dan 500GB) serta sequential write (mencapai, 2,800MB/s untuk model 1TB) yang dikombinasikan dengan kapasitas hingga 1TB, drive baru ini sangat ideal untuk gamers,” ujarnya.

SSD WD Black 3D NVMe seukuran jari telunjuk pria dewasa

Selain itu, Dedy menambahkan, drive ini memiliki random read hingga 500.000 IOPs (untuk model 1TB) untuk menghasilkan transfer data yang ekstrim, yang ideal untuk aplikasi multi-thread dan lingkungan multitasking dengan data yang intensif. “Lalu kenapa sih harus menggunakan SSD WD Black 3D NVMe, jawabannya adalah pertama untuk produktivitas. Bahwa storage besar itu penting, benar. Namun kecepatan pemrosesan data juga tak kalah penting.” jelasnya.

Kedua ialah performa yang sesuai dengan janji. Melalui pengujian di lab, tim JagatReview mendapati hasil yang cukup representatif. Drive ini menawarkan garansi selama lima tahun dengan daya tahan hingga 600TBW (untuk model 1TB) dan 0,33DWPD yang berarti pengguna bisa memakai untuk gaming sebesar 33% selama 5 tahun.

Yang menarik menurut Dedy ialah harga yang masuk akal, karena setelah banyak melakukan pengecekan, ternyata WD Black 3D NVMe SSD lebih murah Rp800 ribu dari harga pesaing.

WD Black 3D NVMe SSD tersedia di Indonesia dengan variasi kapasitas 250GB (Rp1,6 juta), 500GB (Rp3 jutaan), dan 1TB (Rp5,4 juta). Drive baru berkapasitas 250GB ini sudah tersedia di Indonesia dan kapasitas 500GB akan tersedia pada awal September 2018 serta kapasitas 1TB yang akan segera tersedia dalam waktu dekat.

Produk-produk tersebut bisa didapatkan melalui distributor resmi Western Digital, seperti Astrindo dan juga akan tersedia pada toko online, reseller, integrator sistem, dan distributor-distributor lainnya.

Tags: , , , , ,

  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

COMMENTS