July 2, 2018

Selama Ramadan 2018, ShopBack Alami Peningkatan Transaksi Hingga 3 Kali Lipat

Penulis: Desmal Andi
Selama Ramadan 2018, ShopBack Alami Peningkatan Transaksi Hingga 3 Kali Lipat  

Mobitekno – Ramadan sering memang membawa keuntungan bagi banyak ecommerce di Indonesia. Salah satunya di Ramadan 2018 ini yang membuat ShopBack mengalami peningkatan transaksi hingga tiga kali lipat. Bahkan, ShopBack mencatat rata-rata belanja hingga Rp 1,2 juta.

Peningkatan transaksi ini ada pada minggu kedua di bulan Ramadan. Menurut ShopBack, hal ini disebabkan karena di minggu tersebut kebanyakan masyarakat sudah menerima gaji ditambah dengan Tunjangan hari Raya (THR).

“Ramadan merupakan momen panen raya, tidak hanya bagi para pelaku ecommerce, tetapi jiuga bagi pengusaha retail offline di Indonesia. Sepanjang Ramadan tahun ini, daya beli konsumen ShopBack meningkat hingga 74 persen dibandingkan tahun lalu,” kata Indra Yonathan, Country Head of ShopBack Indonesia.

Peningkatan transaksi ini tidak lepas dari beragam promo yang digelar pada pelaku ecommerce yang tergabung di ligkungan ShopBack. Shopee misalnya, menggelar promo Big Ramadhan Sale. Sementara Lazada menggelar promo PuaSale.

“Berdasarkan mini survei yang dilakukan ShopBack baru-baru ini terhadap lebih dari 500 responden yang senang berbelanja online di Jabodetabek, program diskon atau voucher serta cashback menjadi dua faktor utama yang mempengaruhi keputusan mereka berbelanja sepanjang bulan Ramadhan,” lanjut Indra.

Sementara itu, berdasarkan survey yang sama, terungkap tiga kategori produk yang menurut responden paling banyak menguras pemasukan mereka selama bulan Ramadan. Adapun ketiga
kategori produk tersebut meliputi, fesyen dan aksesori, Pulsa, dan Groceries.

Peningkatan nilai transaksi di ketiga jenis kategori ini juga tercatat di data internal Shopback,
dengan persentase masing-masing 78,6% untuk kategori fesyen dan aksesoris, 64.7% untuk
Pulsa serta 18,8% untuk Groceries

Tags: , , , , ,


COMMENTS