February 2, 2018

Pengemudi Grab akan Lebih Mudah Beli Ponsel Samsung. Kenapa?

Penulis: Iwan RS
Pengemudi Grab akan Lebih Mudah Beli Ponsel Samsung. Kenapa?  

Mobitekno –┬áSamsung dan Grab telah menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) untuk mendorong adopsi teknologi digital di kawasan Asia Tenggara.

Kerja sama akan menyangkut beragam inisiatif untuk peningkatan pengalaman pelanggan dan peluang pendapatan bagi mitra pengemudi dan pengguna Grab di Asia Tenggara.

Pada fase awal kemitraan ini, Samsung akan menyediakan beberapa kemudahan bagi pengemudi dan pengguna Grab, termasuk penyediaan skema penandaan mikro (micro-financing) untuk perangkat mobile (mobile device).

Bentuk nyata pendanaan mikro yang ditujukan langsung ke pengemudi Grab misalnya untuk pembelian smartphone Samsung untuk menjalankan aplikasi Grab, komunikasi, dan berinteraksi langsung dengan pelanggan.

Grab - Samsung deal

Sebelumnya, keduanya telah melakukan bekerjasama sejenis pada akhir 2017 lalu. Kerjasama ini berhasil membantu sekitar 1400 pengemudi Grab di Myanmar untuk mendapatkan perangkat mobile baru.

Kesepakatan ini juga akan ditindaklanjuti Grab dengan menghadirkan lebih banyak GrabKiosk dan GrabBooth di mal, hotel, atau sarana publik lainnya. Kontribusi Samsung bukan hanya pada perangkat, tapi juga teknologi lainnya, seperti sistem keamanan mobile Samsung Knox yang menjamin keamanan informasi pada perangkat pengemudi Grab.

Yang menarik, Grab juga berencana menyediakan program in-car infotainment yang masih dalam bentuk pilot project di Singapura. Samsung akan menyediakan tablet yang juga dipasang dengan aplikasi Grab. Rencananya, program ini juga akan diperluas ke negara Asia Tenggara lainnya.

Baik Samsung dan Grab juga menyatakan niatnya untuk lebih menyelaraskan sistem pembayaran mobile di berbagai negara Asia Teggara yang saat ini masih terdefragmentasi.

Belum diketahui pasti apakah ini berarti Samsung dan Grab akan mengintegrasikan masing-masing dompet digitalnya (digital wallet) menjadi satu layanan ataukah melalui metode lainnya.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES