January 2, 2018

Qualcomm Masih Perkasa di Pasar SoC

Penulis: Eko Lannueardy
Qualcomm Masih Perkasa di Pasar SoC  

Mobitekno – Dalam laporan terbarunya, Counterpoint Research menyebutkan bahwa Qualcomm pada kuartal ketiga tahun fiskal 2017 kembali merajai pasar penjualan chipset. Tercatat, pendapatan pasar chipset Qualcomm mencapai 42 persen atau tumbuh 1 persen dibandingkan pada kuartal ketiga tahun 2016.

Sementara itu, Counterpoint Research juga mencatat bahwa pangsa pasar industri chipset ini sendiri secara global tumbuh sebesar 19 persen dan berhasil mengeruk keuntungan lebih dari US$ 8 miliar. Laporan lainnya menyebutkan, Apple berada di posisi kedua dengan pangsa pasar sebesar 20 persen.

Di peringkat ketiga, keempat dan kelima ditempati oleh MediaTek, Samsung dan Huawei HiSilicon. Masing-masing pabrikan berhasil menguasai pasar sebesar 14 persen, 11 persen dan 8 persen. Sedangkan Spreadtrum yang berada di posisi keanam harus puas dengan pangsa pasar sebesar 5 persen.

Lantas, bagaimana Qualcomm bisa begitu perkasa dalam industri ini? Jika dijabarkan lebih jauh, raksasa chipset asal San Diego, Amerika Serikat ini sendiri memang memiliki beragam chipset yang dipasarkan, mulai dari segmen entry-level hingga high-end.

Bahkan, Snapdragon 400 hingga 600 Series dikabarkan penjualannya hampir dua kali lipat dari tahun ke tahun. Namun sangat disayangkan, penjualan chipset kelas atas yang dimiliki oleh Qualcomm tak semanis penjualan chipset kelas menengahnya.

Diperkirakan, persaingan pasar chipset untuk perangkat mobile kedepannya akan semakin sengit. Masing-masing pabrikan akan memperlihatkan inovasi terbaiknya. Nampak jelas, hal ini sudah diperlihatkan oleh Huawei HiSilicon yang memproduksi Kirin 970 dengan kemampuan kecerdasan buatan alias artificial intelligence.

Tak mau kalah gesit, MediaTek pun kini fokus untuk mengembangkan chipset kelas menengah yang juga di dalamnya akan disisipkan teknologi kecerdasan buatan. Sudah barang tentu, Apple dan Samsung juga tak mau tinggal diam. So, kita tunggu gebrakan mereka semua.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS