June 1, 2018

Ikut Jejak Leica, Canon Akhirnya Stop Jual Kamera Film

Penulis: Iwan RS
Ikut Jejak Leica, Canon Akhirnya Stop Jual Kamera Film  

Mobitekno – Setelah Leica mengumumkan menghentikan produksi kamera film M7, raksasa kamera asal Jepang, Canon, juga menghentikan produksi kamera film terakhirnya EOS-1V.

Penghentian penjualan kamera film yang pertama dirilis pada 2000 lalu ini juga menandai berakhirnya bisnis kamera film Canon yang sudah dimulai sejak delapan dekade lalu.

Meskipun kamera film sudah tidak sepopuler kamera digital, Canon masih tetap mempertahankan EOS-1V sebagai satu-satunya kamera film bagi para fotografer profesional. Kamera yang didesain mirip kamera digital Canon (DSLR) ini sebenarnya sudah tidak diproduksi sejak 2010. Namun, Canon masih terus menjualnya dari stok yang masih tersedia di gudang.

Canon EOS-1V

Meskipun tidak memproduksi dan menjualnya lagi, Canon masih melayani layana purna jual (servis) kamera EOS-1V hingga Oktober 2025. Dengan catatan, suku cadang kameranya masih tersedia.

Dengan berakhirnya kamera film Canon, lini produksi pun akan berfokus pada kamera digital. Pamitnya Leica dan canon di dunia kamera film berarti menyisakan Nikon sebagai produsen kamera global yang masih memproduksi dan menjual kamera film. Akankah Nikon pun akan mengikuti jejak kedua kompetitornya tersebut?

Tags: , , , ,


COMMENTS