October 30, 2017

Review Asus Zenfone 4 Selfie: Bikin Aktivitas Selfie Penuh Percaya Diri

Penulis: Desmal Andi
Review Asus Zenfone 4 Selfie: Bikin Aktivitas Selfie Penuh Percaya Diri  

MOBITEKNO – Setelah memulai dengan ZenFone 4 Max Pro pada September 2017, Asus Indonesia mulai melengkapi jajaran ZenFone 4-nya dengan memasukkan dua varian lagi, yaitu ZenFone 4 Selfie 4 ZD553KL dan ZenFone 4 Selfie Pro ZD552KL pada Rabu 25 Oktober 2017. Mobitekno pun mendapatkan kesempatan untuk menguji kedua smartphone ini di meja redaksi.

Namun, di artikel ini, Mobitekno akan mengulas untuk ZenFone 4 Selfie ZD553KL. Untuk seri pro-nya kami buat dalam tulisan yang berbeda. Smartphone Asus ZenFone 4 Selfie ZD553KL hadir untuk memenuhi kebutuhan selfie para penggunanya. Jajaran ZenFone 4 memang semuanya hadir dengan kemampuan kamera ganda. Begitu juga dengan ZenFone 4 Selfie ini. Akan tetapi, berbeda dengan ZenFone 4 lainnya, ZenFone 4 untuk Sefie ini memiliki kamera ganda di bagian depan.

Berlayar 5,5 inci, sama seperti dengan ZenFone 4 lainnya, Asus ZenFone 4 Selfie ZD553KL tetap membawa tagline We Love Photo. Namun, ada tagline tambahan untuk smartphone ini, yaitu We Love Selfie. Berbagai fitur untuk menunjang kebutuhan Selfie, baik dari sisi hardware maupun aplikasi pun sudah disiapkan Asus. Anda tinggal mempelajarinya agar bisa dimanfaatkan secara maksimal. Penasaran dengan apa yang disuguhkan Asus ZenFone 4 Selfie ZD553KL ini? Silakan baca ulasan Mobitekno berikut ini.

Kelengkapan

Asus ZenFone 4 Selfie ZD553KL datang dengan bentuk kemasan berwarna putih yang kompak. Dimensi boksnya agak cukup besar, mengingatkan kepada boks kemasan pada seri ZenFone pertama beberapa tahun lalu. Tidak terlalu ramai dengan berbagai tulisan di atas boks ini. Hanya goresa berbentuk tampak belakang dan depan ZenFone 4 Selfie dengan tagline We Love Photo di bagian samping.

Kami buka segel yang menyelimuti boks tersebut dan geser bagian dalamnya. Unit ZenFone 4 Selfie tidak berada di posisi paling atas, tetapi di bawah boks kecil yang berisi buku panduan singkat dan softcase bawaan Asus. Berikut ini isi lengkapnya dari kemasan ZenFone 4 Selfie ZD553KL

  1. Unit Smartphone Asus ZenFone 4 Selfie ZD553KL.
  2. Buku garansi dan panduan singkat.
  3. Adaptor untuk mengubah tegangan AC ke DC
  4. Kabel Data Micro USB yang juga berfungsi sebagai kabel charger.
  5. Earphone.
  6. SIM Card Ejector yang diselipkan dalam boks kecil.
  7. Softcase bening berbahan plastik.

Desain

Saat dilepas dari boks kemasannya, smartphone Asus ZenFone 4 Selfie ini terasa cukup ringan. Berdasarkan data yang diperoleh dari Asus, memang beratnya hanya 144 gram. Cukup ringan untuk dibawa kemanapun Anda pergi. Balutan warna putih sudah terlihat jelas di bagian depan, di sekeliling layar dari atas, samping, hingga bawah.

Smartphone ini memiliki ukuran layar 5,5 inci. Masih cukup nyaman digenggam oleh kebanyakan ukuran tangan orang Indonesia, walaupun jika dipegang dengan satu tangan, masih terasa agak sulit bagian jempol mangakses seluruh area layar. Namun, itu dirasakan oleh penguji dari Mobitekno memiliki ukuran tangan mungil. Bisa saja, Anda memiliki ukuran telapak yang lebih besar sehingga seluruh area layar bisa lebih mudah diakses.

Beralih ke bagian atas dimana layar berada. Layarnya yang berukuran 5,5 inci IPS LCD sudah mendukung 16 juta warna dengan resolusi 720×1280 pixel. Di bagian bawah layar terdapat tombol Home yang juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari. Kemampuan tombol ini mampu memindai hingga 10 jari. Jadi, Anda bisa melakukan pengamanan yang banyak, baik untuk akses buka smartphone maupun aplikasi-aplikasi di dalamnya.

Di bagian atas layar terdapat kamera ganda yang berada di sisi kiri dan kanan. Posisi kamera depan dengan kombinasi 20 MP dan 8 MP ini memang berjauhan. Hal ini untuk membantu dalam menangkap gambar dengan area yang lebih luas (wide). Smartphone ini memang memiliki fitur Wide Selfie di dalamnya.

Di samping kamera terdapat sensor proximity yang bisa memantau kondisi cahaya untuk mengatur tingkat kecerahan warna layar secara otomatis. Di sampingnya lagi terdapat LED flash untuk membantu saat mengabadikan subjek di ruang yang kurang cahaya. Speaker phone berada persis di bagian tengah dengan proporsi yang seimbang antara kiri dn kanan.

Sekarang balikkan smartphone sehingga terlihat semua area bagian belakang. Tampak jelas kamera utama dengan kemampuan 16 MP yang sudah didukung dengan Phase Detection Autofocus dan EIS untuk kestabilan saat membidik subjek. Di samping kirinya terdapat LED flash untuk membantu cahaya di ruang temaram. Alihkan pandangan ke bagian tengah, logo Asus terpampang di bagian ini yang menyatu dengan bagian bodi. Garis antenna terdapat di bagian atas dan bawah yang bisa menambah kesan modern dari Asus ZenFone 4 Selfie ZD553KL ini.

Oya, desain kamera belakang pada Asus ZenFone 4 Selfie ini sedikit menonjol dari keseluruhan bodi belakang. Jadi, jika Anda khawatir dengan desain lensa yang menonjol ini, Anda bisa menggunakan case untuk melindunginya. Asus sudah menyediakan softcase yang siap digunakan tanpa harus membelinya lagi dari pihak ketiga.

Setelah bagian atas dan bawah, kini beralih ke setiap sisi kanan dan kiri, serta atas dan bawah. Tombol volume dan power ada di sisi kanan (dengan posisi layar menghadap ke atas). Seperti pada seri ZenFone lainnya, guratan dengan filosofi ZEN ada pada permukaan tombol power. Desain permukaan seperti ini membuat tombol tidak terasa licin saat diakses.

Di sisi lainnya, terdapat slot SIM Card yang harus dikeluarkan dengan SIM Card Ejector dengan cara dicolok. Satu hal menarik dari slot ini. Asus tidak mendesainnya dengan mode hybrid. Jadi, semua SIM Card bisa digunakanm berbarengan dengan penggunaan Micro SD Card. Berbeda dengan mode hybrid, SIM Card kedua tidak perlu mengalah lagi jika Anda menggunakan micro SD.

Beralih ke sisi bawah. Anda bisa melihat port micro USB untuk kebutuhan proses pengisian daya dan transfer menggunakan kabel data. Port micro SD ini diapit oleh dua speaker untuk audio dari file-file multimedia yang Anda putar. Sementara itudi bagian atas terdapat port audio 3,5mm untuk penggunaan earphone.

Secara keseluruhan, desain smartphone ini cukup stylish dengan empat sudut yang dibuat melengkung. Desain bodi pada sisi-sisnya yang dibuat melengkung (tidak flat) juga menambah kenyamanan saat smartphone ini digenggam oleh satu tangan.

Fitur & Performa

Dengan desain yang stylish, tentunya harus ditunjang dengan kemampuan yang bisa membuat nyaman penggunanya. Apakah fitur, aplikasi, dan kinerjanya sudah sejalan sesuai yang diinginkan pengguna?

Pertama-tama kita lihat spesifikasi yang dibawa smartphone ini. Asus ZenFone 4 Selfie hadir dengan CPU Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430 octa core 1,4GHz 64 bit. Ini yang membedakan dengan Asus ZenFone 4 Selfie Pro yang menggunakan seri Snapdragon 625. Penggunaan Snapdragon 430 bukan berarti membuat kinerja smartphone ini menjadi lambat. Dengan menjalankan aplikasi-aplikasi di dalamnya secara wajar, kinerja aplikasi dalam smartphone ini dapat berjalan dengan mulus, bahkan saat pengujian tidak ditemukan lag pada aplikasi. Responnya terbilang cepat.

Memorinya yang berkapasitas 4 GB RAM ditunjang dengan internal storage sebesar 64 GB cukup lega untuk menyimpan banyak aplikasi dan game di dalamnya. Bahkan, masih tersedia micro SD untuk ruang penyimpanan tambahan.

Dari sisi aplikasi, penggunaan ZenUI 4.0 juga membuat pengguna semakin nyaman. Tidak banyak bloatware yang “diajak”masuk ke dalam smartphone. User Interface dari ZenUI 4.0 ini memang membawa sedikit aplikasi sehingga navigasi terasa lebih ringan. ZenUI 4.0 ini juga membawa Kids Mode sehingga aman jika digunakan oleh anak-anak dari akses yang tidak diinginkan. Proses pengaktifkan Kids Mode ini ada di dalam menu Settings.

Tidak hanya itu. ZenUI 4.0 juga membawa ZenUI Safeguard untuk kenyamanan dan keamanan penggunaan smartphone. Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk panggilan dalam keadaan darurat, melaporkan lokasi saat smartphone dicuri, hingga tracking posisi smartphone.

Asus ZenFone 4 Selfie ZD553KL juga sudah menggunakan Android 7.0 Nougat. Dengan demikian berbagai kemudahan dalam navigasi jua bisa Anda dapatkan. Salah satunya, dengan paduan ZenUI 4.0 Anda bisa menahan tombol menu untuk membagi layar menjadi dua tampilan. Bahkan, dengan melakukan double tap pada tombol Home, semua aplikasi akan di-minimize.

Asus ZenFone 4 Selfie dibekali dengan kapasitas baterai yang cukup besar, yaitu 3.000 mAh. Digunakan oleh Mobitekno selaama 4 hari penuh, smartphone ini dapat aktif seharian penuh tanpa mengisi ulang baterai, untuk pemakaian yang wajar.

Kamera

Salah satu keunggulan jajaran ZenFone 4 adalah kamera. Mengusung kamera ganda pada bagian depan dengan komposisi 2o MP f/2.0 dan 8 MP f/2.4 ditambah LED flash, hasil jepretan selfie menjadi lebih terang. Bahkan, dengan dua kamera ini, Anda bisa menciptakan efek bokeh pada hasil selfie. Kamera depan juga menyediakan dua opsi pengambilan gambar, yaitu Main dan Wide Angle. Mode Wide mampu menangkap area lebih luas.

Diperuntukkan untuk kebutuhan selfie, tentunya fitur pada kamera diutamakan. Pada mode kamera depan, Anda bisa menemukan berbagai fitur pendukung agar foto terlihat lebih menarik. Fitur-fitur tersebut adalah Auto Beauty, Soften Skin, Brighten Skin, Enhance Eyes, dan Thin Cheeks. Semua fitur ini bisa diatur dalam beberapa level. Semakin tinggi levelnya semakin halus muka Anda. Jadi atur sesempurna mungkin untuk mendapatkan hasil terbaik.

Hasil kamera depan terlihat detail dan terang. Efek bokeh bisa didapatkan dengan bagus. Untuk Group Selfie, berkat adanya Wide Angle, semua bisa dilakukan dengan mudah.

Kamera belakang yang memiliki kemampuan 16 MP f.2.0 juga dilengkapi dengan berbagai mode, seperti beauty, Super Resolution, Panorama, GIF Animation, dan Time Lapse. Kamera belakang yang hanya menggunakan satu lensa menggunakan Phase Detection Auto Focus (PDAF) dan lectronic Image Stabilization (EIS) sehingga dapat menangkap gambar dengan lebih stabil.

Pada keadaan terang, kamera utama ini mampu menangkap gambar dengan detail. Namun sayangnya pada saat cahaya sangat minim, masih terdapat noise yang cukup tinggi. Hasil akan sedikit lebih baik jika Anda menggunakan mode Pro. Namun, secara keseluruhan kamera pada ZenFone 4 Selfie ini cukup bagus, terutama jika dibandingkan dengan samrtphone lain di kelasnya.

Hasil jepretan kamera juga bisa diolah lebih lanjut dengan aplikasi yang disediakan Asus. Melalui Selfie Master Anda bisa dimudahkan untuk membuat foto dan video selfie. Bahkan dari aplikasi ini, Anda bisa membuat kolase foto dari kumpulan foto hingga slideshow untuk bentuk tampilan yang lebih menarik. Selfie Master bisa mengakomodir semua kebutuhan Selfie. . Dengan Selfie Master, Anda bisa mengakses langsung BeautyLive untuk menyempurnakan wajah saat membuat live video. Anda juga bisa mengakses kamera depan langsung dari aplikasi ini untuk membuat foto atau video. Tingkat Beauty pun langsung ditawarkan mulai dari level 1 hingga 10.

 

Benchmark

Mobitekno juga mengukur kinerja smartphone ini pada beberapa aplikasi benchmark untuk membandingkan Asus ZenFone 4 Selfie dengan brand lainnya. Hasilnya bisa dilihat berikut ini.

 

Contoh foto

Spesifikasi

Hasil foto yang baik tentu didukung dengaan perangkat atau hardware yang baik pula. Asus ZenFone 4 Selfie memang memiliki spesifikasi yang cukup baik. Hal ini tentunya bisa membantu proses pengoperasian smartphone untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Berikut ini spesifikasi dari Asus ZenFone 4 Selfie

CPU Qualcomm Snapdragon 430 Octa Core 1,4 GHz
GPU Adreno 505
Layar 5,5 inci IPS LCD 720×1280 pixel
Memori 4 GB RAM, Internal Storage 64 GB, Micro SD up to 256 GB
Kamera Belakang 16 MP f/2.0 PDAF, EIS, LED Flash; Depan 20 MP f/2.0 dan 8 MP f/2.4, LED Flash
FItur Wi-Fi Direct, Wi-Fi 802.11 b/g/n,  GPS, Bluetooth 4.1, A2DP, FM Radio, Fingerprints, dual SIM Standby
Dimensi dan bobot 155,7 x 75,9 x 7,9 mm; 144 gram
Baterai 3.000 mAh

Kesimpulan

Bentuknya yang stylish dengan bobot cukup ringan, padahal baterainya berkapasitas 3.000 mAh, membuat Asus ZenFone 4 Selfie dengan ukuran layar 5,5 inci masih terasa nyaman digunakan untuk penggunaan sehar-hari. Aktivitas sehari-hari masih bisa ter-cover dalam satu kali pengisian daya. Desain stylisnya membuat smarthone ini tidak menurunkan rasa percaya diri penggunanya saat digunakan di tempat umum. Bentuk sudutnya yang melengkung ditambah desain tampilan depan dengan tombol home fisik yangberfungsi sebagai fingerprint menambah daya tarik smartphone di mata banyak orang.

Kamera memang menjadi keunggulan dari smartphone ini. Berkar kamera ganda pada bagian depan, selfie dan group selfie menjadi lebih menarik. Hasil bokeh pun bisa didapat dengan baik. Anda seperti melihat jepretan hasil DSLR dengan kamera depan ini. Kemera belakang juga mampu menampilkan hasil jepretan yang baik. Namun di kondisi kurang cahaya, masih terdapat noise yang sedikit mengganggu.

Penggunaan Android 7.0 Nougat dan ZenUI 4.0 juga menambah kenyamanan penggunaan. Paduan keduanya mampu menyuguhkan navigasi yang lebih cepat, ringan, dan mudah. Menariknya, tidak banyak aplikasi bawaan yang masuk ke smartphone ini. Di kelas smartphone rentang harga Rp 3-5 juta, tampaknya Asus ZenFone 4 Selfie bisa menjadi pilihan smartphone yang tepat karena tidak hanya bisa dijadikan teman bekerja, tetapi juga teman bergaul, terutama untuk generasi millenial yang gemar bekspresi dengan aktivitas selfie.

Tags: , , , , ,


COMMENTS