September 30, 2017

Cara Unik SHAREit Untuk Jaga Pertumbuhan Informasi yang Cepat di Pasar Global

Penulis: Desmal Andi
Cara Unik SHAREit Untuk Jaga Pertumbuhan Informasi yang Cepat di Pasar Global  

MOBITEKNO – Perkembangan yang cukup pesat dari Internet dan perangkat lunaknya membuat berbagai perusahaan yang terkait dengan hal tersebut berusaha keras mengatur strateginya agar produknya bisa bertahan dan diminati oleh banyak orang. Hal inilah yang juga dilakukan SHAREit Technologies Co Ltd, perusahaan global yang berfokus pada riset dan pengembangan perangkat lunak Internet mobile.

Melalui strategi yang unik, SHAREit sebagai produk perusahaan tersebut mampu mencetak rekor 1 miliar pengguna secara global. Kini, tercatat SHAREit melakukan lebih dari 700 juta jenis file dalam setiap harinya. Indonesia dan India menjadi dua negara penyumbang terbanyak dalam penggunaan SHAREit dengan 400 juta pengguna dari total pengguna SHAREit saat ini. Indonesa sendiri sudah memiliki 100 juta pengguna aktif.

"Pencapaian 1 miliar pengguna telah menempatkan kami pada aplikasi istimewa di tingkat teratas dunia," kata Michael Qiu, CEO SHAREit Technology Limited. "Kami bangga dengan pencapaian ini dan akan terus meningkatkan SHAREit agar lebih memberikan nilai dan manfaat bagi konsumen di seluruh dunia, termasuk di Indonesia."

Kesuksesaan SHAREit tidak lepas dari kerjasamanya dengan Google yang semakin dalam sehingga  SHAREit bisa menjadi mitra penting Google untuk saat ini. Kedua belah pihak berusaha keras untuk melakukan kerjasama yang baik. Pada tahun 2016 lalu, dengan dukungan yang besar dari penggunanya, SHAREit bahkan bisa meraih 73 hit home page di Google Play Store. Dengan

Lalu, cara unik apa yang dilakukan SHAREit hingga menjadi aplikasi transfer yang sangat populer? Hal ini tidak lain karena peran penggunanya sendiri. Para pengguna SHAREit ternyata melakukan distribusi aplikasi ini secara spontan. Kebiasaaan berbagi foto, video, aplikasi game, dan aktivitas media sosial membuat SHAREit semakin populer digunakan di anak-anak muda. Di Indonesia, dominasi pengguna SHAREit ada di rentang usia 25-34 tahun yang mencapai 75,8 persen. Jenis konten yang palingbanyak diakses adalah media sosial dengan 97,8 persen dan hiburan sebesar 96,8 persen.

Melihat jumlah pengguna SHAREit yang mencapai 100 juta dan kesuksesan aplikasi berbagi ini di google Play Store Indonesia, SHAREit bisa dikatakan juga sebagai "App of Indonesia" atau aplikasi nasional karena popularitasnya yang sangat besar dan pengalaman penggunaan produk yang sangat baik.

Bahkan, Statista, portal survei yang selalu memantau pasar bisnis meramalkan bahwa di tahun 2017 ini saja  konsumen bisa mengunduh 197 miliar aplikasi mobile, lebih banyak 50 miliar dibandingkan tahun 2016. Sementara itu, jumlah iOS dan Android yang tersedia untuk di-download tahun ini mencapai 2,2 juta (per Januari 2017) dan 3 juta (per Juni 2017).

Ke depannya, selain melakukan kerjasama dengan Google, SHAREit akan terus mengembangkan pasarnya, terutama untuk pasar Indonesia. SHAREit akan berusaha untuk menggandeng banyak perusahaan untuk berkejasama mengembangkan SHAREit. Dengan begitu, SHAREit yang kini sudah mendukung 39 bahasa dan digunakan lebih dari 200 negara diharapkan bisa menjadi platform distribusi terpadu yang paling bernilai sosial. SHAREit pun bisa lebih menekankan pada fitur lolalisasi untuk membuat aplikasi berbagi ini sesuai dengan kebutuhan negara tersebut.

Tags: , ,


COMMENTS