March 30, 2017

Review Samsung Galaxy Tab A6 with S-Pen: Layar Besar Semakin Fleksibel dengan Adanya S-Pen

Penulis: Desmal Andi
Review Samsung Galaxy Tab A6 with S-Pen: Layar Besar Semakin Fleksibel dengan Adanya S-Pen  

MOBITEKNO – Samsung Galaxy Tab A6 with S pen merupakan perangkat gadget berbentuk tablet yang dimiliki Samsung dan merupakan varian penerus dari Galaxy Tab sebelumnya. Berbeda dari varian sebelumnya, Tab A6 dengan S-Pen ini menawarkan hal yang lebih inovatif melalui fungsi stylusnya.

Pasar tablet memang semakin sedikit pemainnya di Indonesia. Oleh sebab itu, Tab A6 ini ditujukan untuk konsumen yang lebih membutuhkan layar besar untuk melakukan hal yang kreatif. Perangkat ini juga berguna untuk para pelaku industri kreatif di Indonesia.

Melalui layar yang besar, kemampuan prosesor yang lebih tinggi dari varian sebelumnya, Tab A6 dapat diandalkan untuk mengerjakan berbagai hal, termasuk desain, dengan lebih leluasa. Stylus atau S-Pen yang ada dalam paketnya, dapat bekerja dengan lebih profesional. S-Pen ini seperti yang ada di Galaxy Note 7, produk yang sudah ditarik secara global oleh pihak Samsung. Untuk lebih jelasnya, ikuti ulasan Mobitekno berikut ini.

Kelengkapan

Samsung Galaxy Tab A6 with S-Pen hadir ke meja redaksi dalam satu paket yang lengkap. Boksnya berwarna putih polos. Saat dibuka, yang pertama terlihat adalah unit Samsung Tab A with S pen. Namun, tidak hanya itu saja yang ada di dalam paketnya. Berikut ini paket lengkap daalam boks Samsung Tab A6 with S-Pen.

  1. Tablet Samsung Tab A6 with S-Pen yang berlayar 10,1 inci
  2. Adapter dari AC to DC
  3. Kabel Data
  4. Headphone dengan tabahan pelindung untuk telinga
  5. Buku Garansi

Desain

Saat dibuka dan diambil dari boks paketnya, tampak ukuran Samsung Tab A6 ini sudah menutupi hapir seluruh bagian boks. Ya, dengan ukuran layar 10,1 inci, tablet ini memang terlihat cukup besar, bahkan harus dipegang dengan dua tangan. Desainnya memang khas bergaya gadget-gadget Samsung lainnya, dengan tombok Home di bagian bawah dan unibody. Mobitekno sangat berhati-hati dalam memegangnya karena bodi yang dimiliki tablet ini cukup licin dan bobotnya lumayan berat.

Namun, secara keseluruhan desainnya cukup menawan, baik diposisikan secara landscape maupun portrait. Slot micro USB yang dapat digunakan untuk transfer data dan catu daya terletak di bagian atas, bersebelahan dengan port audio. Sementara di bagian bawahnya, terdapat dua buah lubang speaker yang cukup luas. Kedua speaker ini mampu menghasilkan suara yang cukup keras. Sayangnya, jika Anda memposisikan tablet dalam keadaan portrait, suara akan tertahan karena speaker bisa tertutup oleh  permukaan meja atau alas lainnya. Di sisi bawah sebelah kanan, terdapat lubang sebagai tempat S-Pen yang bisa dicabut dengan menekan sedikit ke arah dalam.

Speaker

Untuk akses SIM card, micro SD, tombol volume, dan power, semuanya terletak di sisi kanan. Dengan demikian, praktis, di sisi kiri bodinya terlihat polos. Akses untuk memasukkan SIM Card tidak memerlukan SIM Ejector, begitu juga dengan micro SD. Di tablet ini Samsung menggunakan sistem tekan.

Fungsi-fungsi di bagian kanan

Beralih ke bagian belakang. Dengan desain sederhana berwarna putih (Mobitekno mendapatkan unit berwarna putih), membuat bagian belakang terlihat polos. Hanya ada kamera belakang berkemampuan 8 MP yang terletak di bagian atas dan dilengkapi dengan LED flash yang ada di sampingnya.

Bagian depannya memiliki layar berukuran 10.1 inci dengan kamera berkemampuan 2MP di atasnya. Tampaknya Samsung tidak mementingkan unsur kamera di tablet ini karena tujuannya memang untuk berkreasi dengan S Pen yang ada, bukan fotografi.

Yang menarik dari tablet ini adalah ketersediaan stylus atau S pen khas buatan Samsung. Seperti pada Galaxy Note 7 yang gagal beredar, S Pen pada Tab A6 ini bekerja sangat fleksibel dan cerdas. Bahkan,tingkat sensitifitasnya cukup tinggi sehingga mudah digunakan untuk memilih objek gambar, terutama dalam mengedit foto di dallam tablet. S Pen ini dilengkapi dengan fitur Air Command yang muncul secara otomatis di layar sesaat S pen ditarik keluar dari tempatnya.

Fitur & Performa

Dalam Samsung Tab A6 with S-Pen ini, Samsung memang lebih menonjolkan fungsi-fungsi yang bisa diakses oleh S Pen. Cabut saja S pen-nya dari tempatnya, secara langsung, Air Command akan muncul di layar. DalamAir Command ini, ada lima fungsi dasar yang bisa dilakukan S-Pen secara kilat, yaitu membuat catatan (Create Note), memilih objek gambar dengan cerdas (Smart Select), menulis di layar (Screen Write), menerjemahkan teks yang ada di layar (translate), dan memasukkan shortcut dari aplikasi yang ada (Add Shortcut).

Namun, tidak hanya itu saja yang bisa dilakukan S Pen. Fungsinya bisa diperluas sesuai dengan setting yang Anda lakukan. Oya, khusus untuk fungsi penulisan di atas layar, S-Pen ini dapat bekerja walau screen dalam keadaan mati. Hal ini cukup berguna jika Anda harus menulis sesuatu secara cepat. Tanpa harus menghidupkan layar dari tombol power, cabut saja S-Pen, dan tulis sesuatu yang Anda anggap penting di atas layar. Cara ini cukup menghemat waktu dan catatan yang Anda lakukan bisa disimpan dalam se buah format file.

Fungsi lainnya yang cukup cerdas juga terlihat saat menerjemahkan sebuah teks di dalam browser.  Dekatkan saja S-Pen ke teks yang ingin diterjemahkan. Secara kilat akan muncul popup dengan arti dalam bahasa Indonesia untuk kata yang ditunjuk oleh S-Pen. Namun, sebelumnya Anda harus mengatur bahasa untuk terjemahan ini.

Smart Select, ya, seperti namanya fungsi ini dapat mendeteksi dengan pintar sebuah objek yang ingin diedit.Contohnya, Anda bisa memilih sebuah objek yang ingin di-crop dengan hanya mendekatkan ke tepi objek atau foto.Secara pintar, S-Pen akan menyeleksi bagian yang akan di ambil bagiannya dalam sebuah foto. Selanjutnya, hanya dengan mengklik tombol S Pen, hasilnya bisa ditampilkan dalam layar dan bisa diedit untuk kebutuhan lainnya.

Terjemahkan teks dan edit pada foto menjadi lebih mudah dengan S Pen

Fungsi S Pen dalam proses edit atau mengerjakan sebuah tulisan dalam aplikasi office seperti Word, Excel, dan Power Ppoint juga memudahkan pemilik tablet. Jika Anda sering melakukan typo pada saat mengetik dengan keyboard virtual, Anda bisa memanfaatkan S pen untuk mencorat-coret mengetikkan bahan pekerjaan di atas layar. Sistem akan merapikannya dalam teks yang rapi. Anda bisa terhindar dari kesalahan ketik (typo) seperti saat menggunakan keyboard virtual.

Walau masih ber OS Marshmallow, tetapi Samsung telah membenamkan fungsi pembagi layar. Jadi, jika Anda membutuhkan aplikasi yang berbeda dalam satu layar, hal ini bisa diwujudkan dalam Samsung Tab A6 ini. Cara melakukannya pun mudah karena ada panduan di bagian layar yang saat ditekan agak lama bisa membuat layar terbagi menjadi dua.

Satu lagi fitur yang menurut Mobitekno cukup bermanfaat adalah mode anak-anak (Kids Mode). Dengan layar yang cukup besar, tablet ini bisa juga dijadikan media edukasi untuk anak-anak. Jadi, Anda bisa memanfaatkan fungsi ini dengan memfilter aplikasi-aplikasi apa saja yang bisa diakses oleh anak-anak. Dengan demikian, penggunaan tablet ini di anak-anak menjadi lebih aman.

Seperti kebanyakan produk Samsung lainnya, di dalam tablet ini juga terdapat Samsung Apps yang mmendapat dukungan penuh dari Samsung. Aplikasi sepertu Samsung Music, Samsung Video Library, Scrapbook, Samsung Smart Switch Mobile, hingga Samsung Health menjadi aplikasi-aplikasi yang direkomendasikan Samsung untuk digunakan oleh penggunanya. Namun, semuanya terserah Anda, ingin menggunakannya atau tidak.

Di bagian kamera, walau tidak menjadi fokus utama Samsung di produk ini, mereka tetap menyertakan berbagai mode foto, seperti Panorama, Continuous Shot HDR, Beauty Face, Sports, Night, hingga Sound & Shot. Bahkan Samsung juga menyertakan mode Pro yang bisa diatur secara manual.

Fitur kamera

 

Performa

Mobitekno juga melakukan pengujian dengan aplikas Antutu, Geekbench, dan PC mark. Hasilnya bisa dilihat pada gambar berikut ini.

Spesifikasi

Tablet Samsung berukuran 10,1 inci ini dibekali dengan hardware yang cukup baik untuk melakukan berbagai pekerjaan pemiliknya. Selain prosesor berkecepatan 1,6 GHz, Samsung Galaxy Tab A6 with S-Pen ini juga memiliki keunggulan lain di berbagai hal. Berikut ini spesifikasinya.

Unit Samsung Galaxy Tab A6 with S-Pen
Chipset Exynos 7870
Prosesor Octa Core 1,6 GHz
Memori Internal 3 GB RAM
Storage Internal 16 GB ROM
Memori tambahan Micro SD Up to 256 GB
Kamera Belakang 8 MP dan Depan 2 MP
DImensi 254.3 mm x 164.2 mm x 8.2mm
Berat 553 gr
Jaringan 2G, 3G, 4G, LTE
Baterai 7.300 mAh

Kesimpulan

Secara keseluruhan, produk ini cukup menarik digunakan untu Anda ang memiliki daya kreatifitas tinggi. Fungsi S-Pen di dalamnya bisa berbuat apa saja di atas layar. Mengarsir, membuat desain, setsa, hingga mengolah warna menjadi lebih nyaman dengan S-Pen baru ini. Bahkan, fungsi S Pen ini bisa menggantikan keyboard untuk Anda yang sering melakukan typo jika menggunakan keyboard virtual. Cukup corat-coret seperti melakukannya di atas buku tulis, Anda bisa mendapatkan hasil tulisan yang sesuai dengan keinginan.

Dari sisi desain, Samsung tetap memikirkan keindahan. Baik di posisi portrait maupun landscape, produk ini terlihat indah. Bahkan, dengan tambahan case, Anda bisa menyaksikan video streaming dengan nyaman.

Dari sisi aplikasi, Samsung juga menyertakan aplikasi-aplikasi menarik bawaan Samsung untuk produk ini. Mulai dari aktivitas harian di kantor hingga olahraga bisa didapatkan dengan gratis. Bahkan, untuk anak-anak pun disediakan Kids Mode yang membuat tablet Samsung ini aman diakses oleh anak-anak di bawah umur.

Terakhir, dari sisi harga, cukup sepadan dengan fitur yang didapatkan. Memang, Anda tidak bisa mendapatkan fungsi kamera yang maksimal karena tablet ini tidak difokuskan untuk fungsi fotografi. Akan tetapi dengan adanya S-Pen dan aplikasi-aplikasi yang mendukungnya, tablet ini menjadi terlihat berbeda dibandingkan tablet-tablet dari brand lainnya.

Tags: , , , ,


COMMENTS