January 30, 2017

Review New WD My Book 8TB: Desain Semakin Stylish

Penulis: Desmal Andi
Review New WD My Book 8TB: Desain Semakin Stylish  

MOBITEKNO – Menjelang akhir tahun 2016, Western Digital menyegarkan tampilan beberapa produkna untuk kenyamanan penggunaan di tangan konsumennya. Salah satu yang mendapat perubahan desain adalah New WD My Book.

Storage Eksternal ini kini emiliki ukuran yang semakin kompak dengan desain yang stylish untuk menyimpan berbagai dokumen, foto, video, musik, dan file-file lainnya. Namun, secara fungsi tidak ada yang berbeda dengan WD My Book yang lama. Hanya desain yang membedakan keduanya.

Mobitekno sendiri mendadapat unit review berwarna hitam dalam sebuah paket lengkap dari WD. Sama seperti WD My Book sebelumnya, New WD My Book juga mudah digunakan. Hanya menggunakan apliksi-aplikasi yang sudah disediakan Western Digital, konsumen atau pengguna sudah bisa menggunakannya untuk menyimpan ribuan data di dalamnya. Untuk lebih jelasnya, ikuti ulasan Mobitekno berikut ini.

Kelengkapan

Datang dengan satu paket lengkap dalam sebuah kotak berwarna hijau dan putih, New WD My Book langsung kami keluarkan untuk kami uji. Tidak hanya unit hard disk eksternal yang terdapat di dalamnya. Ada beberaapa perangkat pendukung yang bisa ditemukan dalam paketnya.

Setelah dibuka dan dikeluarkan seluruh isinya, berikut ini yang bisa didapatkan dari paket New WD My Book 8 TB:

  1. Unit New WD My Book berkapasitas 8TB
  2. Kabel data bawaan WD
  3. Power Adaptor dengan tiga opsi colokan listrik
  4. Buku petunjuk singkat
  5. Buku garansi

Desain

Berbeda dengan WD My Book dengn tampilan sebelumnya, versi baru ini memiliki desain lebih ramping dan kompak. Sama seperti pada WD My Passport yang sudah diulas Mobitekno, New WD My Book ini memiliki bodi dengan desain bodi setengah dof dan setengahnya lagi dengan permukaan glossy (halus). Di setengah bagian bawah dengan tampilan dof, bentuk bodi memiliki corak garis miring. Sementara permukaan yang halus menutupi setengah bagian atas, mulai dari bagian depan, samping kiri dan kanan. Logo WD terpampang di bagian depan dengan waarna hitam menyatu dengan bodi.

Dimensi New WD My Book ini adalah lebar 49 mm, panjang 139,3 mm, dan tinggi 170,6 mm. Dimensi ini cukup ramping dan kompak sehingga jika ingin dibawa, tentunya tidak merepotkan pemiliknya.

Di bagiann depan tidak terdapat poert apapun selain logo WD yang sewarna dengaan bodi. Hal yang sama juga terlihat di bagian samping kiri dan kanan. Sementara itu, di bagian atas dan bawah, hard disk ditutup dengan kisi-kisi yang berukuran besar. Hal ini tentunya membuat kinerja harddisk semakin optimal karena memiliki lubang udara untuk mengeluarkan hawa panas.

Kemampuan New WD My Book ini baru terlihat di bodi belakang. Di sini terdapat port USB 3 Micro B yang dapat dihubungkan ke perangkat PC desktop atau notebook untuk mem-backup data. Di bawahnya terdapat konektor power 12 Volt untuk menyalurkan daya listri dari listrik di rumah ke dalam harddisk ini. Untuk konektor listriknya sendiri, WD telah menyediakan tiga opsi di dalamnya, disesuaikan dengan bentuk colokan listrik yang ada di rumah Anda.

Selain itu, di bagian belakang juga terdapat Kensington Key untuk mengamankan harddiks jika diletakkan di tempat umum. Secara keseluruhan, desain bagian belakang ini juga cukup menarik dan jika diinginkan, bisa juga diposisikan sebagai bagian depan untuk mempermudah akses koneksi ke PC Desktop atau notebook.

Pada New WD My Book ini, harddisk sudah diintegrasikan menyatu dengan bodinya. Jadi, sulit untuk mengganti-ganti hardidsk. Satu kekurangan yang Mobitekno rasakan selama menguji harddisk ini adalah tidak disediakannya lampu LED sebagai indikator harddisk sedang bekerja.

Sebuah kabel data dari tipe USB 3 Micro B ke USB standar menjadi penghubung antaara harddisk dengan perangkat lainnya. Koneksikan kabel tersebut dengan PC atau notebook, Windows akan mendeteksinya secara otomatis.

Fitur & Performa

Sama seperti produk-produk WD lainnya, saat dikoneksikan dengan PC atau notebook Windows, mereka menawarkan untuk meng-install tiga aplikasi penting, yaitu WD Backup, WD Security, dan WD Drive Utility. Ketiga aplikasi tersebut digunakan untuk memudahkan pengoperasian New WD My Book. Jadi, install saja ketiga aplikasi tersebut yang sudah disediakan di unit New WD My Book.

Mengenaai kinerja ketiga aplikasi tersebut, semuanya dapat beerja maksimal dalam mengamankan data dan file dari PC atau notebook ke perangkat storage eksternal ini. Untuk WD Backup, Anda bisa mengatur jadwal backup sesuai keinginan secara otomatis. Sementara untuk WD Security bisa dimanfaatkan untuk melindungi data yang disimpan dengan keamanan password. WD memberikan proteksi keamanan 256-bit AES Hardware Encryption dalam aplikasi ini.

Proses sinkronisasi data ini bisa dilakukan setiap hari sehingga tidak ada satupun data yang tidak di-backup oleh perangkat ini.

Satu aplikasi lainnya yaitu WD Drive Utilities digunakan untuk menajemen harddisk. Semua langkah perawatan harddisk ada di sini, seperti Quick Drive Test, Drive Status Check, Diagnosis Harddisk, hingga Sleep Timer.

Untuk pengoperasiannya sendiri, Anda tinggal colokkan kabel data ke PC atau notebook. Harddisk akan aktif dengan sendirinya. Hard disk akan idle setelah sekian waktu Anda diamkan sehingga tidak ada aktivitas yang berjalan.

Performa:

Spesifikasi

Hadir dengan bentuk yang kompak dan ramping, New WD My Book bisa ditempatkan dimana saja di dekat PC atau notebook Anda. Dengan pilihan warna yang disediakan WD, perangkat ini bisa menambah daya tarik meja kerja Anda.

Namun, walaupun bentuknya kompak, bukan berarti memiliki spesifikasi apa adanya. Dengan kapasitas 8TB New WD My Book memiliki spesifikasi sebagai berikut.

Kapasitas 3TB 4TB 6TB 8TB
Interface USB 3.0 dan USB 2.0 Compatible
Dimensi 49 mm (lebar) x 139,3mm (pnjang) x 170,6 mm (tinggi)
Garansi 2 tahun (Indonesia)
Aplikasi Pendukung WD Backup, WD Security, WD Drive Utilities

 

Kesimpulan

Jika Anda membutuhkan storage eksternal yang bekerja secara lokal. New WD My Book ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Bentuk dan desainnya yang kompak serta stylish bisa bisa menjad daya tarik tersendiri bagi yang melihatnya. Bobotnya juga tidak terlalu  berat dan mudah untuk dibawa kemanapun Anda pergi.
Pengoperasian yang mudah serta didukung dengaan aplikasi-aplikasi WD bawaan yang berfungsi baik, membuat pengguna semakin nyaman dalam mem-backup datanya di New WD My Book terbaru ini.

Kekurangannya hanya terletak pada ketidakberadaan lampu LED sebagai indikator bekerjanya harddisk. Pengguna bisa dibuat bingung apakah harddisk sedang bekerja atau tidak.  Selain itu, desain dengan corak garis miring Dof sudah cukup menarik bagi Mobitekno. Namun, untik bagian glossy, lapisannya mudah tergores sehingga bisaa mengurangi keindahan New WD My Book secaara keseluruhan.

Namun, diluar kekuraangan tersebut kinerja harddisk ini cukup cepat. Bahkan, harddisk bekerja dengan suara yang tidak berisik. Dengan demikian, New WD My Book dapat dijadikan sebagai media backup yang pas untuk data-data penting Anda.

Tags: , , , ,


COMMENTS