October 29, 2017

Nissan baru Saja Uji Prototipe Teknologi Driverless di Jalan Umum Tokyo

Penulis: Desmal Andi
Nissan baru Saja Uji Prototipe Teknologi Driverless di Jalan Umum Tokyo  

MOBITEKNO – Dalam beberapa tahun belakangan ini, pabrikan kendaraan Nissan giat mengembangkan teknologi ProPILOT miliknya agar bisa bekerja sempurna di produk kendaraan, terutama untuk masa depan. Hasil pengembangan teknologi ini pun baru saja diperlihatkan Nissan dengan melakukan demonstrasi prototipe otonom terbaru pada minggu ini di jalan raya Tokyo. Prototipe ini rencananya akan tersedia pada tahun 2020 mendatang.

Dalam melakukan demonstrasi ini, Nissan menyematkan teknologi ProPILOT pada kendataan sedan sport INFINITI Q50. Teknologi ini memungkinkan kendaraan untuk beroperasi dengan swakemudi seutuhnya baik di jalann perkotaan ataupun jalan raya. Sistem pada teknologi tersebut akan meminta pengemudi untuk menentukan tujuan terlebih dahulu dan memanfaatkan sistem navigasi terintegrasi untuk mencapai tujuan yang dipilih.

“Kecerdasan menjadi poros dari segala sesuatu yang kita lakukan di Nissan,” kata Takao Asami, Senior Vice President Nissan Motor Co. Ltd., untuk Research dan Advanced Engineering. “Prototipe generasi terbaru dari teknologi ProPILOT  menampilkan teknologi yang akan hadir di dunia nyata mulai dari 2020. Demonstrasi ini adalah terobosan terbaru yang inovatif dari Nissan dalam menciptakan  kendaraan swakemudi masa depan bagi kita semua,” tambah Takao.

Prototipe cerdas yang diuji Nissan ini memiliki informasi dari 12 sonar sensor yang dipasang di berbagai sisi kendaraan. Selain sonar, ada juga 12 kamera, 9 radar sensor, dan 6 pemindai laser, serta peta dengan tampilan resolusi tinggi untuk menganalisis skenario kompleks secara akurat. Sistem navigasinya juga mampu memahami kondisi kota yang ramai, seperti melintasi persimpangan yang sibuk. Dengan semua kelengkapan tersebut, ditambah perangkat lunak yang sudah dipersiapkan untuk memperlancar transisi ketika melewati rintangan di jalan, diharapkan dapat memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan.

Saat ini, Nissan terus mengembangkan jajaran produk unggulan dengan menyematkan ProPILOT pada Nissan Serena, X-Trail dan Rogue serta akan dihadirkan pada Qashqai di tahun 2018.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS