July 28, 2017

Prosesor ‘Sejuta Umat’ Ryzen 3 Sudah Tersedia! Siap Adu Kencang dan Adu Murah dengan Intel Core i3

Penulis: Iwan RS
Prosesor ‘Sejuta Umat’ Ryzen 3 Sudah Tersedia! Siap Adu Kencang dan Adu Murah dengan Intel Core i3  

MOBITEKNO – AMD akhirnya mengumumkan harga dari dua model prosesor Ryzen 3 yang diposisikan sebagai proseser PC dengan harga relatif lebih terjangkau. Sebelumnya, AMD sudah mengumumkan detail harga prosesor Ryzen di segmen menengah (mid-range) dan atas (high-end), berturut-turut Ryzen 5 dan Ryzen 7.

Dalam rilis resminya, Jim Anderson, Senior VP & GM, Computing & Graphics Group, AMD, menyatakan bahwa beberapa bulan terakhir telah menjadi periode yang sangat menarik bagi AMD dengan peluncuran prosesornya secara global, yaitu Ryzen 7 untuk para power user atau enthusiast dan Ryzen 5 untuk para prosumer.

"Ryzen 3 merupakan penambahan yang signifikan dalam jajaran prosesor desktop Ryzen. Dengan menyesuaikan performa dan respons yang unggul, Ryzen 3 menjadi paket prosesor terjangkau bagi pengguna umumnya," tambah Jim

AMD berharap serangkaian prosesor Ryzen ini dapat menghidupkan kembali inovasi dan kompetisi di pasar PC dengan menyediakan konsumen berbagai pilihan prosesor yang sesuai dengan kebutuhan komputasi dan anggarannya masing-masing.

""

Dua prosesor AMD Ryzen terjangkau, yaitu Ryzen 3 1200 dan Ryzen 3 1300X yang juga masuk pasar Indonesia ini berturut-turut akan dijual seharga Rp 1,499 juta dan Rp 1,499 juta. Kedua prosesor ini menggunakan core Zen yang diklaim dapat mengolah lebih banyak (52 persen) IPC ataui instructions per clock dibadningkan generasi sebelumnya.

Ryzen 3 1200 mengusung 4 core (4 thread) dengan base clock 3,1 GHz dan boost clock 3,4 GHz. Adapun Ryzen 3 1300X yang juga mengusung 4 core (4 thread) bekerja pada base clock 3,5 GHz dengan clock yang dapat digenjot hingga 3,7GHz (boost clcok).

AMD menyebutkan bahwa performa prosesor Ryzen 3 ini sudah melampaui prosesor dari rivalnya Intel. Menurut klaim AMD, Ryzen 3 1300X dapat menjalankan game Tom Clancy’s The Division lebih cepat 10% dari Intel prososer Intel Core i3 7300 yang sedikit lebih mahal. Saatnya meng-upgrade PC tua Anda dengan prosesor AMD Ryzen 3?

 

Tags: , , , , , , , , , , ,

  • 4
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    4
    Shares

COMMENTS