April 28, 2017

Yamaha Luncurkan Dua Motor Sport Terbarunya, Vixion dan Vixion R. Apa Bedanya?

Penulis: Iwan RS
Yamaha Luncurkan Dua Motor Sport Terbarunya, Vixion dan Vixion R. Apa Bedanya?  

MOBITEKNO – Ingin mengetahui arah tren kendaaan roda dua di Indonesia? Lihat saja rangkaian motor baru yang dirilis oleh produsen Yamaha. Sudah banyak contoh, bagaimana produsen asal Jepang ini membawa tren yang akhirnya diikuti pula oleh produsen lain, seperti Honda, kawasaki, Suzuki, bahkan TVS.

Buktinya bisa dilihat dari produk-produk roda duanya, seperti Yamaha Mio yang menjadi salah satu perintis motor matik, Nmax sebagai skutik matik, dan Vixion (V-Ixion) sebagai perintis motor naked dengan sistem injeksi bahan bakar (FI). 

Momen hari pertama pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta (27/4/2017) diambil PT Yamaha Indonesa Motor Manufacturing (PT. YIMM) untuk mengumumkan dua varian motor sport terbaru dari seri V-ixion, yaitu All New Yamaha V-Ixion dan All-new Yamaha V-Ixion R. Momen ini juga bertepatan dengan satu dekade Yamaha pertama kalinya meluncurkan motor sport seri Vixion.

Kedua All New Yamaha Vixion dan Vixion R yang mengusung tema 'Boost Up Your Life' ini kembali menghangatkan persaingan pasar motor sport 150 cc di Tanah Air. Meski Kawasaki juga punya produk andalan di segmen ini, pesaing abadinya, Honda, dengan Honda CB150R Streetfire tentu saja akan menjadi saah satu penantang kuat bagi All New Vixion dan Vixion R ini.

""

Keduanya datang dengan beragam fitur baru, seperti assist & slipper clutch (kopling lebih ringan dan perpindahan gigi lebih halus/optimal), speedometer digital baru yang lebih informatif, lampu depan/belakang LED, removable Mud Guard (perlindungan terhadap cipratan air/lumpur), USB charger, rangka kokoh Deltabox, serta aluminium rear arm berdesain baru.

Dyonisius Bety, VP PT. YIMM, saat peluncuran menyatakan bahwa kedua motor sport baru ini telah mengadopsi teknologi, desain, dan mesin terbaru Yamaha yang bertujuan memenuhi tuntutan konsumen yang menginginkan motor sport yang bukan hanya lebih bertenaga tapi juga hemat BBM (ramah lingkungan).

Lalu apa perbedaan utama antara All New Vixion dan All New Vixion R? Perbedaan utamanya terletak pada jenis mesinnya (engine). Apabila All New Vixion menggunakan mesin baru LC4V 150 cc yang diklaim bertenaga besar dan responsif, All New Vixion R datang dengan mesin yang sama dengan motor sport Yamaha All New R15 yang juga baru dirilis Januari lalu.

Seperti diketahui, Yamaha All New R15 datang mesin 155 cc (6 percepatan) berteknologi Variable Valve Actuation (VVA) yang diklaim dapat menghasilan tenaga besar tapi tetap irit bahan bakar. Seperti juga All New Vixion, Vixion R telah mendukung fitur Assist & Slipper Clutch yang biasanya disematkan pada motor besar. Yamaha mengklaim jika fitur ini baru pertama hadir di motor kelas 150 cc.

""

""

Kesamaan mesinnya dengan All New R15 menjadikan All New Vixion R juga membawa tenaga maksimum 14.2 kW (10000 rpm) dan torsi maksimum 14.7 Nm (8500 rpm). Tenaga sebesar ini menjadikan All New Vixion R menjadi salah satu motor sport tercepat di kelasnya. Bandingkan dengan mesin All New Vixion standar yang 'menyemburkan' tenaga sebesar 12,2 kW (8.500 rpm) dan torsi 14,5 Nm (7.500 rpm).

Selain mesin, bagian muffler (peredam knalpot) pada All New Vixion R juga berbeda dengan All New Vixion karena berukuran lebih pendek. Spesifikasi wheelbase-nya juga berbeda, dimana All New Vixion dengan wheelbase 1.295 mm, sedangkan wheelbase Vixion R sedikit lebih panjang (1.320 mm).

Selain perbedaan desain velg, All New Vixion juga mengusung ban belakang berukuran 120/70-17. Adapun All New Vixion R memiliki ban belakang lebih 'montok', yaitu 130/70-17.

""

Serangkaian fitur andalan Yamaha All New Vixion dan Vixion R: Speedometer full digital, rangka Deltabox, rem cakram (Double Disc Brake), Pass Beam & Engine Cut-Off, sistem pendinginan liquid-based (Liquid Cooling System), dan Assist & Slipper Clutch.

Ditambahkan oleh Dyonisius Beti, kedua 'naked bike' ini juga menawarkan stabilitas terbaik bagi pengendaranya. Baik All New Vixion dan Vixio R diklaim menghadirkan kemampuan manuver yang tinggi bagi pengendarannya. Untuk pengereman juga lebih karena  motor sport ini dilengkapi sistem cakram pada roda depan dan belakang.

Menyinggung target konsumen yang disasar kedua seri Vixion baru ini, Dyonisius  menjelaskan bahwa All New V-Ixion lebih cocok untuk motor yang digunakan menunjang aktivitas harian, sedangkan All New Vixion R, selain transportasi harian, juga cocok digunakan untuk perjalanan jauh. All New Vixion R tersedia dalam tiga pilihan warna (Matte Red Black, Blue Silver, dan Green White).

Mengenai harga, All New Vixion akan dijual Rp 26 juta (bisa dipesan bulan Mei 2017) , sedangkan harga All New Vixion R dengan spesifikasi mesin di atasnya akan dimumkan kemudia (semester kedua 2017). Rencananya, Yamaha berniat menjual All New Vixion R di bawah Rp 30 juta.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS