February 28, 2017

5x Dual-Camera Zoom Racikan OPPO Terinspirasi dari Periskop Kapal Selam, Begini Ceritanya

Penulis: Eko Lannueardy
5x Dual-Camera Zoom Racikan OPPO Terinspirasi dari Periskop Kapal Selam, Begini Ceritanya  

MOBITEKNO – Kembali berpartisipasi pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2017 di Barcelona, OPPO memperkenalkan 5x Dual-Camera Zoom. Ini adalah sebuah teknologi dual-camera untuk smartphone dengan struktur periskop yang merupakan pertama di dunia.

Teknologi ini menawarkan kemampuan lossless zoom 5x pada smartphone dan menjadi sebuah trobosan inovasi yang menghasilkan standar lebih tinggi dibandingkan fungsi zoom 2x yang tersedia di pasaran saat ini.

Keuntungan lainnya, pengguna juga dapat menikmati kemampuan image stabilization yang belum pernah ada sebelumnya dengan tampilan perangkat yang tetap tipis dan ramping.

Seperti diungkapkan oleh Sky Li, Vice President and Managing Director OPPO International Mobile Business bahwa fitur 5x Dual-Camera Zoom telah membuka ranah baru dalam bidang fotografi dan menjadi bukti dari OPPO dalam menjawab kebutuhan konsumen.

"Kami di OPPO tak pernah berhenti untuk terus berinovasi. Terbaru, kami menghadirkan 5x Dual-Camera Zoom dan ini menjadi bukti dari OPPO untuk memenuhi keinginan konsumen, yakni menghasilkan gambar yang indah dan tajam," ucap Sky Li.

Terinspirasi dari periskop yang terdapat pada kapal selam, Dual-camera terbaru ini menggunakan wide-angle dan lensa telephoto. Sementara, kerangka lensa telephoto menggunakan struktur periskop secara inivatif.

Dengan menggeser sudut lensa telephoto sejauh 90 derajat, lensa akan mendapat ruang yang diperlukan untuk kemampuan zoom secara mendalam.

Prisma berstruktur periskop tersebut akan mengarahkan jalur cahaya yang masuk pada kamera melalui sudut 90 derajat, dan meneruskan gambar melalui lensa telephoto ketika pengguna memperbesar subjek atau objek foto.

Hadirnya fitur ini, OPPO juga berupaya untuk mencapai kemampuan zoom 5x yang memungkinkan pengguna mengambil seutuhnya gambar landscape, portrait, close-up, dan semua bentuk gambar standar yang biasanya tertangkap pada kamera digital.

Teknologi dual-camera terbaru ini juga mampu menjaga tampilan perangkat tetap ramping. Kemampuan optical zoom 3x, yang sesuai dengan teknologi perpaduan gambar untuk zoom digital, memberikan pengguna kemampuan 5x dual-camera zoom untuk pertama kalinya di dunia. 

Dengan adanya perangkat berstruktur periskop, teknologi 5x dual-camera ini hanya memiliki ketebalan sebesar 5,7mm, yang bahkan 10% lebih tipis dari lensa smartphone optical zoom 2x.

Pada umumnya, ketika faktor zoom meningkat pada pengambilan gambar, getaran terkecil pun dapat berpengaruh besar terhadap kejelasan gambar. Terobosan lain dari ‘5x Dual-Camera Zoom’ ini juga terdapat pada solusi Optical Image Stabilization (OIS). 

Berbeda dengan manufaktur smartphone lainnya yang menggunakan OIS pada lensa wide-angle, OPPO mengambil pendekatan berbeda dan menyematkan OIS langsung pada lensa telephoto.

Melalui teknologi OIS, prisma dan lensa telephoto mampu menangkap getaran secara menyeluruh dan langsung mengatasinya. Solusi OIS terbaru ini juga dapat meningkatkan performa smartphone sebelumnya sebanyak 40%.

Sementara itu, mekanisme prisma juga menyesuaikan sudut-sudut secara dinamis pada titik akurat 0,0025 derajat. Teknologi ini dapat memastikan gambar tetap jelas dan stabil bahkan pada kadar zoom sebesar 5x.

 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS