March 27, 2017

Review WD My Cloud PR2100: Cloud Storage untuk Akses File Dimanapun Anda Berada

Penulis: Desmal Andi
Review WD My Cloud PR2100: Cloud Storage untuk Akses File Dimanapun Anda Berada  

MOBITEKNO –  Internet yang stabil, perangkat mobile, notebook, dan storage yang memiliki kemampuan cloud menjadi rangkaian perangkat yang ideal untuk bekerja dari manapun kita berada. Melalui jaringan internet yang cepat, data atau file bisa diambil atau digunakan saat dibutuhkan, walaupun terpisah jarak yang begitu jauh. Inilah yang ditawarkan oleh perangkat WD My Cloud PR2100.

Dengan bentuk yang kompak, WD My Cloud PR2100 menawarkan cara bekerja secara mobile, tanpa harus selalu terhubung dengan kabel dalam mengolah data atau file. Syaratnya memang satu, yaitu koneksi internet selama 24 jam yang harus dihubungkan perangkat ini. Dengan aplikasi yang yang sudah disediakan, perangkat cloud storage ini pun siap digunakan.

Kapasitas yang diberikan pada WD My Cloud PR2100 juga cukup besar sehingga dapat dijejali dengan berbagai macam data. Bahkan, WD juga menyediakan fitur Plex Media Server yang dapat memudahkan Anda untuk mengakses file-file multimedia seperti video beresolusi tinggi dengan lebih ringan. Apa saja sih yang bisa dilakukan WD My Cloud PR2100 ini? Ikuti ulasan Mobitekno berikut ini.

Kelengkapan

Datang dengan sebuah boks berwarna biru, paket yang ditawarkan WD untuk konsumennya cukup banyak. Selain unit storage WD My Cloud PR2100, terdapat juga berbagai kelengkapan pendukung dalam sebuah kotak kecil yang ringkas. Apa saja yang didapat dalam paket ini? Berikut ini detailnya.

  1. Satu unit perangkat WD My Cloud PR2100
  2. Kabel RJ45 untuk koneksi ke router
  3. Kabel Power plus adapter untuk koneksi listrik
  4. Beberapa jenis coloan listrik yang dapat disesuaikan dengan tipe colokan listrik di rumah atau kantor.
  5. Buku Garansi dan Manual singkat.
  6. Dua buah hard disk berkapasitas masing-masing 8 TB untuk media penyimpan

Isi paket

Desain

WD My Cloud PR2100 yang datang ke redaksi Mobitekno memiliki warna dasar hitam. Desainnya belum mengalami pembaruan seperti yang ada di produk-produk WD lainnya. Jika kita perhatikan pada bagian depan, terdapat dua bay untuk hard disk sebagai pendukung utama perangkat ini agar bisa bekerja. Buka saja dengan cara menarik tuas kecil di bagian atas. Buka keduanya dan masukkan hard disk 3,5 inci ke dalamnya. Perhatikan arah dan posisi hard disk sebelum diintegrasikan ke WD My Cloud PR2100.

Tuas kecil untuk membuka tray hard disk

Tutup dua bay tersebut untuk mengunci hard disk. Selanjutnya, di sisi sampingnya terdapat logo WD dan informasi varian produk ini, yaitu WD My Cloud PR2100. Tombol power untuk menyalakan perangkat ini ada di bawahnya dengan bentu bulat kecil dan memiliki cahaya lampu LED berwarna biru sebagai indikator berfungsinya hard disk. Dua tutup bay untuk hard disk ini juga memiliki lubang-lubang udara untuk membuang panas.

Dua hard disk 3,5 inci dalam dua bay

Di paling bawah, terdapat slot USB yang dapat menghubungkan perangkat flash disk ke WD My Cloud PR2100. Tidak hanya file atau data dari perangkat PC, notebook, atau mobile yang bisa di-backup pada WD My Cloud PR2100 ini, tetapi juga USB Flash Disk. Jadi, dalam sebuah setting, Anda bisa menyinkronkan secara otomatis ketika USB Flash Disk dihubungkan ke Cloud storage ini.

Slot USB di bagian bawah

Di sisi kiri atas dan kanan, desainnya seperti casing CPU pada sebuah PC desktop, rata dan tidak memiliki fungsi apapun. Sedikit area di sisi kanan, dibuat lubang-lubang udara untuk membang panas saat hard disk sedang bekerja. Berbeda jika kita melihat pada bagian belakang. Di sini terdapat fungsi utama agar hard disk bisa bekerja dengan optimal.

Mulai dari bawah ke atas, Anda bisa melihat dua buah port untuk daya listrik. Colokkan kabel listrik ke salah satu port yang disediakan agar My Cloud PR2100 bisa memulai tugasnya dengan baik. Di atas dua port listrik, terdapat juga dua port RJ45 untuk menghubungkannya ke router agar bisa melakukan koneksi ke jaringan internet. Satu port USB lainnya disediakan WD di bagian belakang ini untuk transfer data.

Posisi belakang

Sebuah tombol reset kecil ada di ujung kanan atas. Untuk mengaksesnya, dibutuhkan sebuah pin kecil. Sementara untuk keamanan, WD juga menyediakan Kengsington Key. Area sisanya, digunakan untuk lubang-lubang udara yang dibantu sebuah kipas agar udara panas dalam WD My Cloud PR2100 bisa dibuang keluar. Kipas ini akan bekerja kencang menyesuaikan kondisi panas di dalam bagian perangkat My Cloud ini.

Fitur & Kemampuan

Untuk menggunakan WD My Cloud PR2100 sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah, bahkan oleh orang awam sekalipun. Syaratnya cuma satu, yaitu menggunakan aplikasi-aplikasi yang sudah disediakan WD. Contohnya adalah aplikasi WD My Cloud sebagai aplikasi utama untuk mengakses perangkat dari perangkat PC atau desktop.

Sambungkan kabel RJ45 ke router dan kabel power ke colokan listrik di tempat kerja Anda. Selanjutnya nyalakan perangkat ini sampai lampu biru pada tombol power menyala. Akses dari PC yang memiliki jalur koneksi yang sama dengan WD My Cloud PR2100. Anda buka browser dan kunjungi http://mycloudpr2100/ untuk memulai proses setting WD My Cloiud PR2100. Ikuti saja caranya hingga selesai dan Anda akan dibawa ke tampilan dahsboard.

Proses install

Setelah memasukkan alamat email, username, dan password di proses setting, Dashboard akan muncul dengan informasi-informasi seputar WD My Cloud PR2100 ini. Ada baiknya, setelah proses setting selesai, Anda masuk ke Windows Explorer dan lakukan proses Network Map untuk folder Public di dari My Cloud ini agar bisa lebih mudah melakukan transfer file di kemudian hari melalui PC atau notebook.

Dashboard

Dari dashboard ini, Anda bisa membuat sebuah cloud access untuk kolaborasi pekerjaan dengan teman satu tim. Caranya tinggal ikuti petunjuk yang ada. WD sudah memberikan semua petunjuk penggunaan secara online dengan detail. Di sini, Anda juga bisa memasukkan user mana saja yang akan menjadi bagian dalam satu jaringan, atau menentukan siapa saja yang bisa menjadi admin. 

Fitur sharing untuk berbagi file

Ada banyak fungsi yang bisa dilakukan dengan WD My Cloud, seperti auto backup. Anda bisa mengatur My Cloud ini mem-backup apapun yang terhubung ke dalamnya, seprti hard disk portable atau USB Flash Disk. Buat saja satu profil untuk proses backup ini. Selanjutnya, saat hard disk portable atau flash disk tersambung ke port USB di bagian depan, hanya dengan menekan sekali pada satu tombol di atasnya, proses backup akan berlangsung.

Buat USB Profile untuk proses backup secara otomatis

Defaultnya, WD My Cloud PR2100 menggunakan sistem RAID 1 untuk keamanan data. Dengan sistem ini, kapasitas total hard disk yang 16 TB akan dibagi dua. Jadi 8 TB akan digunakan sebagai media penyimpanan, dan sebagian lagi akan menjadi tempat backup. Sistem ini lebih aman jika salah satu hard disk mengalami kerusakan. Data masih tetap aman.
Namun, bukan berarti WD tidak memberikan opsi lain untik perlakukan ke dua hard disk dalam My Cloud PR2100. Anda masih bisa mengubah dari RAID 1 ke lainnya, seperti RAID 0. Dengan pengubahan ini, seluruh kapasitas hard disk akan digunakan. Kerugiannya, saat satu hard disk mengalami masalah, hal tersebut bisa berdampak pada file atau data yang tersimpan di sana.

Selain RAID 1, terdapat juga pilihan RAID 0, JBOD, dan spanning

Satu lagi keunggulan WD My Cloud PR2100 ini adalah disediakannya fitur Plex Media Server. Walau aplikasinya harus Anda download sendiri, namun dengan fitur ini, Anda bisa membagi file-file video beresolusi tinggi dengan lebih lancar ke berbagai perangkat mobile, PC, Notebook yang terhubung ke server Plex di WD My Cloud PR2100.
Saat folder public dari perangkat ini sudah di-map ke dalam Windows Explorer, Anda bisa melihat WD sudah membagi jenis-jenis file ke dalam setiap folder yang berbeda. Dengan begitu, akses file menjadi lebih mudah melalui kategori-kategor file yang berbentuk folder tersebut.

Plex Media Server yang harus di-install terlebih dahulu

Untuk akses melalui perangkat mobile, seperti Smartphone berbasis Android, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi WD My Cloud yang bisa di-download dari Google Play Store.

Spesifikasi

Kinerja yang cepat dan fitur yang  bisa digunakan dengan nyaman tidak terlepas berkat adanya spesifikasi hardware yang andal di perangkat ini. Selain dua buah hard disk berkapasitas masing-masing 8 TB, ada spesifikasi hardware lainnya yang membantu kinerja WD My Cloud PR2100 hingga optimal. Apa saja spesifikasinya? Berikut ini detailnya.

Jenis WD My Cloud PR2100 16 TB
Dimensi 147 mm (tinggo) x 216 mm (panjang) x 108 mm (lebar)
Network Interface Gigabit Etheret x2
Prosesor Intel Pentium N3710 quad-core 1.6GHz processor with 4GB memory
Fitur Multimedia Built-in video transcoding for HD streaming through Plex
Konfigurasi hard disk RAID 0, 1, JBOD and spanning
Fitur lainnya Automatic backup software for PC, and full Apple Time Machine support for Mac, Quick, easy setup and a robust device manager with My Cloud OS 3
Keamanan Quick, easy setup and a robust device manager with My Cloud OS 3
Sistem Operasi Windows / Mac

Kesimpulan

Dengan adanya WD My Cloud PR2100, tidak ada halangan lagi untuk mengakses file pekerjaan, multimedia, hingga laporan presentasi yang jaraknya jauh dari Anda. Dengan hanya mengandalkan koneksi internet, data atau file bisa hadir di perangkat notebook atau mobile yang Anda miliki.

Proses setup WD My Cloud PR2100 juga mudah. Ikuti saja petunjuk yang diberikan, dashboard akan tampil dan memberikan berbagai macam setting lainnya yang juga dapat diikuti dengan mudah. Bahkan, untuk proses backup juga dapat dilakukan secara otomatis dengan hanya menekan satu tombol melalui koneksi USB di bagian depan.

Default backup yang diberikan memang RAID 1 demi faktor keamanan untuk melindungi data dan file. Namun, WD juga memberikaan akses yang fleksibel jika ingin mengubahnya saat Anda merasa kapasitas 50 persen dari total yang ada terasa kurang. Dengan akses fleksibel ini Anda bisa mengubahnya menjadi RAID 0, dan 100 persen kapasitas hard disk bisa digunakan dengan bebas.

Seperti produk WD lainnya, akses untuk ke perangkat ini dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi-aplikasi yang ada. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot untuk mengakses file yang ada di dalam. Secara keseluruhan, dengan adanya WD My Cloud PR2100, tidak perlu khawatir lagi mengenai kapasitas storage yang ada di perangkat notebook, PC, atau mobile karena seua file bisa disimpan di cloud storage ini dari jarak yang jauh sekalipun.

Tags: , , , , ,


COMMENTS