February 27, 2017

Nokia 6, 5, dan 3 Resmi Meluncur. Andalkan Harga Kompetitif, Android OS Minimalis, dan Desain Elegan

Penulis: Iwan RS
Nokia 6, 5, dan 3 Resmi Meluncur. Andalkan Harga Kompetitif, Android OS Minimalis, dan Desain Elegan  

MOBITEKNO – Nokia menepati janjinya dengan mengumumkan kehadiran tiga smartphone Android terbarunya, Nokia 6, Nokia 5, dan Nokia 3 pada ajang MWC (Mobile World Congress) 2017 di Barcelona. Satu diantaranya, Nokia 6 sudah diperkenalkan pada Januari lalu (CES 2017) dan dipasarkan di Tiongkok.

Kehadiran Nokia 6 kali ini untuk mengkonfirmasikan ketersediannya di pasar global bersama Nokia 5 dan Nokia 3. Ketiganya jika dilihat dari spesifikasi terlihat sangat biasa karena HMD Global dari awal ingin menyasar segmen pasar smartphone terjangkau.

""

Nokia 6 akan tersedia di pasar Eropa dan Asia dalam satu dua bulan mendatang.

Dengan kata lain, HMD Global ingin menjual sebanyak mungkin ketiga produk terbaru di berbagai negara di dunia saat ini. Resepnya adalah menjual smartphone dengan harga terjangkau yang dibalut dengan desain premium (konstuksi bodi aluminium, kecual Nokia 3) serta tanpa embel-embel (gimmick) software dan custom UI yang berlebihan.

Ini berarti Nokia 6, 5, dan 3 akan menyertakan Android 7.0 Nougat versi plain dan simple (stock/pure Android) serta sudah diintegrasikan fitur Android Assistant yang baru diumumkan Google baru-baru ini.

Sekilas, Nokia 6 dan Nokia 5 yang diperkuat chip Snapdragon 430 (GPU Adreno 505) terlihat memiliki banyak kesamaan desain. Perbedaan ada pada ukuran dan resolusi layar Nokia 6 yang lebih besar/tinggi (5,5 inci Full-HD vs 5,2 inci HD), kapasitas RAM (3 GB vs 2 GB), dan kamera (16 MP vs 13 MP), internal storage (32 GB vs 16 GB).

Keduanya akan dibekali sistem audio dengan amplifier TFA 9891, kamera selfie 8 MP (ukuran pixel 1.12 um, f/2.0, FOV 84 dearajat), dan baterai berkapasitas 3.000 mAh.

""

Sepintas Nokia 5 terlihat mirip dengan Nokia 6. Perbedaan ada pada spesifikasi layar, RAM, internal storage, dan kamera utama.

Selain varian standar, HMD juga mengumumkan varian spesial Nokia 6 Arte Black dengan RAM 4 GB dan internal storage 64 GB (varian standar hanya memiliki RAM/storage 3GB RAM dan 32 GB). Apabila Nokia 6 standar akan dijual pada harga € 229 (Rp 3,2 juta), varian Arte Black akan dilepas seharga € 299 (Rp 4,2 juta).

Mengingat Nokia 6 dan 5 menyasar segmen smartphone terjangkau, para fans Nokia yang kangen dengan smartpthone bernama besar bisa memilikinya dengan dana sekitara US$200 hingga US$ 300. Keduanya akan berhadapan dengan banyak smartphone Tiongkok di segmen 'gemuk' ini, seperti Xiaomi, Huawei, dan masih banyak lagi.

""

Seri paling terjangkau Nokia 3 datang dengan bodi berlapis polycarbonate dengan bingkai aluminium.

Seri paling terjangkau, Nokia 3 berlayar 5 inci (HD IPS) diperkuat prosesor atau chipset quad core Mediatek MTK 6737, RAM 2 GB, internal storage 16 GB, baterai 2.650 mAh dan kamera depan/belakang 8 MP. Harga jualnya dipatok € 139 (di bawah Rp 2 juta).

Menurut HMD Global, ketiga seri Nokia ini akan hadir di pasar Eropa dan Asia dalam beberapa bulan mendatang. Kapan pastinya hadir di pasar Indonesia tentunya masih bergantung kesiapan HMD Global memenuhi aturan TKDN nanti.

 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS