February 27, 2017

Ini Lho Bedanya Huawei P9 dan Huawei P9 Plus

Penulis: Desmal Andi
Ini Lho Bedanya Huawei P9 dan Huawei P9 Plus  

MOBITEKNO – Walaupun kehadiran Huawei P10 sudah di depan mata, kharisma Huawei P9 tentu masih memikat banyak pencinta smartphone dan dunia fotografi. Leica salah satu hal yang menjadi daya tarik tersebut. Ada dua varian smartphone dengan brand P9 yang dikeluarkan Huawei pada tahun 2016 lalu, yaitu Huawei P9 dan Huawei P9 Plus.

Kedua smartphone ini memiliki kemampuan yang tinggi untuk menemani aktivitas sehari-hari, terutama dalam hal fotografi. Dilihat dari fisiknya, sudah terlihat perbedaan diantara keduanya, yaitu ukuran layar. Namun, ada beberapa perbedaan lagi yang membedakan kedua smartphone tersebut. Apa saja sih perbedaan dan persamaan di kedua smartphone ini?

1. Layar

Huawei P9 memiliki ukuran layar yang lebih kecil, yaitu 5,2 inci. Sementara Huawei P9 Plus tampil dengan layar 5,5 inci. Dengan ukuran layar yang lebih kecil, Huawei P9 memiliki kerapatan warna yang lebih besar yaitu 423 ppi (pixel per inch). Sementara Huawei P9 Plus memiliki kerapatan 401 ppi. Huawei P9 Plus juga dilengkapi dengan fitur Press Touch Display, fitur yang mirip dengan Apple 3D Touch Display. Dengan fitur ini, pengguna bisa merasakan dua level sensitivitas tekanan pada layar. Satu lagi, Huawei P9 Plus juga sudah menggunakan layar Super AMOLED yang membuat tampilan warna terlihat lebih cerah.

Walaupun memiliki ukuran layar yang berbeda, keduanya terap memiliki resolusi yang sama, yaitu 1920×1080.

2. Ketebalan Bodi

Masing-masing smartphone memiliki material yang sama di keseluruhan bodi. Desainnya juga sama walaupun yang satu memiliki ukuran lebih besar. Namun, dari sisi ketebalan, Huawei P9 tampil lebih tipis 0,03 mm dibandingkan Huawei P9 Plus.

3. Kamera

Keduanya memang memiliki dua lensa Leica pada bagian belakang. Kedua lensa ini terdiri dari lensa monokrom dan RGB sehingga gambar yang didapat bisa menampilkan warna yang lebih dalam. Namun, pada Huawei P9, kamera depannya dilengkapi juga dengan Laser Autofocus. Sementara pada Huawei P9, kamera depannya belum dilengkapi Laser Autofocus.

4. Berat

Dengan bentuk yang lebih besar, tentunya Huawei P9 Plus memiliki bobot yang lebih berat, yatu 162 gram. Sementara Huawei P9 hadir dengan bobot lebih ringan yaitu 144 gram sehingga lebih nyaman untuk dibawa kemanapun pemiliknya pergi.

5. Memori

Huawei P9 hadir dengan dua pilihan memori internal,yaitu 3 GB dan 4 GB. Sementara huawei P9 Plus tidak ada yang 3 GB, alias menggunakan memori 4 GB.

6. Baterai

Kapasitas baterai untuk keduanya juga berbeda. Dengan ukuran yang lebih besar, Huawei P9 Plus tentunya dibekali dengan baterai sedikit lebih besar juga, yaitu 3.400 mAh. Sementara Huawei P9 memiliki kapasitas baterai 3.000 mAh. Namun selisih tersebut hampir tidak ada bedanya jika dilihat dari durasi penggunaan.

""

Desain yang tidak berbeda antara Huawei P9 dan Huawei P9 Plus

Dengan perbedaan-perbedaan tersebut, secara keseluruhan memang Huawei P9 Plus sedikit lebih unggul dalam hal ketersediaan fitur dan desain layar. Namun, harganya sudah tentu berbeda. Huawei P9 Plus berharga lebih mahal dibandingkan Huawei P9. Selain itu, Huawei Mobile Indonesia juga tidak memasukkan Huawei P9 Plus ke tanah air. Jadi, Anda bisa mendapatkannya dari jalur non resmi tau membelinya di luar Indonesia. Dengan demikian, Huawei P9 sudah tentu mendapatkan garansi resmi jika terjadi kerusakan atau masalah. (ADV)

Tags: , , , ,


COMMENTS