September 26, 2017

Tumbuhkan Minat Baca Anak, PIBO Luncurkan Aplikasi Membaca

Penulis: Karyo
Tumbuhkan Minat Baca Anak, PIBO Luncurkan Aplikasi Membaca  

MOBITEKNO – Didasari atas kurang nya minat baca  serta minimnya buku-buku anak-anak yang sesuai dengan prinsisp pendidikan anak, PIBO sebagai Toko Buku Anak-anak Online pertama di Indonesia kini menghadirkan aplikasi membaca bagi anak-anak yang dapat memudahkan anak-anak untuk dapat membaca buku-buku bacaan dimana dan kapan saja bersama gadgetnya.

Saat ini, meningkatkan minat baca untuk generasi penerus bangsa adalah sama pentingnya dengan menanamkan mentalitas yang kaya akan pengalaman inspiratif, cerdas dan berbudaya. Di era digital yang dipenuhi dengan perkembangan pesat teknologi, kesempatan anak-anak untuk berkarya serta mengakses informasi melalui berbagai media sungguh besar.

Atas  dasar itulah PiBo hadir untuk memudahkan anak-anak dan generasi penerus bangsa untuk dapat mengakses dan menikmati buku bacaan cetak maupun digital yang menarik, menyenangkan dan edukatif dimana dan kapan saja.

PiBo yang merupakan kependekan  dari  picture books atau buku cerita yang dihiasi dengan ilustrasi dan gambar dalam penyajiannya, adalah merupakan  sebuah platform toko buku online khusus untuk anak-anak dibawah umur 12 tahun yang pertama di Indonesia. PlatformPiBo dilengkapi dengan aplikasi reader ‘Baca PiBo’.

Menurut Mayumi Haryoto, Founder Aplikasi PiBo., pihaknya  percaya dengan pendekatan yang kreatif dan pengolahan materi positif yang aman dan terukur, perkembangan teknologi dapat meningkatkan produktifitas anak di kemudian hari. “Oleh karena itu kami sepakat bentuk buku digital (e-book) adalah penyajian yang ramah akan perkembangan jaman namun juga berkualitas dan mudah diakses, ” ujar Mayumi  saat peluncuran PiBo di Jakarta, Rabu (20/09/2017).

Mayumi  memastikan bahwa  buku-buku yang dihadirkan oleh PiBo, telah memenuni  prinsip-prinsip pendidikan anak, serta aman dari konten-konten negatif. 

"Kami melakukan proses kurasi, bukan karena apa tapi biar menghindari konten negatif dan menyesuaikan dengan level umur anak-anak yang ada di Indonesia. Misalnya buku ini cocok untuk umur sekian, dan lain-lain," tambah  Mayumi

Selanjutanya menurut   Mayumi, akan dilakukan kurasi lagi. Proses kurasi kedua yang dilakukan tim PiBo adalah judul koleksi buku yang dilakukan per tema.  PiBo akan  membaginya ke dalam 20 tema yang semuanya sudah dimasukkan ke dalam platform  tersebut.

Selain itu menurut Mayumi, Platform PiBo juga telah dilengkapi dengan sistem keamanan yang berlapis, untuk  menjaga campur tangan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. PiBo menurut Mayumi  dilengkapi dengan  3 lapis sistem kemanan.  Pertama, file materi buku-buku  diproteksi  dengan paswosrd khusus, kedua  Filenya  dienkripsi, ketiga file tersebut disimpan dengan hiden folder,” ujar Mayumi menegaskan.

Untuk mendukung koleksi buku-bukunya PiBo juga menjalin kerjasama dengan  beberapa penerbit. “Dengan menggandeng beberapa penerbit, segelintir penulis dan illustrator independen di Indonesia, saat ini PiBo sudah mempublikasikan beragam pilihan buku-buku yang ditampilkan melalui aplikasi yang dapat diunduh melalui sistem operasi Android (untuk saat ini sistem operasi IOs masih dalam tahap penyelasaian).

Saat ini PiBo telah mempunyai koleksi buku-buku anak sekitar 100  judul buku dan  sudah bisa dibeli di situs mypibo.com dengan harga yang relatif murah yaitu berkisar di angka Rp20 ribu hingga Rp50 ribuan. Pembayaran buku bisa dilakukan dengan transfer atau kartu kredit

Namun Bagi yang masih ingin mengenalkan buku cetak pada anak, beberapa buku dijual dengan bentuk hardcopy. Harganya sedikit lebih tinggi ketimbang e-book, namun relatif terjangkau mulai Rp65 ribu – Rp120 ribu

Dengan Platform tersebut, PiBo berharap dapat meningkatkan minat baca khususnya pada anak-anak sebagai generasi penerus bangsa.

Tags: , , ,


COMMENTS