September 26, 2017

Review Hunter’s League: Asyik Dimainkan dan Indah Visualnya

Penulis: David Novan
Review Hunter’s League: Asyik Dimainkan dan Indah Visualnya  

MOBITEKNO – Menurut pakem mainstream, game bergenre RPG (Role Playing Game) di ranah platform mobile harus berhiaskan puluhan hingga ratusan tokoh atau avatar, yang semuanya bisa dimainkan asalkan kamu bisa mendapatkannya. Cara mendapatkannya pun beragam, mulai dari bermain tanpa henti sampai kamu stress, atau merogoh kantong dan mengeluarkan banyak uang per bulannya demi belanja di online Shop. Namun, Hunter’s League berusaha untuk tampil beda meskipun pada dasarnya masih memiliki inti yang sama.

Apa yang membuat Hunter’s League berbeda dengan game lain berjenis sama, dan apa pula yang sebenarnya masih sama? Lalu, apakah game ini masih enak untuk dimainkan? Tentu saja semua itu pada akhirnya tergantung dari selera kamu. Review ini akan memberikan sedikit gambaran mengenai bentuk permainannya serta kelebihan dan kekurangannya.

Bila digambarkan melalui sedikit kata, Hunter’s League merupakan game action yang seru dan indah visualnya. Seru karena banyak unsur action yang terkandung di dalamnya, terutama ketika bertarung melawan musuh. Indah tampilannya berkat kualitas visual bergaya anime Jepang dengan warna nan mantap. Kalau kamu pecinta visual kelas atas, rasanya tidak akan kecewa ketika memainkan game ini.

Inti dari game ini sebenarnya adalah memperkuat avatar yang kamu mainkan, sama seperti game sejenisnya. Bedanya, pada game ini kamu hanya perlu mengembangkan empat avatar saja, tidak perlu lagi pusing mencari avatar yang kuat di antara ratusan pilihan, seperti halnya yang terjadi di game lain. Kali ini, kamu hanya perlu berkonsentrasi memperkuat senjatanya saja, serta melengkapi avatar tersebut dengan aksesoris dan skin (tampilan visual karakter tambahan).

Apakah game ini mampu memuaskan gamer yang memainkannya? Terus terang, kami cukup puas memainkannya. Berkat tujuan permainan yang jelas, terutama untuk memperkuat empat avatar yang ada, maka permainan dapat dinikmati secara maksimal tanpa perlu membuang banyak waktu percuma. Walaupun kamu masih akan menemukan sistem Random Item atau menemukan benda acak yang seringkali ditemui pada game lain, setidaknya pada Hunter’s League tidak begitu parah.

Gameplay

Pada game ini, kamu akan ditokohkan sebagai kapten dari tim pemburu monster atau Monster Hunter. Sebagai salah satu tim Hunter dari sekian banyak tim lainnya, tentunya menjadi yang terkuat adalah keharusan. Itu sebabnya, permainan yang akan kamu temui lebih terpusat pada bagaimana memperkuat tim Hunter yang kamu miliki.

Tim itu sendiri terdiri dari empat avatar dengan jenis senjata dan kemampuan yang berbeda. Setiap avatar tersebut memiliki peran tersendiri di dalam pertempuran. Entah ia dapat berfungsi sebagai pemberi serangan atau Damage terhadap musuh, menyembuhkan teman tim, atau menarik perhatian musuh supaya mereka tidak mengincar anggota tim lain.

Kemudian, semua anggota tim memiliki beberapa jenis senjata yang dapat digunakannya. Misalnya, selain mampu menggunakan penyembuhan, anggota tim bernama Sally juga mampu menyandang senjata dengan kemampuan melumpuhkan serangan musuh dan membuat musuh tak bisa bergerak. Semua senjata yang digunakan memiliki kaitan yang erat dengan kemampuan atau skill yang bisa digunakan avatar tersebut.

Setelah memenangkan pertempuran, nantinya kamu akan mendapatkan poin Experience, uang, dan beragam bonus benda yang bisa digunakan untuk memperkuat diri. Poin Experience sangat penting karena melaluinya kamu bisa meningkatkan level. Semakin tinggi levelmu, maka semakin kuat pula avatarmu ketika bertarung. Namun perlu diperhatikan, bahwa setiap kali bertarung kamu butuh energi yang direpresentasikan melalui poin energi.

Poin energi merupakan sentral dari semua kegiatanmu yang berhubungan dengan bertarung. Ketika memilih salah satu stage dari peta dunia, yang juga mewakili perjalanan karirmu sebagai Hunter, maka sejumlah poin energi akan berkurang. Bila kamu terlalu bersemangat dan menghabiskan poin tersebut, maka kamu perlu menunggu hingga poin terisi otomatis seiring waktu, atau membeli energi tersebut melalui Shop dengan menggunakan uang asli alias Rupiah.

Battle

Menjadi kuat artinya bertempur, baik melawan monster maupun pemain lain. Tingkat kesulitan antara melawan monster dengan tim lain tentu saja sangat berbeda. Jelas, melawan tim lain dengan komposisi avatar yang sama, serta kemungkinan mereka memiliki kekuatan yang jauh lebih besar membuat tingkat kesulitannya lebih tinggi.

Sebelum mulai bergerak untuk melawan pemain lain, ada baiknya kamu mengumpulkan pengalaman, serta senjata, melalui mode adventure terlebih dahulu. Pada mode tersebut, kamu akan mengikuti rangkaian cerita mengenai perjalanan tim Hunter berisi empat avatar, serta kesempatan untuk mendapatkan semua jenis senjata. Meskipun lebih mudah dari melawan pemain, tetapi adakalanya tim asuhan kamu bisa menemukan kesulitan, terutama bila kamu tidak rajin meningkatkan kemampuan tim.

Pertarungan di dalam game ini pada dasarnya otomatis berjalan. Tiga avatar akan bertarung, sementara satu lainnya menjadi cadangan yang akan muncul bila salah satu avatar kalah. Serangan dan targetnya akan otomatis terjadi, tetapi kamu masih tetap bisa memengaruhi target mana yang diserang dengan memilihnya melalui sentuhan jari. Selain itu, kamu juga bisa menekan tombol skill di tiap avatar untuk memerintahkannya melepaskan serangan spesial.

Gerakan ketiga avatar juga dapat kamu pengaruhi ketika berada di tengah pertempuran. Hanya dengan memilih salah satu foto avatar di bagian bawah layar permainan, kamu dapat menggerakkannya melalui sentuhan. Hal ini sangat penting untuk menghindari serangan spesial musuh, yang biasanya mengincar avatar dengan pertahanan rendah. Keikutsertaan kamu ketika menghindari serangan musuh semacam ini membuat Hunter’s League seru dimainkan.

Hal lain yang cukup menarik ketika bertarung adalah adanya serangan kombinasi yang kuat. Melalui menyerang atau diserang, tim kamu akan mengumpulkan poin untuk serangan kombinasi tersebut. Setelah mencapai 100 poin, maka kamu tinggal menekan tombol untuk melancarkan serangan kombinasi tersebut. Ketiga avatar akan langsung menyerang bersamaan, menghantam musuh di depannya dengan skill spesial yang khusus hanya bisa dikeluarkan pada serangan ini saja!

Hero

Meskipun game ini hanya memiliki empat avatar saja untuk dimainkan, berbeda dengan game lain yang mampu memberikan hingga puluhan avatar, tetapi bukan berarti lantas game ini tidak banyak pilihannya. Pengembangan avatar jelas menjadi lebih terarah, karena kamu tidak perlu khawatir avatar yang digunakan akan tergantikan dengan avatar baru. Jadi usahamu tidak akan terbuang sia-sia.

Pertama yang terpenting dari pengembangan avatar tentu saja adalah levelnya. Level sendiri menentukan kekuatan dasar avatar sebelum ditambahkan dengan senjata dan aksesoris lainnya. Jadi, semakin besar levelnya, maka sudah pasti melawan musuh akan menjadi lebih mudah. Namun, level maksimum dari avatar ternyata ditentukan oleh level timnya.

Level tim hampir sama cara meningkatkannya dengan level avatar, yaitu melalui pertarungan. Lalu bedanya dengan level avatar? Ternyata kamu bisa meningkatkan level avatar dengan menggunakan benda khusus, tetapi tidak bisa melewati jumlah level timnya. Dengan demikian, kamu tidak bisa terus menerus meningkatkan level avatar menggunakan benda khusus tersebut.

Cara lain untuk memperkuat avatar adalah melalui aksesoris. Sayangnya, aksesoris cukup sulit ditemui. Karena, kamu perlu mencarinya dengan membuka box gacha. Untuk membuka box tersebut, kamu harus mengeluarkan sejumlah uang atau menggunakan mata uang lain berbentuk kristal bernama Blue. Benda yang didapat dari box tersebut adalah acak, jadi kamu bisa dipastikan akan mengeluarkan banyak uang dan Blue untuk menemukan aksesoris yang cocok.

Penggunaan Skin juga menjadi cara lain yang menarik. Bisa dibilang menarik karena selain meningkatkan kemampuan avatar, Skin juga mengubah bentuk avatar menjadi lebih keren! Selain itu, Skin juga dapat ditingkatkan kemampuannya melalui upgrade. Sayangnya,mendapatkan Skin tidak semudah itu, karena ia juga berada di dalam box gacha sama seperti aksesoris.

Senjata

Rasanya tidak ada elemen yang lebih penting dibandingkan senjata di dalam game ini. Selain banyak variasinya untuk setiap avatar, kekuatannya serta serangan spesialnya juga berbeda. Itu pula sebabnya opsi untuk memperkuatnya jauh lebih banyak dibandingkan dengan avatar sekalipun.

Pertama, untuk mendapatkan senjata kamu harus mengumpulkan beberapa pecahan senjata, atau Core terlebih dahulu. Setelah berhasil mengumpulkan 10 Core, barulah kamu bisa membuat senjata tersebut dan menggunakannya di medan pertemputan. Cara yang sama, yaitu mengumpulkan Core juga dapat digunakan untuk meningkatkan tingkat kelangkaan senjata tersebut. Semakin langka, semakin kuat pula senjatanya!

Senjata juga memiliki level, yang batas maksimumnya sama dengan level tim. Bedanya dengan level avatar, level senjata hanya bisa ditingkatkan melalui bantuan benda khusus. Bila kamu kehabisan benda tersebut, maka jelas kamu tidak bisa menaikkan level senjata, dan otomatis seranganmu akan semakin lemah.

Kenaikan level senjata diiringi pula dengan skill yang bisa digunakan avatar ketika menggunakannya. Ketika level senjatanya adalah 5 misalnya, maka skill di senjata tersebut maksimal hanya bisa dinaikkan sampai level 5 saja. Itu sebabnya senjata dengan level rendah tidak begitu berarti di medan pertempuran.

Metode lain yang sangat penting adalah dengan menggunakan artifak untuk memperkuat senjata. Artifak sendiri dapat ditemui melalui penyelesaian stage atau melalui pembelian di box gacha. Selain itu, kamu juga bisa menemukannya pada hadiah achievement atau Quest. Memperkuat melalui artifak sama pentingnya seperti peningkatan level. Bedanya, peningkatan melalui artifak tidak ada batasnya dan tidak terbatas pada level tim.

Pemilihan senjata sebelum bertarung juga memegang peranan penting, sebab tidak semua senjata efektif ketika digunakan melawan monster tertentu. Adakalanya pula senjata jenis tertentu tidak bisa memberi serangan alias musuhnya kebal terhadap senjata tersebut! Selalu perhatikan informasi semacam ini sebelum kamu melawan musuh.

Shop

Semua benda penting untuk peningkatan avatar, baik itu senjata, artifak, benda untuk meningkatkan level avatar dan senjata, sampai Skin bisa ditemui pada box gacha. Pengedar benda penting ini memiliki peran yang begitu sentral untuk permainan, dengan satu catatan, box ini hanya memberikan benda acak! Jadi, kamu boleh saja boros membuang uang dan kristal di sini. Namun bukan berarti apa yang kamu inginkan akan terwujud!

Meskipun demikian, kami rasa kamu juga akan tetap terjerat ke dalam lingkaran api box gacha ini ketika bermain. Sebab, box ini memberikan harapan akan benda berharga di dalamnya. Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan Skin keren, atau senjata dengan tingkatan tertinggi tanpa perlu buang banyak waktu untuk mendapatkannya?

Bila kamu ingin mendapatkan kemungkinan lebih besar mendapatkan Core senjata kelas atas atau Skin, ada baiknya kamu menabung terlebih dahulu sampai mampu menarik sebanyak 10 box sekaligus. Selain harganya lebih murah bila dihitung per penarikannya, kenaikan kemungkinan mendapatkan benda langka sekecil apapun sangat penting di box gacha. Bila gagal sekalipun kamu masih tetap mendapatkan artifak dalam jumlah besar untuk meng-upgrade senjata.

Sedangkan untuk mendapatkan benda secara lebih pasti, terutama untuk senjata atau Skin, maka berbelanja di Shop adalah opsi lain yang menarik. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan Core senjata dengan tingkatan tertinggi, atau mendapatkan Skin untuk mengubah tampilan avatar serta meningkatkan kemampuannya. Timbal baliknya, kamu perlu menyiapkan uang asli atau Rupiah antara 40 ribu hingga sekitar sejutaan.

Harus diakui, rasio penjualan pada Shop tergolong mahal. Namun, benda di sana memiliki kemampuan untuk menggoyahkan keseimbangan permainan. Bahkan, bisa dibilang mampu membuat pembelinya unggul dibandingkan pemain lain. Bagaimana tidak? Semua yang begitu sulit didapatkan pada box gacha dapat dengan mudah dibeli!

Tips Bermain

Ketika bermain, hal terpenting yang perlu kamu perhatikan adalah senjata apa yang efektif untuk melawan musuh di stage tertentu. Cara memeriksanya juga mudah sekali, karena kamu hanya tinggal menekan tombol merah di bawah foto boss musuh setelah memilih stage tetapi sebelum memulai stage. Ingat, senjatamu menentukan menang dan kalah!

Sedangkan untuk musuh yang sulit dikalahkan, kamu bisa menggunakan pendapat pemain lain yang sudah berhasil mengalahkannya. Pada bagian bawah foto boss musuh, ketika telah memilih stage, ada lambang lingkaran target panah di sebelah kiri tombol merah besar. Lambang ini berisi anjuran yang ditulis pemain lain untuk mengalahkan boss tersebut! Meskipun banyak pula anjuran yang tidak berguna, tetapi selalu ada orang baik yang memberi tips manjur!

Kemudian, selalu seimbangkan upgrade yang kamu berikan pada semua senjatamu. Sebab, senjata yang ampuh digunakan melawan boss tidak melulu sama. Jadi, bila kamu selalu meningkatkan satu atau dua senjata saja, pada saat bertemu boss dengan kelemahan senjata lain, maka kamu tidak dapat mengalahkannya dengan efisien. Apalagi senjata yang bukan kelemahannya tidak mampu memberi banyak Damage, bahkan kadang bisa kebal terhadapnya!

Lalu, seperti saran yang sempat kami berikan sebelumnya, selalu usahakan untuk menarik box gacha per 10. Memang kamu perlu menabung terlebih dahulu, tetapi hasilnya sepadan. Sebab, jumlah uang atau kristal Blue yang dibutuhkan untuk penarikan 10 kali lebih murah totalnya. Selain itu, kesempatan untuk mendapatkan benda langka juga jauh lebih baik.

Untuk tips terakhir adalah sebisa mungkin untuk selalu menggerakkan semua avatar di dalam pertempuran. Memang mode otomatis membuat permainan menjadi lebih santai, tetapi mode ini berisiko tinggi bila musuhnya kuat. Selalu gerakkan avatarmu ke belakang lawan, supaya semua musuh berada satu garis horizontal. Selain lebih mudah menghantam banyak musuh sekaligus dengan skill, avatar dengan serangan jarak jauh yang notabene punya pertahanan lemah menjadi lebih aman. Selamat bermain!

Tags: , ,


COMMENTS