July 26, 2017

Apa Bedanya Speaker Pintar Xiaomi Mi AI dengan Amazon Echo atau Google Home?

Penulis: Iwan RS
Apa Bedanya Speaker Pintar Xiaomi Mi AI dengan Amazon Echo atau Google Home?  

MOBITEKNO – Bukan Xiaomi namanya jika tidak ikut meramaikan pasar produk/gadget kategori baru yang sedang atau mulai tren. Selain smartphone, produsen yang baru berdiri 7 tahun lau ini dikenal juga dengan produknya, mulai dari smartwatch, notebook, smart TV, diigital camera, hingga beragam perangkat rumah tangga pintar lainnya.

Kabar terbaru, produsen Tiongkok ini juga membuat smart speaker atau speaker pintar yang sebelumnya telah ditawarkan Amazon (Echo/Echo Dot), Google (Home), atau Apple (HomePod). Xiaomi menamakan speaker pintar pertamanya Mi AI Speaker.

Sudah dapat ditebak, Mi AI Speaker juga memiliki kecerdasan tersendiri dengan adanya fitur asisten yang didukung teknlogi AI. Belum diketahui bahasa apa saja yang didukungnya saat berinteraksi dengan pengguna. Namun, mengingat speaker ini baru diperkenalkan di pasar Cina, besar kemungkinan dukungan bahasanya baru sebatas Mandarin dan Kanton.

Setahun sebelum Mi AI Speaker hadir, produk smart speaker yang bisa berinteraksi dengan bahasa lokal (Mandarin, Kanton) sebenarnya sudah tersedia. Smart speaker tersebut adalah LingLong DingDong. Speaker yang dijual seharga US$ 118 bahkan masih 'lebih pintar' dari Mi AI Speaker karena dapat diperintahkan untuk membuat memo, mengatur jadwal, dan berbagai update terbaru seputar berita, kondisi lalu lintas, dan laporan cuaca.

""  ""

""  ""

Lalu, bagaimana dengan Mi AI Speaker? Speaker ini dilengkapi dengan enam microphone untuk 'mendengar' input/perintah suara pengguna dari berbagai arah (omnidirectional microphone dengan audio sensing 360 derajat). Audio driver atau speakernya sendiri diposisikan di sisi samping (dua speaker) dengan subwoofer menghadap ke bawah.

Berbeda dengan Amazon Echo, Google Home, atau bahkan LingLong DingDong, speaker pintar Xiaomi ini tidak dapat diperintahkan mencari informasi di Internet atau mencatat memo. Meski demikian, Mi AI Speaker masih dapat melakukan aktivitas streaming audio/live radio dan memainkan musik/lagu. 

'Kepintarannya' yang masih di bawah Amazon Echo dan Google Home bisa dipahami mengingat harganya yang terjangkau (sekitar Rp 590 ribu). Harganya masih di bawah harga Echo (US$ 179) dan Home (US$ 129). Perbedaan penting lainnya dari Mi AI Speaker adalah opsi untuk memperluas fungsinya melalui add-on dan plugin yang difasilitasi oleh sebuah aplikasi Android di samrtphone.

Spesifikasi Xiaomi Mi AI Speaker

  • Speaker dan Mic: 2,25 inci ddan passive subwoofer, 6 microphone.
  • Prosesor: Quad-core 64 bit Cortex A53 (1.25 GHz).
  • RAM 256 MB
  • flash memory 256 MB
  • Frequency Response Range: 60Hz-15000Hz.
  • Speaker Sensitivity: 82dB.
  • Rated Impedance: 4 Ohm.
  • Lain-lain: Dual-band WiFi, DLNA, Bluetooth 4.1 (A2DP)
Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES