May 26, 2017

Ternyata Bukan Fitur Ad-Block yang Disukai Pengguna Mobile Browser di Indonesia

Penulis: Desmal Andi
Ternyata Bukan Fitur Ad-Block yang Disukai Pengguna Mobile Browser di Indonesia  

MOBITEKNO – Para pembuat mobile browser tentunya sudah mengintegrasikan banyak fitur di dalam produknya agar bisa membuat nyaman para pemilik smartphone dalam melakukan ativitas Internet-nya. Namun, kadang kenyamanan berselancar seringkali terganggu oleh munculnya berbagai iklan di banyak website. Oleh sebab itu, banyak pengguna smartphone yang memanfaatkan fitur Ad-block untuk mencegah iklan muncul di browsernya. Apakah Ad-block menjadi fitur paling dicari oleh pengguna smartphone?

Jika melihat hasil survei yang dilakukan Opera di enam kota besar di Indonesia, yaitu Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Makassar, Surabaya, dan Medan dalam Opera Browser Satisfaction Index, ternyata fitur ini bukan yang paling dicari mereka. Ternyata, masyarakat Indonesia masih lebih mementingkan penghematan data. Ya, fitur penghemat data di browser lebih dipilih responden. Angkanya mencapai 45 persen. Sementara Ad-block ada di posisi kedua, yaitu 32 persen.

“Hasil survei menunjukkan bahwa responden pria lebih sering menggunakan fitur penghemat data dibandingkan responden wanita, namun keduanya menganggap fitur ini lebih penting dibandingkan fitur lainnya seperti offline mode, night mode atau news feed," ungkap Ivollex, Growth Director of Asia, Opera Software. "Secara berkala, kami berusaha meningkatkan kemampuan fitur penghemat data Opera, seperti teknologi kompresi unik Opera Mini yang telah diperluas ke fitur halaman yang tersimpan sehingga ukuran halaman yang pengguna simpan berukuran 10% lebih kecil dibandingkan ukuran asli. Fitur ini memberikan kesempatan bagi pengguna untuk mendapatkan konten yang lebih bermanfaat dengan mengesampingkan berbagai kebutuhan yang kurang penting,” lanjut Ivollex.

Ia juga mengatakan selain berbagai teknologi yang ditawarkan Opera Mini, baru-baru ini Opera Mini juga dibekali dengan mesin artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk memastikan pengguna smartphone di Indonesia dapat menemukan informasi yang sesuai. Pengguna akan mendapatkan berbagai informasi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan informasi yang mereka ingin dapatkan.

Hingga saat ini, Opera telah bekerjasama dengan 45 penerbit yang mencakup hampir 100 situs yang sering diakses oleh pengguna Indonesia. Kategori konten mencakup berbagai kategori yang diminati seperti Berita, Hiburan/Gosip, Gaya Hidup, Olahraga dan Teknologi yang berasal dari media-media ternama.

 

 

Tags: , , ,


COMMENTS