May 26, 2017

Sebagian Besar Pengguna Smartphone Gunakan Browser Pihak Ketiga untuk Berselancar

Penulis: Desmal Andi
Sebagian Besar Pengguna Smartphone Gunakan Browser Pihak Ketiga untuk Berselancar  

MOBITEKNO – Jika Anda perhatikan, semua brand smartphone selalu menyediakan browser bawaan untuk mendukung kegiatan ber-Internet dari para pengguna smartphone. Namun, apakah browser-browser bawaan ini benar-benar dimanfaatkan? Ternyata, hampir setengah dari pemilik smartphone tidak menggunakannya. Mereka justru mencari dan memanfaatkan browser dari pihak ketiga untuk kegiatan Internet mereka.

Hasil ini diinformasikan oleh survei yang dilakukan oleh Opera, Mobile Browser Satisfaction Index. Survei dilakukan di enam kota besar di Indonesia, yaitu Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar. Survei yang dilakukan Opera ini untuk mengetahui kebiasaan-kebiasaan selancar para pengguna smartphone di Indonesia serta bagaimana mereka menggunakan Internet pada perangkat mereka.

Hasilnya, dari keseluruhan responden, ternyata hanya 10 persen responden yang berusia 18-25 tahun yang masih setia memanfaatkan browser bawaan smartphone. Mayoritas responden lebih memilih meng-install browser lainnya untuk kenyamanan ber-Internet.

"Alasan utama mengapa responden menggunakan browser lainnya adalah karena mereka mencari kemudahan dalam penggunaan dan akses Internet,” kata Ivollex Hodiny, Growth Director of Asia, Opera Software. “Memilih browser yang bagus sangat penting bagi mereka, mengingat hampir dari 2/3 responden dalam survei ini mengakses browser pada smartphone mereka lebih dari delapan kali dalam sehari,” lanjut Ivollex.

Hasil yang diperoleh dari survei terbaru Opera ini sekaligus menegaskan laporan We Are Social 207 yang pernah dirilis Opera pada Januari lalu. Hasilnya sama, yaitu pengguna Internet Indonesia bisa menghabiskan waktu hampir empat jam sehari untuk menjelajah Internet di broeser mereka. Indonesia bahkan termasuk 10 negara teratass yang menghabiskan waktu online terbanyak.

Hasil survei juga mnjelaskan bahwa sebagian pengguna smartphone menggunakan browser untuk mencari informasi, membaca berita, dan mengakses media sosial. Gaya hidup masih menjadi hal yang banyak dicari, yaitu 57 persen. Menyusul Kesehatan (52 persen), dan Pendidikan (50 persen).

Untuk aktivitas ber-Internet di smartphone juga masih didominasi kaum pria. Jumlah responden pria yang menggunakan mobile browser di perangkat smartphone mereka mencapai 71 persen. Sementara kaum perempuan mencapai 59 persen.

Tags: , ,


COMMENTS