May 26, 2017

Inilah Pencapaian Positif XL Axiata di Kuartal Pertama 2017

Penulis: Eko Lannueardy
Inilah Pencapaian Positif XL Axiata di Kuartal Pertama 2017  

MOBITEKNO – PT XL Axiata Tbk. (XL Axiata) beberapa waktu lalu telah mengumumkan hasil audit untuk kuartal pertama tahun 2017. Agenda Transformasi "3R – Revamp, Rise, Reinvent" XL Axiata mulai menunjukkan hasil pada kinerja keuangan yang lebih baik. 

Hal ini juga merupakan hasil dari terus fokusnya XL Axiata dalam menjalankan strategi 3R untuk bertransformasi menuju bisnis data sehingga bisa meraih pencapaian kinerja perusahaan yang lebih baik dan menguntungkan di masa yang akan datang.

Di kuartal pertama 2017, XL Axiata meraih pertumbuhan pendapatan layanan sebesar 0,3% QoQ yang didorong oleh pertumbuhan pendapatan data yang meningkat 9% QoQ dan menyumbang 63% terhadap total pendapatan layanan XL Axiata. 

Ini merupakan kali pertama dalam 3 tahun, perusahaan menunjukkan pertumbuhan pendapatan QoQ di Q1, di mana biasanya pada kuartal pertama kinerja perusahaan relatif lemah. 

Selain itu, selama kuartal pertama XL Axiata juga berhasil unggul secara industri, di mana para pesaing utama mengalami penurunan pendapatan secara QoQ. 

Dan XL Axiata juga menunjukkan peningkatan profitabilitas dengan laba sebelum bunga, pajak, depresiasi & amortisasi (EBITDA) di kuartal pertama 2017 tumbuh 1,4% QoQ dan marjin meningkat menjadi 35%.

"Kami  sangat senang dengan hasil kinerja yang baik untuk mengawali tahun 2017. Hal ini merupakan hasil dari agenda transformasi untuk mereposisi bisnis agar bisa unggul dalam layanan data," ucap Presiden Direktur/CEO XL Axiata, Dian Siswarini

Ditambahkan oleh Dian, XL Axiata juga telah berinvestasi untuk meningkatkan kualitas dan perluasan jaringan serta terus berupaya meraih kepercayaan pelanggan guna mendukung pertumbuhan kinerja yang semakin kokoh. 

Fokus XL Axiata untuk membangun jaringan "Lebih Baik, Lebih Cepat, dan Lebih Kuat" terus berlanjut pada tahun 2017. Pada akhir Q1 ini telah lebih dari 87 ribu BTS, termasuk lebih dari 10.300 BTS 4G LTE, dan lebih dari 39.000 BTS 3G.

Selain itu, layanan 4G milik XL Axiata saat ini juga telah tersedia di 181 kota/area di berbagai wilayah di Indonesia. XL Axiata juga terus melakukan investasi untuk transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan upgrade jaringan. 

Selain memperkuat jaringan, XL Axiata juga berhasil meraih pelanggan yang tepat, yang diperlihatkan melalui angka tingkat penetrasi pelanggan smartphone XL yang meningkat sebesar 17% menjadi 65% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. 

Hal ini menunjukkan meningkatnya lebih banyak pelanggan data dengan konsumsi besar yang memilih jaringan XL Axiata. Saat ini XL Axiata memiliki 31,2 juta pelanggan smartphone hingga akhir kuartal pertama 2017, meningkat 52% YoY dari periode yang sama tahun lalu.

Pertumbuhan pelanggan smartphone ini sangat berarti karena rata-rata konsumsi data pengguna smartphone juga meningkat secara signifikan, lebih dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya. 

Hal ini tidak terlepas dari meningkatnya kesadaran pelanggan smartphone XL Axiata untuk menggunakan jaringan 4G-LTE, di mana tingkat konsumsi pelanggan 4G-LTE kini mencapai lebih dari 1,5x dari rata-rata konsumsi smartphone.

Total trafik di jaringan XL Axiata, meningkat 178% YoY di kuartal pertama 2017 dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, terutama didorong oleh pertumbuhan trafik Data.

"Kami senang melihat adanya ketertarikan para pelanggan data dengan konsumsi yang besar. Jelas, hal ini menunjukkan bahwa penetrasi smartphone dan meningkatnya trafik secara tajam didorong oleh ketepatan kami dalam meraih pelanggan," tambah Dian.

Selama kuartal pertama, XL Axiata juga telah meluncurkan banyak produk inovatif, di mana salah satu yang menjadi program unggulan adalah pembenahan paket kombo berbasis data, Combo XTRA.

Penawaran baru ini memberi pelanggann kuota bonus YouTube, plus akses gratis ke konten Liga Primer Inggris di Genflix dengan kuota bonus hanya di jaringan 4G, serta nelpon beberapa menit ke lintas operator untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. 

Selain itu, Axis juga meluncurkan kartu perdana HITZ yang menawarkan penggunaan data harian unlimited  untuk aplikasi chat seperti Whatsapp, LINE dan Blackberry Messenger.

XL Prioritas, yang merupakan produk pascabayar XL Axiata yang diluncurkan ulang, sangat menarik minat pelanggan sehingga jumlah pelanggan terus bertambah dengan ARPU YoY yang lebih tinggi. 

Pelanggan dengan kategori high-value ini juga memberikan respon yang baik terhadap XL Prioritas yang diposisikan premium dan secara keseluruhan mampu memberikan pengalaman layanan yang lebik baik.

Neraca XL Axiata tetap kuat dengan hutang bersih atas EBITDA pada level 1,7x sementara posisi arus kas bebas tetap positif. Total utang XL Axiata sampai akhir kuartal mencapai Rp 14,6 triliun, turun 42% dari tahun sebelumnya. XL Axiata membukukan laba bersih Rp 46 miliar untuk kuartal tersebut.

Jumlah pelanggan XL Axiata juga terus tumbuh secara berkelanjutan dengan adanya penambahan 1,5 juta pelanggan pada kuartal ini, sehingga secara keseluruhan menjadi 48 juta pelanggan, atau 13% lebih tinggi dari jumlah pelanggan tahun lalu. 

Sedangkan untuk ARPU campuran XL Axiata mencapai Rp 33.000 di kuartal pertama 2017. Hal ini juga mengindikasikan XL Axiata tetap stabil dari kuartal sebelumnya.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS