April 26, 2017

Dell Kapalkan Kemasan Laptop Hasil Daur Ulang Sampah Plastik dari Laut

Penulis: Desmal Andi
Dell Kapalkan Kemasan Laptop Hasil Daur Ulang Sampah Plastik dari Laut  

MOBITEKNO – Semakin tuanya usia bumi membuat berbagai pihak harus terus “bersahabat” dengan kondisi lingkungan yang ada di permukaan bumi. Oleh sebab itu, produk-produk ramah lingkungan terus didorong penggunaannya agar tidak semakin merusak bumi. Hal ini juga disadari Dell selaku produsen produk-produk IT, termasuk laptop. Guna mendukung produk ramah lingkungan, baru-baru ini Dell melakukan pengapalan kemasan hasil daur ulang sampah plastik dari laut pertama di industri teknologi. 

Pengapalan ini adalah hasil dari program percontohan inovatif Dell dalam skala komersil. Dalam mendaur ulang sampah plastik ini, Dell mengumpulkan banyak sampah plastik di pantai dan selanjutnya dibuat menjadi produk berguna sebagai kemasan baru untuk laptop Dell XPS 13 2-in1 dengan komposisi sampah plastik sebesar 25 persen. Dell ingin, aktivitasnya ini bisa mencegah 7,25 metrik ton plastik mencemari lingkungan. 

 “Inisiatif kemasan baru ini menunjukkan bahwa aplikasi bisnis global untuk menanggulangi sampah plastik laut yang memberikan hasil positif bagi bisnis kita dan planet ini ada dan nyata. Kami berharap dapat bekerja sama lintas industri untuk memberikan dampak yang lebih luas,” ujar Kevin Brown, Chief Supply Chain Offier Dell.

Dell akan memulai transisi penggunaan kemasan hasil daur ulang sampah plastik laut untuk laptop peraih penghargaan, XPS 13 2-in-1 mulai 30 April 2017. Dell juga akan memberikan informasi edukatif tentang kemasannya untuk meningkatkan kesadaran dan aksi global terkait solusi kesehatan ekosistem laut, fokus Dell yang sejalan dengan duta Social Good Advocate Dell, Adrian Grenier; dan Lonely Whale Foundation. Untuk membantu memastikan kemasan tersebut tidak kembali ke lautan, Dell akan membubuhkan cap simbol daur ulang nomor 2 pada setiap lembar kemasan, yang artinya lembaran tersebut masuk dalam kategori high-density polyethylene/HDPE (kategori yang umumnya dapat didaur ulang di banyak lokasi). Tim Packaging Dell mendesain dan mencari bahan untuk kemasan produk Dell yang lebih dari 93% berat kemasannya dapat didaur ulang sehingga kemasan tersebut dapat digunakan kembali sebagai bagian dari circular economy.

Proses supply chain sampah plastik laut ini terdiri dari beberapa tahapan: mitra-mitra Dell mencegah masuknya sampah plastik di sumbernya, yaitu perairan, garis pantai dan pesisir pantai sebelum sampah-sampah tersebut sampai ke lautan. Sampah-sampah bekas pakai tersebut lalu diproses dan dibersihkan, mencampur sampah-sampah plastik laut tersebut (25 persen) dengan plastik HDPE daur ulang lainnya (75 persen sisanya), seperti botol dan wadah penyimpanan makanan. Akhirnya, serpihan plastik daur ulang campuran tersebut dicetak menjadi lembaran kemasan baru yang kemudian dikapalkan untuk digunakan sebagai kemasan akhir produk-produk Dell dan dikirimkan ke pelanggan.

Program percontohan Dell ini – salah satu terobosan pertama di industri lingkungan hidup – merupakan hasil dari keberhasilan studi kelayakan yang diluncurkan pada bulan Maret 2016 di Haiti. Dell memiliki sejarah panjang dalam menggunakan bahan-bahan daur ulang yang berkelanjutan ke dalam produk-produk dan kemasan-kemasan mereka.

Tags: , , , ,


COMMENTS