October 25, 2017

Datacomm Cloud Business Raih Sertifikat ANSI/TIA-942:2017

Penulis: Karyo
Datacomm Cloud Business Raih Sertifikat ANSI/TIA-942:2017  

MOBITEKNO – Datacomm Cloud Business, unit bisnis PT Datacomm Diangraha yang menyediakan layanan cloud, baru saja memperoleh sertifikat ANSI/TIA-942:2017 untuk Pusat Datanya dari lembaga Enterprise Products Integration (EPI).

ANSI/TIA-942:2017 merupakan standarisasi Pusat Data dengan kualifikasi international. Adapun cakupan dari sertifikasi ini tidak hanya meliputi bidang Mechanical dan Electrical seperti sertifikasi Pusat Data lainnya, melainkan juga bidang Architecture dan Telecomunication. Pusat Data Datacomm dinyatakan telah memenuhi standard Rated 3 TIA-942:2017 untuk disain infrastruktur dan Datacenter Operation Standard level 4 (DCOS-Maturity 4 ) untuk manajemen operasionalnya.

Diperolehnya sertifikat ANSI/TIA-942:2017 ini membuktikan komitmen kuat Datacomm untuk meningkatkan keunggulan kompetitif, memberikan jaminan keamanan dan layanan terbaik bagi para pelanggannya. Sertifikat tersebut diberikan oleh EPI sebuah lembaga independen yang memberikan berbagai layanan Pusat Data dengan standar kelas dunia.

Menurut Hermen Rudolph, Direktur Datacomm Diangraha mengatakan bahwa sertifikasi ini merupakan langkah nyata kesiapan Datacomm untuk mendukung pengembangan infrastruktur digital di Indonesia dengan tingkat keamanan dan kehandalan yang tinggi. “Dengan sertifikasi ini memberikan jaminan ketersediaan layanan perusahaan dari sisi kehandalan fasilitas/infrastruktur maupun manajemen operasional Datacenter,” ujar Hermen di Jakarta, Selasa (24/10/2017)

Sementara itu, Jan Willem Mooren, Managing Director of EPI Malaysia mengatakan,  bahwa  Datacomm menjadi organisasi yang pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi DCOS. Datacomm telah menetapkan posisi sebagai pemimpin dalam peningkatan operasional data center.

DCOS menurut Willem, adalah merek global yang berkualitas dan setiap pelanggan yang menggunakan layanan outsourcing Pusat Data wajib meminta kepada penyedia layanannya untuk menyediakan merek yang berkualitas.

“Kami, EPI Certification sebagai Lembaga Sertifikasi (Certification Body) yang independen telah mengaudit banyak Pusat Data di seluruh dunia dan kami dengan senang hati memberikan penghargaan kepada Datacomm sertifikasi DCOS Maturity Level-4 karena Datacomm telah membuktikan di dalam proses operasional Pusat Data mereka telah memenuhi persyaratan ketat dari standar global tersebut. Oleh karena itu,  para pelanggan Datacomm dapat dipastikan telah menerima layanan kelas dunia," ujarnya seuasai menyerahkan sertifikasi kepada Datacomm di Jakarta, Selasa (24/10/2017).

Pada kesempatan yang sama Datacomm Cloud Business yang baru berulang tahun ke 2 pada 8 Oktober lalu juga mengumumkan  kerjasama colocation Pusat Data dengan PGASCOM yang tergabung dalam Datacomm Datacenter Federation (DDF). Datacomm Datacenter Federation menawarkan Pusat Data yang Distributed, Scalable, dan Fault Tolerant. Dilengkapi dengan fitur tambahan seperti High Capacity Connectivity ke Local Internet Exchange dan International Cloud Exchange Connectivity.

“Kami sangat gembira dengan kerja sama ini. Datacomm Cloud Business telah bekerja keras bersama dengan mitra bisnis strategis kami untuk mewujudkan kerjasama luar biasa ini sekaligus sebagai kado ulang tahun ke-2 bagi Datacomm Cloud Business. Kerja sama ini juga membuktikan komitmen Datacomm Cloud Business dalam memberikan layanan komputasi awan terbaik kepada para pelanggan kami,” kata Sutedjo Tjahjadi, Managing Director Datacomm Cloud Business.

Dengan adanya sertifikat tersebut menurut Sutedjo, Datacomm memantapkan kembali tekadnya untuk, pertama, memenuhi permintaan akan penyedia layanan komputasi awan lokal dengan standar internasional. Kedua, mendukung perekonomian digital Indonesia yang terus berkembang pesat seperti eCommerce, IoT, Fintech, on demand service dengan menawarkan berbagai layanan Cloud.

Hal tiu juga selaras serta mendukung Peraturan Pemerintah No 82 tahun 2012 yang mengatur bahwa penyedia layanan Cloud diharuskan memiliki Pusat Data dan Pusat Pemulihan Bencana yang berlokasi di Indonesia. Untuk itu, Datacomm telah membentuk Datacomm Datacenter Federation dengan lokasi Pusat Data di Jakarta, Bandung, dan Medan.

Tags: , ,


COMMENTS