July 25, 2017

Flagship Pertama Nokia Tahun Ini Dipastikan Meluncur 18 Agustus. Usung Optik Carl Zeiss?

Penulis: Iwan RS
Flagship Pertama Nokia Tahun Ini Dipastikan Meluncur 18 Agustus. Usung Optik Carl Zeiss?  

MOBITEKNO – Hampir semua vendor smartphone sudah meluncurkan produk flaghsip-nya. Sebut saja Samsung Galaxy S8/S8+, LG G6, Sony Xperia XZ Premium, Huawei P10/P10 Plus, HTC U11, Xiaomi Mi 6, dan terakhir OnePlus 5.

Nokia atau dalam hal ini HMD Global memilih jadwal datang belakangan dengan rencananya meluncurkan produk flaghsip pertamanya tahun ini. Kuat dugaan, produk tersebut adalah Nokia 8 yang informasi dan gamabr bocorannya sudah beredar selama beberapa bulan ini.

Kehadiran produk flagship dikonfirmasi setelah HMD mengirimkan undangan resmi ke beberapa media untuk menghadiri acara yang akan digelar 16 August di London. HMD tidak menjelaskan secara spesifik, produk apa yang akan diluncurkan nanti tapi hanya menyatakan bahwa mereka akan mengumumkan "next milestone for Nokia phones".

Sepenting apa produknya bagi Nokia/HMD tentu hanya bisa diduga-duga berdasarkan foto dan informasi yang bocor selams ini. Dugaan paling kuat adalah smartphone high-end besutan HMD Global (Nokia 8) akan dilengkapi dengan teknologi optik ZEISS sejak kedua pihak mengumumkan kerjasama eksklusif untuk menggarap teknologi imaging pada kamera smartphone.

Kerjasama HMD Global dan ZEISS mirip seperti kerjasama yang dilakukan produsen Tiongkok, Huawei dengan perusahan optik dan kamera asal Jerman, yaitu Leica pada awal 2016 lalu.

""

Smartphone flagship yang menajankan Androdi Nougat ini diharapkan akan diperkuat dengan prosesor Snapdragon 835, RAM 6/8 GB, internal storage 64/128 GB, layar 5,3 inci denganresolusi Quad HD (2560×1440 pixel).

Selain optik ZEISS, Nokia juga akan dibekali kamera ganda (dual camera) di sis belakang, masing-masingnya 13 MP, sensor sidik jari (fingerprint scanner), dan baterai 3.800 mAh. Opsi warna yang tersedia setidaknya ada tiga, yaitu blue (lihat gambar), silver, dan copper gold.

Selain Nokia 8, masih ada beberapa smartphone flagship yang akan meluncur sepanjang lima bulan tersisa tahun ini. Salah satunya adalah Lenovo Moto Z2 Force, Samsung Galaxy Note 8, LG V30, dan Apple iPhone 8.

Spesifikasi sementara Nokia 8:

  • Sistem operasi: Android 7.1.1 Nougat
  • Layar: OLED 5,3 inci (resolusi QHD)
  • Prosesor: Snapdragon 835, GPU Adreno 540 GPU
  • RAM: 6 GB/8 GB
  • Internal storage: 64 GB/128 GB
  • Kamera utama: Dual camera 13 MP (OIS, optik Zeiss, video 4K)
  • Lain-lain: iris scanner, fingerprint scanner
  • Material bodi: Unibody aluminium chassis (sertifikasi IP68)
  • baterai 3.800mAh (dukung Quick Charge)
     
Tags: , , , , , , ,


COMMENTS