April 25, 2017

Tampil di Indiegogo, Inikah Notebook Terkecil Saat Ini?

Penulis: Desmal Andi
Tampil di Indiegogo, Inikah Notebook Terkecil Saat Ini?  

MOBITEKNO – Beberapa tahun lalu sempat populer netbook, perangkat komputer jinjing yang ukurannya kompak, lebih kecil dari ukuran notebook. Ukuran netbook memang menjadi daya tarik para pengguna komputer saat itu. Bahkan, netbook sempat dikabarkan sebagai media pengganti notebook di masa depan. Namun, nasib berkata lain. Umur Netbook hanya sesaat saja, dan kini produk tersebut sudah tidak ada lagi di pasar komputer dunia.

Namun, baru-baru ini sebuah perusahaan asal Cina sepertinya ingin membawa kembali komputer mobile yang berukuran kecil. Melalui brand GPD Pocket, perangkat komputer yang bisa dikatakan "komputer saku" ini berukuran kecil. Tampil di Indiegogo, GPD Pocket sempat dipromosikan dan berhasil meraih lebih dari US$ 3 juta. GPD Pocket membawa sistem operasi Windows 10 di dalamnya.

Berbeda dengan netbook yang desainnya kaku, GPD Pocket justru diciptakan dengan bentuk yang modern. Perangkat ini dibekali dengan beragam port, seperti USB 3.0, port audio, USB type C, dan micro HDMI. Layarnya berukuran 7 inci saja.

Layaknya seperti notebook, GPD Pocket dibejali juga dengan trackpad kecil di sela-sela tombol keyboard. Karena ukurannya yang kecil, produk ini menggunakan prosesor dari Intel Atom. Sementara memorinya sendiri berkapasitas 8 GB RAM dan storage internal sebesar 128 GB. Spesifikasinya ini sudah cukup untuk menyimpan berbagai file kerjaan dan multimedia. Sayangnya, di Indiegogo produk ini sudah tidak dipromosikan lagi. Rencananya, GPD Pocket akan dikirimkan ke konsumen yang sudah memesannya di Indiegogo. Namun, belum ada informasi kapan produk ini dipasarkan secara luas setelah pengiriman tersebut.

Tags: , ,


COMMENTS