April 25, 2017

Pesan WhatsApp di iPhone Kini Dapat Dibaca Langsung oleh Siri

Penulis: Iwan RS
Pesan WhatsApp di iPhone Kini Dapat Dibaca Langsung oleh Siri  

MOBITEKNO – Tidak semua pengguna iPhone melakukan chating menggunakan aplikasi bawaan iOS, yaitu iMessage. Seperti juga di platform Android, aplikasi messaging WhatsApp cenderung lebih banyak digunakan (populer) oleh pengguna. Salah satu alasannya tentu saja karena dukungan WhatsApp untuk berbagai jenis platform (multi-platform).

Namun, pengguna WhatsApp di platform iOS (iPhone, iPad) mungkin harus menerima kenyataan bahwa asisten digital Siri tidak ‘melek’ dengan WhatsApp ketimbang aplikasi internal iMessage.

Maksudnya di sini, asisten Siri tidak dapat membacakan isi pesan yang diterima WhatsApp karena pengguna tidak dapat membacanya secara langsung. Pembacaan isi pesan WhatsApp oleh Siri diperlukan pada situasi dan kondisi tertentu. Misalnya, saat pengguna sedang mengemudikan mobil atau melakukan aktivitas lain yang membutuhkan perhatian khusus.

Untungnya, baik pihak Apple (pengembang Siri) maupun WhatsApp akhirnya menyadari kebutuhan pengguna tersebut. Terhitung sejak update WhatsApp terbaru (versi 2.17.2), Siri sudah dapat membaca isi pesan WhatsApp yang diterima.

Selanjutnya, melalui menu “Settings”, pengguna juag dapat mengatur agar asisten virtual tersebut bisa mengucapkan pesan WhastApp sesuai konfigurasi dan karakter suara yang diinginkan (akses, gender, dan bahasa).

Sayangnya fitur ini hanya tersedia bagi pengguna iOS 10.3 (atau lebih baru). Dengan demikian, pengguna yang hanya dapat meng-upgrade perangkatnya di bawah iOS 10.3 harus mencari solusi lainnya yang mungkin belum tersedia hingga saat ini.

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS