April 25, 2017

Layanan 4G LTE Milik XL Axiata Rambah Samarinda dan Balikpapan

Penulis: Eko Lannueardy
Layanan 4G LTE Milik XL Axiata Rambah Samarinda dan Balikpapan  

MOBITEKNO – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meluncurkan layanan 4G LTE (long term evolution) di Samarinda dan Balikpapan. Kedua kota besar di Kalimantan Timur tersebut memiliki potensi ekonomi yang besar.

Gubernur Kalimantan Timur, Drs. H. Awang Faroek Ishak, M.M, M.Si. dan Vice President (VP) XL Axiata North Region, Handono Warih meresmian komersialisasi layanan XL 4G LTE di Samarinda, Sabtu (22/4). 

Hadir juga dalam acara ini adalah Walikota Balikpapan, H.M Rizal Effendi, SE, Walikota Samarinda, Bapak H. Syaharie Jaang S.H.,M.Si. serta jajaran SKPD dan tokoh masyarakat setempat.

Lewat rilis yang masuk ke Mobitekno.com, Handono Warih menegaskan bahwa layanan internet cepat 4G LTE di Samarinda dan Balikpapan ini akan mendukung aktivitas masyarakat dan juga pelaku bisnis di kota tersebut.

"Fasilitas koneksi 4G LTE juga akan sangat membantu upaya pelaku bisnis meningkatkan daya saing produk ekonomi setempat di pasar yang lebih luas, sekaligus mengangkat potensi daerah," ujar Handono Warih.

Hadirnya layanan 4G LTE racikan XL Axiata ini juga bisa dimanfaatkan untuk menunjang layanan publik melalui e-government. Pelanggan dan masyarakat di kedua kota tersebut sudah bisa memanfaatkan layanan 4G sejak 23 Maret 2017 lalu.

Di Samarinda, area yang terjangkau layanan 4G pada tahap awal ini adalah Loa Janan Ilir, Palaran dan Sanga-sanga. Sementara, di Balikpapan meliputi area Klandasar Ulur, Mayjen Sutoyo, Jend Sudirman, Ruhui Rahayu, Soekarno Hatta, Baru Ulu, dan Syarifuddin Yoesa.

Total lebih dari 25 ribu pelanggan pelanggan di kedua kota tersebut, 50% di antaranya merupakan pelanggan aktif layanan data, dan telah menggunakan smartphone dengan spesifikasi 4G.

Trafik layanan data di kota ini dan juga di dua kota besar lainnya, yaitu Balikapapan dan Bontang juga terus meningkat secara signifikan.
 
Handono Warih juga meyakini, koneksi internet cepat 4G akan mampu membantu promosi pariwisata daerah ke tingkat nasional dan internasional. Apalagi, Kalimantan Timur memiliki potensi yang besar di bidang ini.

XL Axiata juga berencana terus menambah wilayah cakupan hingga ke sekitar 38 kota lainnya, terutama ibu kota provinsi dan ibu kota/kabupaten, serta kota-kota pusat bisnis di semua provinsi yang ada di kawasan itu.

Secara nasional, hingga memasuki kuartal kedua 2017, layanan 4G LTE dari XL telah melayani pelanggan XL di sekitar 100 kota di Indonesia. 

Sepanjang tahun 2017, XL Axiata dapat menggelar layanan 4G LTE di 330 kota di berbagai daerah, termasuk di Kalimantan Timur serta membangun sekitar 17 ribu BTS 4G di seluruh Indonesia.

Sementara itu, pelanggan 4G XL telah mencapai sekitar 14 juta atau 30% dari total jumlah pelanggan XL Axiata. Implementasi 4G LTE akan dilakukan secara bertahap dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat serta tingkat kesiapan ekosistem di setiap daerah.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS