March 25, 2017

Review Acer Chromebook 11 CB3-131: Minimalis, Ringan, dan Awet Baterai Berkat Chrome OS

Penulis: Maulana
Review Acer Chromebook 11 CB3-131: Minimalis, Ringan, dan Awet Baterai Berkat Chrome OS  

MOBITEKNO – Chromebook atau laptop yang berbasis Chrome OS mungkin masih belum banyak dipasarkan di Indonesia lantaran infrastruktur internet yang terbilang masih kurang memadai. Meski begitu, perlahan-lahan produsen laptop kini sudah mulai mendistribusikan produk Chromebook-nya ke Indonesia.

Acer Chromebook 11 CB3-131 adalah salah satu laptop ekonomis berbasis Chrome OS yang kini sudah ada di Indonesia. Ia dibekali dengan layar 11,6 inci, prosesor dual-core Intel Celeron Bay Trail N2840 dan RAM DDR3 berkapasitas 2 GB.

Melihat spesifikasi hardware yang dimilikinya, apakah Acer Chromebook 11 CB3-131 cukup ideal dan nyaman digunakan menjalankan berbagai aplikasi umum layaknya sebuah notebook Windows atau MacBook? Berikut review selengkapnya.

Kelengkapan

Berhubung Acer Chromebook 11 CB3-131 lebih diperuntukkan untuk pendidikan dan sektor commercial/project lainnya, Acer Indonesia tidak memasarkannya secara retail (satuan). Paket Acer Chromebook 11 yang diterima Mobitekno hanya berupa notebook, sleeve notebook standar, dan charger/adapter saja.

Apabila Anda tertarik melakukan pembelian Chromebook secara commercial/project, silakan menghubungi Contact Center 1500155 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Desain

Sebagai laptop kelas ekonomis, Acer Chromebook 11 CB3-131 datang dengan bodi berbahan polycarbonate yang dilapisi cat glossy. Walaupun material yang digunakannya biasa-biasa saja, Acer berhasil membalutnya dengan tekstur yang khas dibalik bodi berwarna putihnya sehingga nampak menawan. Terlebih, sisi luarnya yang tampil lebih mengkilap.

Mengusung layar 11,6 inci yang beresolusi 1.366 x 768 membuat dimensi keseluruhan perangkat ini tampil mungil. Bodi yang diusungnya pun tak begitu tebal, yakni hanya berkisar 1,1 Kg. Ini dikarenakan Acer Chromebook 11 CB3-131 tak memiliki optical drive dan tak menggunakan hard disk sebagai media penyimpanannya, melainkan memori flash 16 GB.

Interface laptop ini nampak begitu sederhana, pada sisi kiri terdapat sebuah port USB 3.0, HDMI dan card reader. Sementara pada sisi kanan terdapat sebuah port USB 2.0, port audio 3,5 mm, dan kesington lock. Dikarenakan tak menyertakan port ethernet, satu-satunya cara untuk bisa terkoneksi dengan internet adalah menggunakan Wi-Fi.

Agar tetap nyaman pada saat digunakan untuk mengetik, Acer Chromebook 11 CB3-131 mengusung keyboard chiclet dengan ukuran tuts yang cukup lebar. Begitu juga dengan dimensi touchpad yang ada pada sisi bawahnya. Dengan begitu, pengguna bisa bernavigasi dengan nyaman.

Di sisi lain, layout keyboard ‘QWERTY’ yang digunakannya pun terlihat lebih sederhana ketimbang laptop berbasis Windows atau Mac. Ini dikarenakan absennya beberapa tombol yang sering ditemui seperti F1 – F12, numlock, print screen, dan caps lock. Walaupun ada beberapa tombol yang absen, secara fungsionalitas, seluruh tombol yang ada pada Acer Chromebook 11 CB3-131 sudah bisa mewakilinya.

Fitur & Performa

Berbeda dengan laptop yang berbasis Windows maupun Mac, tampilan interface Acer Chromebook 11 CB3-131 jauh lebih sederhana. Ini dikarenakan konfigurasi awal dari Chrome OS hanya di-install aplikasi yang bersifat esensial bawaan dari Google.

Berbagai ikon aplikasi yang biasanya bertebaran pada Windows dan Mac pun tak terlihat pada Chrome OS. Ini membuat Anda bisa menikmati wallpaper yang terpasang tanpa harus melakukan berbagai konfigurasi untuk menghilangkan ikon yang biasanya tampil pada desktop.

Meski tampil sederhana, aplikasi bawaan yang sudah terinstall sudah cukup lengkap, seperti browser Chrome, YouTube, kalkulator, maps, Google Drive, Gmail, dan Keep. Sesuai dengan nama sistem operasinya, seluruh aplikasi yang terpasang sebenarnya hanya sebuah ekstension browser Chrome sehingga ketika dibuka, Anda akan terhubung pada server yang menyediakan aplikasi tersebut sebagai web service.

Media penyimpanannya memang kecil, yakni hanya 16 GB. Ini bisa Anda manfaatkan untuk menampung data sementara waktu ataupun data dari hasil download. Jika ingin menyimpan lebih, Anda bisa memanfaatkan Google Drive ataupun media penyimpanan eksternal berbasis USB seperti flash disk atau hard disk eksternal.

Google Now, asisten pribadi yang biasanya ada pada perangkat Android juga hadir pada Chromebook yang satu ini. Melalui fitur ini, Anda bisa melihat berapa lama perjalanan dari rumah ke kantor, informasi cuaca, dan lain-lain.

Soal performa, walaupun hanya dibekali dengan prosesor kelas bawah, dual-core Celeron N2480 berkecepatan 2,16 GHz dan RAM 2 GB, transisi antar menunya terasa sangat mulus. Bahkan, waktu loading dari awal dinyalakan hingga siap digunakan hanya memakan waktu tak sampai 30 detik. Ini dikarenakan hampir seluruh fitur dan layanan yang ada pada Chromebook sudah berbasis cloud.

Spesifikasi

Berikut ini merupakan spesifikasi lengkap Acer Chromebook 11 CB3-131:

Prosesor/CPU Intel Celeron N2840 (base 2.16 GHz, Burst 2.58 GHz)
RAM/Memori 2 GB DDR3L
 Layar 11.6 inci (1366 x 768 pixel, integrated camera)
 Media Storage Flash Memory 16 GB
Connectivity Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.0
Port 1 x USB 3.0, 1 x USB 2.0, HDMI, SD card-reader, headphone jack
Baterai  Li-Polymer 3 cell, 3.490 mAh
 Sistem Operasi Chrome OS
Dimensi 17,78 x 18,54 x 203,2 mm
Berat 1.1 kg
Lain-lain non-backlit keyboard, tersedia dalam warna   putih, Webcam 0.3 MP, HD Digital Mic

Dengan spsesifikasi yang ditawarkan, terlihat bahwa perangkat ini disasar untuk segmen menengah ke bawah yang membutuhkan laptop dengan harga terjangkau.

Kesimpulan

Dengan harga yang terjangkau dan disertai layanan lengkap dari Google, Acer Chromebook 11 CB3-131 cocok dijadikan alternatif laptop untuk anak sekolah, bahkan hingga kalangan professional sekalipun. Pasalnya, walaupun spesifikasinya terbilang terbatas, performanya cukup mumpuni.

Di sisi lain, bobotnya yang ringan, irit baterai dan waktu loading yang cepat juga menjadi nilai tambah tersendiri. Ini akan membuat pengguna yang memiliki mobilitas tinggi bisa membawanya dengan mudah dan menyalakannya dengan seketika tanpa harus menunggu lama.

Namun terlepas dari berbagai fitur dan kelebihan yang dimilikinya, karena hampir seluruh aplikasinya berbasis cloud dari browser Chrome, sebuah Chromebook tak akan bisa berfungsi sama sekali jika tak ada koneksi internet. Oleh karenanya, ada baiknya Anda mengecek ketersediaan dan keandalan koneksi internet sebelum memutuskan untuk memilikinya.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS