June 24, 2017

Intel Keluar dari Industri Single Board Computer

Penulis: Redaksi Mobitekno
Intel Keluar dari Industri Single Board Computer  

MOBITEKNO – Sebagai komputer yang berukuran mini, Arduino dan Raspberry Pi memang terbilang cukup sukses di pasaran. Tetapi tidak dengan produk serupa buatan Intel, Galileo, Joule, dan Edison.

Seperti yang dikutip dari NextPowerUp (21/06/17), Intel dikabarkan sudah tak lagi akan merilis sejumlah produk single board computer-nya, seperti Galileo, Joule, dan Edison. Hal ini ditunjukkan dengan batalnya peluncuran developer kit dari Recon Jet, proyek kacamata pintar buatan Intel.

Galileo, Joule, dan Edison sendiri tadinya direncanakan akan menjadi komponen utama dari proyek Recon Jet. Oleh karena itu, jika Recon Jet tak jadi diluncurkan, otomatis akan sejumlah lini produk single board buatan Intel juga tak akan diperbaharui lagi.

Akhir tahun 2017 mendatang, Intel juga sudah berencana untuk menghentikan pendistribusian perangkat Edison, Joule, maupun Galileo ke pasar secara global.

Diketahui, Intel Galileo sendiri diposisikan sebagai kompetitor Raspberry Pi. Sementara Edison memiliki ukuran yang lebih kecil dari Galileo, hanya sebesar memory card SD.

Berbeda dengan dua varian lainnya, Joule dirancang dengan spesifikasi hardware yang paling tinggi. Awalnya, produk ini rencananya dikembangkan untuk bisa dimanfaatkan sebagai perangkat yang powerful namun ukurannya sangat kecil.

Tags: , , , , ,


COMMENTS