April 24, 2017

Review TP-Link TL-WA820RE: Perkuat Jangkauan Wi-Fi dengan Setting Mudah

Penulis: Desmal Andi
Review TP-Link TL-WA820RE: Perkuat Jangkauan Wi-Fi dengan Setting Mudah  

MOBITEKNO – “Duh, Wi-Fi di ruang ini jelek nih!” Seringkali ungkapan seperti ini hadir di tengah-tengah pembicaraan atau diskusi dengan teman di kantor maupun di rumah. Atau, tidak jarang kita temui untuk mendapatkan signal Wi-Fi yang baik, para pengguna smartphone harus berpindah tempat, mendekati posisi Wi-Fi router berada. Hal ini tentunya membuat diskusi menjadi tidak nyaman.

Untuk kondisi-kondisi sperti tadi itulah TP-Link TP-WA820RE dihadirkan oleh TP-Link guna membantu banyak orang untuk melakukan koneksi ke jaringan Wi-Fi. TP-Link Wi-Fi USB Range extender ini bisa menjadi solusi saat signal Wi-Fi mengecil di sebuah ruangan karena posisinya sudah agak jauh dari Wi-Fi router berada.

Kehadiran perangkat kecil untuk memperkuaat signal Wi-Fi ini juga menjadi solusi bagi ruangan-ruangan di rumah maupun di kantor yang memiliki banyak tembok atau sekat. Dengan bentuk yang sederhana dan hanya memanfaatkan koneksi port USB, perangkat ini dapat digunakan dengan mudah. Settingnya juga tidak sulit sehingga dapat digunakan semua orang.

Kelengkapan

TP-Link WA820RE ini hadir dalam sebuah paket berbentuk kotak berwarna biru muda dengan warna kuning di bagian tutupnya. Kemasannya cukup ringkas sehinga dapat dipegang hanya dengan satu tangan. Apa saja yang ada di dalamnya? Berikut ini detailnya.

  1. Unit USB Wi-Fi Range Extender TP-WA820RE
  2. Buku petunjuk singkat
  3. Kartu garansi

Desain

Saat boks kemasannya dibuka, terlihat unit Wi-Fi Range Extender TP-WA820RE berwarna putih dengan bentuk yang ringkas. Ukurannya seperti USB modem yang sempat banyak beredar beberapa tahun lalu. Modelnya mengadopsi desain clampshell sehingga dapat dibuka dan ditekuk untuk menyesuaikan dengan perangkat yang dihubungkannya.

Dimensinya memang cuku kecil, yaitu 89,41 mm (panjang) x 36,6 mm (lebar), dan 14,3 mm (tebal). Jika dibuka, terdapat lampu indikator yang dapat menginformasikan kondisi kekuatan jaringan di tempat perangkat ini berada.

Di bagian sisi kiri dan kanan terdapat barisan lubang kecil-kecil yang berfungsi untuk aliran udara panas dari dalam perangkat ini. Tombol WPS/reset ada di posisi yang sama, menyatu dengan kisi-kisi udara.

Sementara itu, logo TP-Link berada di bagian atas sehingga mudah untuk dilihat. Karena bentuknya clampshell, maka perangkat ini bisa dibuka menjadi dua bagian. Hal ini berfungsi agar perangkat bisa menangkap signal Wi-Fi dengan lebih kuat karena posisi dua antena berada pada bagia yang fleksibel tersebut.

Dalam menggunakan perangkat ini, lihat lampu indikator yang menyala. Jika berwarna merah berarti perangkat cukup jauh dari Wi-Fi router sehingga sulit untuk mendapatkan signal Wi-Fi. Sementara jika berwarna biru, perangkat mengindikasikan sudah mendapatkan signal dengan baik sehingga dapat bekerja untuk menyebaarkan lagi signal Wi-Fi yang didapatnya.

Fitur & Performa

Untuk manfaat produk ini sudah jelas, yaitu memperkuat jangkauan signal Wi-Fi di sebuah bangunan. Jadi, jangkauan signal dari Wi-Fi router bisa diperluas lagi radiusnya. Hal ini tentu bisa membuat seluruh ruangan yang ada di bangunan tersebut bisa ter-cover signal Wi-Fi dengan baik.

Kemudahan sudah terlihat saat proses setting perangkat ini. Setelah melakukan reset melalui penekanan tombol “WPS/Reset” untuk memastikan perangkat dalam kondisi default, Anda tinggal menunggu hingga lampu indikator menyala stabil. Setelah itu, setting perangkat baru bisa dilakukan.

Setting perangkat ini bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui browser dan melalui aplikasi android bernama “TP-Link Theter”. Kedua opsi ini sama-sama mudahnya. Mobitekno sendiri melakukan setting melalui opsi browser.

Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah menghubungkan perangkat ke sumber daya yang memiliki port USB. Anda bisa menghubungkannya ke adapter AC-DC dengan port USB atau Power Bank. Asalkan memiliki tegangan keluar sebesar 5 Volt. Selebihnya, melalui notebook atau smartphone, koneksikan ke perangkat, Biasanya akan terdeteksi SSID dengan nama “TP-Link_Extender”. Selanjutnya, jika sudah terkoneksi, Anda bisa membuka Tplinkrepeater.net dari browser.  Berikan passwoer login untuk keamanannya. Dari situ, Anda tinggal mengikuti langkah-langkah yang ada.

Dari sini, Anda  juga bisa mengatur kekuatan pancaran perangkat TP-WA8210RE. Ada tiga opsi untuk daya pancaran perangkat, yaitu Minimun (Min), Midle (Mid), dan Maximum (Max). Sesuaikan saja dengan kebutuhan yang Anda inginkan.

Selain itu, dari setting ini juga bisa dilakukan proses filter terhadap perangkat-perangkat yang tidak Anda inginkan untuk terhubung ke jaringan. Anda bisa memblok sebuah perangkat, bisa notebook,  smaprtphone, atau lainnya. Jadi, walaupun telah mengetahui password Wi-Fi yang Ada, Admin tetap bisa memfilter untuk perangkat-perangkat yang masuk.

History juga bisa dilihat. Semua rekam jejak dari perangkat-perangkat yang terhubung atau melakukan usaha untuk terkoneksi ke jaringan bisa dilihat di sini dengan lengkap.

Performa

Seetelah melakukan setting dan mengaktifkan Wi-Fi Range Extender TP-WA820RE ini, kami ukur dengan sebuah aplikasi, ternyata kekuatan jaringan Wi-Fi memang bertambah sukup signifikan. Dengan demikian, melakukan hubungan ke Internet menjadi tanpa hambatan lagi.

Sebelum:

Sesudah:

Spesifikasi

USB Wi-Fi Range Extender TP-WA820RE didesain dengan ramping agar bisa menempatkan dua antena Wi-Fi di dalam eprangkat yang kecil. Namun, apa saja spesifikasi lengkap dari perangkat ini. Berikut ini kami jabarkan dalam tabel di bawah.

Spesifikasi hardware:

Plug Type USB
Standards and Protocols IEEE 802.11n, IEEE 802.11g, IEEE 802.11b
Interface None
Button Reset/WPS
Power Consumption 2.5W MAX
Antenna 2*external
Dimensions ( W x D x H ) 89.41*36.6*14.3mm

 

Spesifikasi Wireless:

Frequency 2.4GHz
Signal Rate 2.4GHz:Up to 300Mpbs
Reception Sensitivity “2.4GHz
11g 54M: -79dBm@10% PER
11n HT20 mcs7: -77dBm@10% PER
11n HT40 mcs7: -74dBm@10% PER”
Transmit Power <18dBm
Wireless Modes Range Extender
Wireless Functions Power Schedule
Access Control
LED Control
Wi-Fi Coverage”
Wireless Security 64/128-bit WEP
WPA-PSK / WPA2-PSK”

Kesimpulan

Dengan perangkat TP-Link TP-WA820RE, kesulitan mendapatkan signal Wi-Fi I sebuah ruangan bisa diselesaikan dengan mudah. Apalagi perangkat ini bisa diatur dengan mudah. Bahkan, untuk sumber daya pun bisa melalui perangkat Power Bank.

Bentuknya yang ramping menjadi kemudahan tersendiri untuk menempatkan perangkat ini agar jaringan Wi-Fi bisa diperkuat. Perangkat ini tidak membutuhkan ruang yang besar untuk digunakan. Selain itu, jika diinginkan, saat diskusi telah selesai, perangkat ini bisa dilepas dengan mudah dan dipindahkan ke tempat lain yang Anda inginkan.

Menu settingnya juga mudah. Bahkan,terdapat juga aplikasi di smartphone yang akan membantu pengaaturan perangkat ini. Layaknya sebuah router, perangkat ini juga memiliki kemampuan filter, whitelist, blacklist, mengatur kekuatan pancaran signal Wi-Fi, hingga pengaturan lampu LED agar bisa digunakan dengan lebih nyaman .

Tags: , , , ,


COMMENTS