April 24, 2017

Kolaborasi Berlanjut, Samsung dan Qualcomm Sepakat Pasangkan Snapdragon 845 dengan Galaxy S9

Penulis: Iwan RS
Kolaborasi Berlanjut, Samsung dan Qualcomm Sepakat Pasangkan Snapdragon 845 dengan Galaxy S9  

MOBITEKNO – Samsung Electronics dan Qualcomm yang merupakan mitra pemasok chip/prosesornya untuk seri Galaxy S8, sudah mulai menatap ke depan. Menurut The Investor yang mengutip laporan Aju Business Daily, keduanya telah siap bekerjasama untuk mengembangkan dan memproduksi chip generasi mendatang, Snapdragon 845 yang akan digunakan pada Galaxy S9.

Sebelumnya, Samsung dan Qualcomm telah bekerjasama dalam proses manufaktur prosesor Snapdragon 835 yang digunakan untuk Galaxy S8/S8+. Snapdragon 835 merupakan prosesor smartphone pertama yang diproduksi dengan teknologi proses Samsung FinFET 10 nm.

Seperti diketahui, selain menggunakan Snapdragon 845, Samsung kemungkinan besar juga akan mengembangkan prosesor penerus Exynos 9 yang digunakan untuk Galaxy S8/S8+.

Seperti apa nantinya fitur baru dan peningkatan performa yang akan diusung Snapdragon 845 atau Exynos untuk Galaxy S9 dibandingkan prosesor terdahulu belum diungkap secara resmi oleh keduanya.

Kabar terakhir yang bisa dijadikan pegangan adalah seputar teknologi proses 7 nm yang mungkin diadopsi Samsung untuk produksi chip. Sejauh ini, Samsung, melalui divisi Samsung LSI diketahui sudah melakukan pengujian produksi chip dengan proses 7 nm dan berencana memulai produksi massal di awal 2018.

Menurut beberapa pengamat, prosesor smartphone (mobile) generasi mendatang akan lebih banyak berfokus pada peningkatan performa dan fitur yang berkaitan dengan aspek AI/machine learning, video call/recording, VR (Virtual Reality), dan AR (Augmented Reality).

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES