February 24, 2017

Review D-Link DCS-5222L: Kamera Pemantau 24 Jam Berkualitas HD

Penulis: Maulana
Review D-Link DCS-5222L: Kamera Pemantau 24 Jam Berkualitas HD  

MOBITEKNO – Selain menggunakan kamera CCTV (Closed-circuit television), memantau keadaan rumah atau kantor juga bisa dilakukan dengan cara memasang IP Camera. Bukan cuma lebih murah, instalasinya pun lebih mudah ketimbang kamera berjenis CCTV. Pasalnya, tidak banyak komponen yang dibutuhkan jika ingin memasang IP Camera.

Kali ini, Mobitekno kedatangan salah satu produk IP/Cloud Camera kelas menengah dari produsen perangkat jaringan , D-Link. Berbekal sebuah kamera 1/4” MP dengan sensor CMOS, D-Link DCS-5222L mampu menangkap gambar dengan resolusi HD (720p).

Fitur lainnya adalah bisa diakses dimana pun dan kapan pun melalui smartphone dengan menggunakan sebuah aplikasi mobile (mendukung Android dan iOS). Apalagi fitur menarik yang dimiliki Cloud/IP Camera tersebut? Berikut review D-Link DCS-5222L selengkapnya.

10451d692c

Kelengkapan

Agar bisa diletakkan di sudut tembok dan berputar ke berbagai sisi, D-Link DCS-5222L dilengkapi dengan berbagai mounting kit pada paket penjualannya.

Berikut paket penjualan D-Link DCS-5222L selengkapnya.

  • Unit D-Link DCS-5222L
  • Kabel ethernet
  • Mounting kit
  • Power adaptor
  • Kabel audio in/out
  • Manual
  • Driver Disc

103859a59b

10446b6f49

Desain

Layaknya IP Camera pada umumnya, D-Link DCS-5222L datang dengan bentuk bodi bulat yang didominasi dengan warna putih pada bagian bawah dan hitam pada bagian atas. Bodinya sendiri terdiri dari dua bagian yang terpisah sehingga kameranya bisa berputar hingga 340 derajat ke segala sisi, atas, bawah, kiri, dan kanan.

Agar bisa menangkap gambar pada saat kondisi ruangan sangat gelap sekalipun, kamera 1/4” MP dengan sensor CMOS yang terdapat pada sisi atasnya dilengkapi empat buah lampu infrared. Semua lampu tersebut akan aktif secara otomatis ketika kamera tak mendapatkan cahaya yang cukup untuk bisa menangkap gambar dengan normal.

103938b6f2

1040854906

Beralih ke sisi belakang, IP Camera ini dilengkapi dengan sebuah port power, reset dan audio in/out yang bisa disambungkan dengan speaker dan mic. Tak ketinggalan, port ethernet juga ada agar bisa terkoneksi dengan router melalui kabel.

Selain melalui kabel, Anda juga bisa menghubungkan D-Link DCS-5222L melalui koneksi nirkabel melalui Wi-Fi. Oleh karenanya, pada sisi samping kirinya terdapat sebuah antena supaya perangkat ini bisa menangkap sinyal Wi-Fi dengan baik. Untuk memudahkan instalasi saat ingin mengoneksikannya melalui Wi-Fi, tepat di bawah antenanya juga terdapat tombol WPS.

10414c05d4

1042b46305

Untuk menyimpan hasil foto gambar yang ditangkap dari kamera, D-Link DCS-5222L pun dibekali dengan sebuah slot microSD yang terletak pada bagian samping kiri. Maksimal, Anda bisa menyematkan microSD berkapasitas hingga 32 GB. Jika terasa kurang, Anda bisa mengarahkan media penyimpanan lain yang terhubung pada jaringan yang sama, misalnya PC server atau Network Attached Storage (NAS).

Walaupun bodinya tidak begitu besar, D-Link masih dapat menyematkan sebuah speaker pada IP Camera yang satu ini. Oleh karenanya, sisi samping kanannya terdapat lubang speaker agar suara yang dihasilkan bisa terdengar dengan jelas saat melakukan pembicaraan dua arah (two-way audio).

Fitur & Performa

Sebagai kamera pemantau yang memiliki alamat IP dan bisa terhubung dengan internet (cloud) melalui router, D-Link DCS-5222L datang dengan memiliki fitur Live Video yang bisa diakses dari mana saja dan kapan saja secara realtime.

Apabila ada sudut ruangan yang tidak terjangkau oleh kamera setelah dipasang, Anda bisa memutarnya secara otomatis melalui control panel yang bisa diakses dengan menggunakan browser (atau melalui aplikasi mobile). Ini artinya, Anda dapat memutarnya ke atas, bawah, kiri, kanan, atau arah lainnya dari jarak jauh. Melakukan digital zoom 10 kali juga bisa dilakukan dengan mudah.

10498b17e8

104731fee2

Fitur yang menarik lainnya adalah hadirnya 2-way audio communication. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan komunikasi dua arah dengan orang yang sedang ada di ruangan. Ini didukung dengan adanya mic dan speaker yang tertanam di dalam kamera.

Apabila satu kamera tidak cukup untuk menjangkau seluruh bagian ruangan rumah atau kantor, Anda bisa menggabungkan gambar dari beberapa kamera D-Link lainnya melalui aplikasi D-ViewCam. Aplikasi ini sendiri bisa mendukung hingga 32 kamera sekaligus. Dengan kemampuannya memantau kamera sebanyak ini, bukan hanya di rumah, aplikasi ini juga dapat diimplemetasikan untuk memantau kantor atau apartemen.

1053a9c31a

10544a11a1

105562912f

Berkat adanya aplikasi mobile mydlink yang bisa di-download secara gratis melalui toko aplikasi, berbagai fitur yang ada tak cuma bisa dinikmati melalui desktop PC, tetapi juga gadget berbasis Android, iOS, maupun Windows Phone.

Soal kualitas tangkapan gambar, kamera beresolusi 1/4” MP yang dibekali dengan sensor CMOS tersebut mampu menampilkan hasil gambar yang cukup jernih, begitu juga pada saat kondisi cahaya rendah. Pengguna juga diizinkan ingin memilih resolusi output video, dari Standard Definition (SD) hingga High Definition (HD). Sayangnya, resolusi kamera yang terbilang sangat kecil membuat respon terhadap objek yang bergerak dengan cepat terasa kurang optimal (responsif).

1051c5aae1

10485fa322

Spesifikasi

Dukungan aplikasi Android, iOS
Jenis sensor 1/4 inci CMOS
Sudut pandang (viewing angle) Horizontal 70 derajat, Vertikal 53 derajat, Diagonal 92 derajat
Resolusi output video 1280 x 720, 800 x 448, 640 x 360, 480 x 272, 320 x 176
Format video H.264/MJPEG
Format audio G.711, AAC
Digital zoom Hngga 10x
Konektivitas Wi-FI802.11 n/g/b, 10/100 BASE-TX Fast Ethernet
Storage MicroSD
Protokol jaringan (network protocol) IPv6, IPv4, TCP/IP, UDP, ICMP, DHCP client, NTP client (D-Link), DNS client, DDNS client (D-Link), SMTP client, FTP client , HTTP / HTTPS, Samba client, PPPoE, UPnP port forwarding, RTP / RTSP/ RTCP, IP filtering, QoS, CoS, Multicast, IGMP, ONVIF compliant
Dimensi 120 x 103.2 x 130 mm
Bobot 340 gram
Power input Input: 5 V DC, 2.5 A

Kesimpulan

Berbekal kamera beresolusi 1/4” MP, D-Link DCS-5222L bisa menampilkan gambar yang cukup jernih dan detail. Kamera ini bahkan dibekali fitur Night vision untuk melihat dalam kondisi gelap (hingga jarak hampir 8 meter) serta fungsi pendeteksi suara dan gerakan. Sayangnya, noise pada gambar/video masih cukup nyata terlihat, begitu pula dengan responnya yang belum optimal saat mendeteksi objek yang bergerak dengan cepat.

Meski demikian, mobile apps mydlink dari D-Link (tersedia di Android dan iOS) sangat berguna bagi pengguna melakukan remote viewwing, serta mengakomodir kebutuhan pengguna dalam mengakses fungsi-fungsi yang ada padanya. Jadi, selain bisa diakses melalui desktop PC atau notebook, pengguna dapat mengontrol IP camera ini melalui smartphone atau tablet.

Kemudahan dalam instalasi awal juga menjadi nilai tambah tersendiri, terlebih bagi Anda yang baru pertama kali memasang IP Camera. Tak perlu menggunakan aplikasi tambahan dan lain-lain, D-Link DCS-5222L bisa langsung terhubung dengan jaringan yang ada, baik melalui kabel maupun nirkabel (wireless).

Tags: , , , ,


COMMENTS