February 24, 2017

812 Superfast, V12 Berlinetta Terbaru Garapan Ferrari

Penulis: Eko Lannueardy
812 Superfast, V12 Berlinetta Terbaru Garapan Ferrari  

MOBITEKNO – Ferrari telah memilih Geneva International Motor ke-87 untuk memperkenalkan 12-cylinder Berlinetta terbaru pada dunia, 812 Superfast. Tak hanya membawa banyak fitur inovatif, kendaraan premium ini juga sudah dilengkapi seri mesin V12.

Didukung dengan mesin 6.5-litre V12 baru yang melepaskan 800 cv, juga menjadikan 812 Superfast sebagai tolok ukur terkini pada segmen mobil sport bermesin tengah-depan dengan kekuatan maksimal 8.500 rpm.

Kekuatan mesin juga ditopang dengan suara knalpot penuh dan kaya yang memanfaatkan pengaruh akustik yang dihasilkan. Torsi maksimum 718 Nm @ 7,000 rpm, angka 80% signifikan yang telah tersedia di angka 3,500 rpm, meningkatkan kemampuan kemudi, bahkan pada revs rendah.

Tingkat performa ini dicapai dengan mengadopsi sistem injeksi langsung 350 bar untuk pertama kali pada mesin berperforma tinggi dan memasangkannya dengan saluran intake geometri variabel yang secara konseptual diturunkan dari mesin-mesin F1 yang diembus secara alami.

Transmisi dual-clutch 812 Superfast memiliki rasio roda gigi yang spesifik yang dikombinasikan dengan waktu perpindahan naik-turun antara roda gigi yang lebih pendek, lebih jauh mempertajam respon throttle.

812 Superfast juga merupakan kendaraan Ferrari pertama yang menggunakan EPS (Electric Power Steering) dan sepenuhnya memanfaatkan potensi performa mobil yang juga dipadukan dengan kontrol dinamika kendaraan elektronik, termasuk versi 5.0 Side Slip Control (SSC).

Untuk pertama kalinya, kendali kendaraan juga mempunyai fitur Virtual Short Wheelbase 2.0. Dukungan beragam fitur evolusi software modern juga meningkatkan kegesitan pengoperasiaan dan lebih mengurangi waktu respon kendaraan.

Dirancang oleh Ferrari Styling Centre, 812 Superfast yang baru juga mengubah bahasa formal V12 Ferrari front-engine, menggaris-bawahi performa mobil yang luar biasa dengan garis-garis yang sporty dan berproporsi.

Terlihat pada siluetnya, 812 Superfast juga memiliki fastback yang mulus. Rancangan dua-kotak dengan ekor tinggi juga mengingatkan para pecinta Ferrari dengan 365 GTB4 yang berjaya di tahun 1969.

"" 

Lampu sorot full-LED yang dipadukan dengan rancangan asupan udara yang sudah dibentuk pada kap mesin, juga menekankan bahwa otot depan terpadu apik dengan lengkungan roda depan.

Di bagian belakang, empat lampu ekor bundar terinspirasi dari tradisi Ferrari yang menekankan rancangan dibentuk di sekitar garis horisontal. Hal ini menjadikan spoiler dan kabin 812 Superfast lebih luas serta visual yang kokoh sangat terlihat jelas.

Seperti Ferrari lainnya, style dan fungsi aerodinamika secara sempurna terintegrasi guna memproduksi solusi serta bentuk yang inovatif. 812 Superfast hadir dengan warna khusus, yakni Rosso Settanta yang juga menandai ulang tahun Ferrai ke-70.

Soal interior, Ferrari menghadirkan kabin 812 Superfast lebih sporty dan radikal dengan beragam elemen utama yang tampak ringan. Dash loops berbentuk horisontal dipasang penuh gaya di sekeliling ventilasi udara sentral untuk tampilan yang memiliki seni tinggi.

Kursi baru yang lebih sporty dan ergonomis bersama dengan HMI baru, termasuk roda kemudi baru dan kelompok instrumen serta infotainment terkini dan unit air-conditioning juga turut disematkan secara utuh ke dalam 812 Superfast.

Tags: , , , , ,


COMMENTS