September 23, 2017

Sertakan VR 360 Player, Browser Opera Permudah Pengguna Headset VR Akses Konten Video 360

Penulis: Iwan RS
Sertakan VR 360 Player, Browser Opera Permudah Pengguna Headset VR Akses Konten Video 360  

MOBITEKNO – Konten yang lebih realistis kini dapat dinikmati melalui teknologi VR (Virtual Reality). Di samping itu, hadirnya pula teknologi format video baru, yakni video 360 derajat yang membawa misi yang tidah jauh berbeda (menghadirkan efek realistis) bagi pengguna dalam mengakses konten.

Inilah yang mendorong Opera untuk menyatukan kedua teknologi ini dalam browser mereka. Menurut prediksi Andrzej Czarnecki, Product Manager Opera, kedua tren yang bakal mengubah pengguna dalam mengakses berbagai konten selamanya.

Penggabungan kedua teknologi ini diwujudkan Opera dengan menghadirkan fitur video 360 player langsung ke dalam browser mereka. Dengan demikian, Opera (versi Developer 49) bisa dikatakan menjadi browser pertama (di Linux, Mac OS, Windows) yang dapat memutar video 360 derajat secara langsung tanpa penambahan plugin atau add-on khusus.

Hadirnya dukungan video 360 langsung dalam browser Opera juga membuat pengguna headset VR (Galaxy GearVR, Oculus Rift, HTC Vive, dan lainnya) lebih mudah mengakses berbagai konten video 360 derajat di berbagai portal video, seperti di YouTube dan Facebook.

Sebelumnya, pengguna harus men-download video 360 tersebut dan menjalankan aplikasi player khusus (terpisah) agar dapat memutar konten tersebut. Metode ini tentu saja kurang praktis dan cenderung memboroskan bandwith. Kini, cukup dengan mengaksesnya melalui browser Opera, player Video 360 bawaan (internal) Opera langsung memutarnya dan pengguna dapat l;angsung melihatnya di headset VR.

Opera juga menambahkan bahwa fungsi playback pada player internal terbaru ini juga bukan hanya mendukung video 360 derajat tapi juga video 2D atau video 180 derajat yang ada selama ini. Jadi apapun jenis videonya, pengguna headset VR dapat langsung menikmatinya.

Opera tidak berhenti sampai disini. Setelah hadirnya VR 360 Player ini, browsernya akan dikembangkan lebih lanjut agar dapat menghadirkan pengalaman (experience) VR yang menyeluruh dan mendalam bagi pengguna.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS