September 23, 2017

Hak Siar Liga Primer Diincar Amazon dan Facebook, Klub Inggris Bakal Semakin Kaya

Penulis: Iwan RS
Hak Siar Liga Primer Diincar Amazon dan Facebook, Klub Inggris Bakal Semakin Kaya  

MOBITEKNO – Perusahaan teknologi, seperti Amazon dan Facebook diketahui menaruh minat mendapatkan hak siar Liga Primer (Premier League) Inggris, meski hanya mencakup hak siar di kawasan Inggris dan Eropa.

Setidaknya, begitulah padangan Ed Woodward yang menjabat sebagai Vice Chairman di klub sepak bola Manchester United. Perkataan Woodward ini berdekatan dengan semakin dekatnya kompetisi liga terkaya di dunia ini dalam melelang (menawarkan) hak siar pertandingan Liga Primer untuk periode 2019-2022. Adapun hak siar untuk konsumen domestik rencananya akan dilelang di awal 2018.

Saat ini, hak untuk menyiarkan semua pertandingan liga Inggris ini dipegang oleh jaringan TV berbayar Sky dan BT. Keduanya secara kolektif telah mengeluarkan dana sebesar US$ 6,8 miliar untuk hak siar Liga Primer Inggris selama tiga tahun. Selama periode 2016-2019, hak siar di luar Inggris sendiri diketahui telah memberi pemasukan lebih dari US$ 4 miliar.

Apabila kabar yang dilontarkan Ed Woodward ini menjadi kenyataan, dampak positifnya sudah pasti akan dirasakan klub-klub besar di Liga Inggris, seperti Manchester United. Klub yang sudah 20 kali meraih gelar juara Liga Primer ini tercatat sukses meraih pendapatan sekitar US$ 695 juta dari penjualan iklan, hak siar, dan tiket selama musim kompetisi 2015/16.

Salah satu indikasi ketertarikan Amazon dalam siaran olahraga adalah saat mereka menjadi mitra online streaming partner liga NFL di AS menggantikan Twitter. Di samping NFL, Amazon juga diketahui telah membeli hak siar pertandingan tenis ATP World Tour.

Baik Facebook atau Amazon sejauh ini belum membuat pernyataan resmi terkait kabar ketertarikan mereka untuk membeli hak siar Liga Primer Inggris. Meskipun, Facebook sudah menyatakan rencananya mengimplementasikan siaran langsung pertandinan olahraga pada platformnya di masa mendatang.

 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES