September 23, 2017

Duo iPhone 8 Terbaru Disebut DxOMark Usung Kamera Smartphone Terbaik

Penulis: Iwan RS
Duo iPhone 8 Terbaru Disebut DxOMark Usung Kamera Smartphone Terbaik  

MOBITEKNO – Setuju atau tidak, DxOMark yang kerap menjadi acuan konsumen mobile photography dalam memilih kamera terbaik pada smartphone baru saja memberikan penilaian sangat positif bagi dua iPhone terbaru yang baru saja diluncurkan Apple bulan September ini.

Bukan hanya positif, baik iPhone 8 dan iPhone 8 langsung dinilai oleh DxOMark menjadi smartphone dengan kamera terbaik yang selama ini diuji oleh mereka. 

Gelar smartphone dengan kamera terbaik bagi iPhone 8 dan iPhone 8 Plus ini bisa menjadi pendorong siginifikan bagi Apple untuk menarik konsumen membeli iPhone yang disebut-sebut paling mahal dari produk iPhone yang selama ini diluncurkan.

Penilaian ini penting bagi Apple karena selama ini ada dugaaan bahwa konsumen setia iPhone banyak yang masih ‘menahan diri’ untuk menunggu hadirnya seri iPhone paling pamungkas, yakni iPhone X.

Sebelum iPhone 8 dan iPhone 8 Plus diluncurkan, ada dua smartphone yang selam ini mendapat gelar samrtphoen dengan kamera terbaik, yaitu Google Pixel dan HTC U11. Keduanya sama-sama mendapat penilaian (skor) DxOMark Mobile sebesar 90 poin.

Kini, dengan meneapkan protokol baru yang mengikutsertakan aspek zoom, bokeh, low light performance, dan lain-lainnya, peringkat DxOMark Mobile juga mengalami perubahan penilaian dengan hadirnya duo iPhone 8 terbaru tersebut (iPhone 8 dan 8 Plus).

Baik iPhone 8 Plus dan iPhone 8 berturut-turut mendapat penilaian skor DxOMark Mobile sebesar 94 dan 92. Khusus iPhone 8 Plus dengan dual camera-nya, skor DxOMark Mobile 94 diperolehnya dari skor DxOMark Mobile Photo sebesar 96 poin dan skor DxOMark Mobile Video sebesar 89 poin.

""

""

""

Sebagai catatan, skor DxOMark Mobile Video tertinggi saat ini masih tetap dipegang oleh smartphone Google Pixel dengan skor 91 poin.  Pada penilaian hasil foto (DxOMark Mobile Photo), Pixel juga tidak kalah dalam semua aspek. Misalnya aspek Exposure, Contrast, Color, dan AutoFocus yang pada Pixel masih dinilai DxOMark sebagai yang terbaik (lihat grafik skor penilaian).

Mengingat protokol baru DxOMark Mobile kini sudah mengikutsertakan penilaian aspek baru, seperti fitur zoom dan bokeh, sudah sepantasnya kamera iPhone 8 Plus akan lebih unggul dari kamera Google Pixel.

Sebagai informasi, iPhone 8 Plus datang dengan kamera utama ganda (dual rear camera) dengan kombinasi lensa/main camera 12MP (wide-angle)  dengan BSI sensor dan aperture f/1.8) dan lensa telephoto 12 MP (aperture f/2.8). Kameranya sudah didukung fitur optical zoom (digital zoom hingga 10x) dan OIS  pada main camera.

Adapun iPhone 8 dilengkapi dengan kamera utama 12MP (wide-angle) yang juag dilengkapi dengan BSI sensor, aperture f/1.8 lens, dan OIS (Optical Image Stabilization).

Peringkat DxOMark Mobile terbaru ini mungkin tidak akan berlangsung lama. Perubahan bakal terjadi mengingat iPhone X, flagship iPhone tertinggi dari Apple, Galaxy Note 8, atau bahkan Huawei Mate 10 telah diuji oleh DxOMark.

 

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS