March 23, 2017

Yuk! Berbagi Perjalanan dan Lokasi ​Real-Time dengan Google Maps

Penulis: Eko Lannueardy
Yuk! Berbagi Perjalanan dan Lokasi ​Real-Time dengan Google Maps  

MOBITEKNO – Sebentar lagi pengguna Google Maps di seluruh dunia akan semakin dimudahkan dengan adanya fitur baru yang dihadirkan, yakni sebuah fitur yang dapat berbagi lokasi secara real-time dengan orang-orang terdekat dan mereka akan dengan mudah melihat lokasi Anda di Android, iPhone, mobile web bahkan di desktop.

Lalu bagaimana fitur baru yang dihadirkan oleh Google ini dapat bekerja? Kapanpun Anda ingin memberi tahu dimana Anda berada kepada seseorang, cukup buka pilihan menu yang terletak di samping atau tap lingkarang kecil berwarna biru yang menunjukkan keberdaan Anda. Selanjutnya, tap "Share Location" lalu pilih orang yang akan Anda bagikan lokasi.

Tak hanya itu, Anda juga dapat mengatur berapa lama durasi waktu berbagi lokasi dengan sangat mudah. Anda pun telah siap berbagi lokasi real-time dengan Google Contacts atau keluarga dan kerabat lainnya dengan mengirim tautan ke aplikasi chatting favorit. Ketika Anda membagikan lokasi kepada orang yang telah dipilih, mereka dapat langsung melihat lokasi secara real-time di Google Maps.

"" "" ""

Bagaimana cara mengetahuinya? Pada layar akan tampil sebuah ikon di atas kompas yang akan mengingatkan bahwa Anda sedang aktif berbagi lokasi dengan orang lain. Selain itu, Anda juga dapat mengatur kapan harus berhenti berbagi lokasi dan semua itu sangat mudah dilakukan hanya lewat ketukan jari.

Jika suatu ketika Anda sedang berada di perjalanan atau Anda terlambat datang ke tempat tujuan, Anda dapat membagikan lokasi real-time dan trip progress. Selama perjalanan berikutnya, ketuk pilihan "More" yang berada di bawah layar navigasi, dan kemudian pilih opsi "Share Trip".

Saat Anda mengaktifkan fitur ini, orang yang Anda bagikan dapat melihat perkiraan kapan Anda akan tiba di lokasi serta mereka juga dapat memantau perjalanan Anda selagi berjalan ke destinasi tujuan dan sampai akhirnya Anda akhirnya tiba, fitur ini akan berhenti secara otomatis.

Penasaran kapan fitur ini dihadirkan oleh Google? Location Sharing di Google Maps akan diluncurkan di seluruh dunia tak lama lagi. Lewat fitur ini, Anda akan dapat dengan cepat memberitahukan lokasi Anda kepada teman dekat dan kapan Anda akan tiba. Dengan begitu, Anda tak lagi akan direpotkan oleh pertanyaan "Sedang dimana kamu saat ini?".


 

Tags: , , , , ,


COMMENTS