February 23, 2017

Markas Baru Apple Berdesain Piring Terbang Hampir Kelar. Nama Resminya ‘Apple Park’

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Markas Baru Apple Berdesain Piring Terbang Hampir Kelar. Nama Resminya ‘Apple Park’  

MOBITEKNO – Kantor pusat yang dikenal dengan sebutan Apple Campus akan segera memiliki 'kampus' baru lainnnya yang lebih luas dan berdesain lebih futuristik (neo-futurism). Apple Campus 2, demikian sebutan awal gedung baru Apple tersebut selanjutnya akan menyandang nama resmi Apple Park. 

Berlokasi satu mil dari Apple Campus pertama di kota Cupertino, California, Apple Park akan menempati lahan dengan luas 175 acre (sekitar 72 hektare) dengan gedung yang dapat menampung sekitar 12 ribu karyawan Apple.

Rencananya, Apple Park yang proses pembangunannya sudah masuk tahap final akan dibuka tahun ini juga. Adapun proses pemindahan para karyawan yang memakan waktu sekitar 6 bulan akan dimulai pada bulan April ini.

Konsep gedung Apple Park, seperti juga Apple Campus pertama, akan mengikuti konsep gedung universitas yang dibangun mengelilingi area hijau yang berfungsi seperti sebuah taman kota besar.

""

Aula atau gedung pertemuan yang juga bundar dan berlokasi di Apple Park ini akan diberi nama 'Steve Jobs Theater' untuk menghormati mendiang Steve Jobs.

Apple Park yang pembangunannya memakan biaya US$ 5 miliar (sekitar Rp 67 triliun) juga memiliki teater (gedung) multi-fungsi yang akan digunakan sebagai tempat peluncuran berbagai produk Apple di masa mendatang.

Gedung teater yang berlokasi di Apple Park ini juga akan mendapat diberi nama spesial oleh Apple, yaitu "Steve Jobs Theater". Semua tentu sepakat bahwa pemberian nama ini dipilih untuk menghormati mendiang CEO-nya yang sayangnya wafat pada 2011 lalu sebelum sempat merasakan megahnya gedung Apple Park.

Menurut Apple, gedung Apple Park sudah dirancang agar sangat efisien dalam penggunaan energi. Bukkan hanya efisien, pasokan energi untuk Apple Park sepenuhnya akan mengandalkan energi terbarukan (renewable energy).

Jony Ive, salah satu petinggi Apple, dalam pernyataan resminya menyatakan, "Steve sudah mencurahkan banyak energinya dalam membuat dan mendukung terciptanya lingkungan yang kreatif. Kami telah melakukan pendekatan desain dan teknis pada kampus baru ini dengan antusiasme dan prinsip yang sama dalam membuat produk kami."

Lain Jony Ive, lain pula Tim Cook, CEO Apple. Tim menyatakan bahwa visi Steve Jobs untuk Apple amatlah jauh ke depan melebihi masa hidupnya. Steve Jobs berharap Apple Park akan menjadi rumah inovasi bagi generasi saat ini dan mendatang.

Tags: , , , ,


COMMENTS