November 22, 2017

Saat Momen Debut Semi Truck, Tesla Sisipkan Bocoran Mobil Sport Elektrik

Penulis: Rizki R
Saat Momen Debut Semi Truck, Tesla Sisipkan Bocoran Mobil Sport Elektrik  

MOBITEKNO – Tesla mengejutkan para penggemarnya dengan mengumumkan rencana untuk memproduksi mobil sport elektrik terbaru saat momen peluncuran mobil semi truk di Los Angeles, Jumat (17/11).

Peserta pada acara tersebut mengharapkan Elon Musk sebagai pendiri perusahaan, untuk mengungkap desain dan spesifikasi dari truk listrik yang sangat dinanti tersebut. Tapi sebelum mengakhiri acara, dia menyinggung soal roadster barunya.

Auto Express melaporkan bahwa mobil sport tersebut memiliki waktu tempuh 0-62mph hanya 1,9 detik dan kecepatan tertinggi lebih dari 250 mph. Ini berarti mobil dapat mengalahkan sebagian besar kendaraan mesin pembakaran saat ini.

Mobil sport baru ini ditetapkan untuk menjadi model yang paling efisien dalam jaringan Tesla, kata majalah tersebut, karena diperkirakan memiliki baterai dengan jarak tempuh hingga  620 mil. Menurut Tesla,mobil ini akan dijual dengan harga mulai dari US$ 200.000 (Rp2,7 M) dan pengiriman akan dilakukan pada tahun 2020.

Roadster tersebut merupakan upaya kedua Tesla dalam membangun sebuah mobil sport. Produk pertama Tesla adalah roadster listrik kecil yang dibuat berdasarkan dari Lotus Elise.

Walaupun banyak mata beralih pada informasi mengenai mobil sport tadi, tetapi di acara tersebut, produk semi trucknya yang memiliki banyak informasi. Menurut BBC News, truk listrik ini memiliki kemampuan baterai 500 mil dengan sekali charge. Dengan baterai berkekuatan tersebut,  truk dapat pergi dengan kecepatan 0-62mph dalam 20 detik sambil menarik 36.000 kg muatan.

Semi truk Ini dirancang khusus dan menawarkan pengemudi sebuah truk alternatif yang sarat akan teknologi tinggi serta ramah lingkungan.

Beberapa analis khawatir truk tersebut akan menjadi gangguan bagi Tesla terkait harga yang cukup mahal.

Musk tidak memberikan informasi harga untuk truk tersebut. Namun, Tesla dapat meyakinkan masyarakat bahwa ia dapat membangun truk listrik terjangkau dengan kapasitas kargo yang luas sehingga dapat bersaing dengan truk diesel yang berbiaya relatif murah.

Truk ini bisa melaju hingga 500 mil di jalan raya dengan berat memikul beban maksimal. DI lain sisi,  truk dengan mesin diesel mampu menempuh jarak hingga 1.000 mil pada untuk kapasitas satu tangki bahan bakar. Musk mengatakan bahwa truk diesel 20 persen lebih mahal per mil untuk dioperasikan daripada truk listriknya.

Tesla Semi Truk juga bisa pergi dari 0 sampai 60 mph dalam lima detik tanpa muatan dan mencapai 60 mph dalam 20 detik dengan berat maksimum yang diperbolehkan di jalan raya A.S., yaitu sebesar 80.000 pound (36.300 kg).

Tags: , ,


COMMENTS