November 22, 2017

Review Haier Leisure L7: Desain Kelas Atas, Harga Kelas Bawah

Penulis: Desmal Andi

Fitur dan Performa

Walau masuk di segmen bawah, bukan berarti Haier Leisure L7 memiliki spesifikasi kelas bawah. Justru, setelah dibaca spesifikasinya, ternyata cukup tinggi. Prosesornya menggunakan Snapdragon 430 dengan RAM 3 GB, seperti kebanyakan smartphone di kelas RP 3-4 jutaan. Sementara untuk storage internal berkapasitas 32 GB yang masih bisa diperluas melalui slot micro SD.

2772572a0c

Untuk menunjang kinerja smartphone, Haier melengkapinya dengan baterai berkapasitas 3.000 mAh yang bisa menjaga durasi smartphone salama seharian. Pengalaman Mobitekno dengan penggunaan aplikasi yang wajar memang membuktikan bahwa smartphone ini mampu bertahan sehari penuh. Baterai ini juga sudah dilengkapi fitur Fast Charging sehingga pengisian daya bisa lebih cepat.

Dari sisi sistem dan aplikasi, Haier Leisure L7 sudah menggunakan Android 7.1.1 Nougat sehingga lebih nyaman untuk digunakan. Selain itu, aplikasi-aplikasi bawaan juga tidak terlalu banyak, bahkan terbilang sangat sedikit. Dengan demikian, Anda bebas meng-install aplikasi yang ingin digunakan melalui Playstore.

2773ef89e0

Untuk akses cepat, smartphone ini juga menyediakan fungsi Gesture. Fungsi ini bisa ditemukan di menu Settings. Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu dengan menggeser slidernya ke kanan. Salah satu yang didukung Gesture adalah kamera. Cukup menekan dua kali tombol power, Anda bisa membuka kamera di keadaan apapun. Selain itu, Anda juga bisa melakukan screen capture dengan tiga jari. Ketuk dua kali di layar juga dapat membangunkan smartphone dari keadaan tidur. Masih banyak gesture lain yang bisa digunakan untuk mengaktifkan atau menjalankan sebuah aplikasi di smartphone ini. Terbilang, ada 18 gesture yang bisa digunakan di Haier Leisure L7 ini.

Kini kita bahas aplikasi kamera. Walaupun masih menggunakan dua kamera, yaitu satu di depan dan satu di belakang, Haier Leisure L7 memiliki aplikasi kamera yang mudah digunakan. Mulai dari filter warna, settings yang berhubungan dengan kamera seperti ukuran foto atau jenis pengambilan foto, hingga beautification sudah disediakan oleh Haier. Bahkan, fungsi Beautificationnya cukup luas. Selain menyediakan opsi untuk menghaluskan kulit dengan preset (low, mid, dan high), Anda juga bisa melakukannya secara manual dengan menggeser slidernya untuk mendapatkan tingkat kehalusan dan tingkat wajah putih yang diinginkan.

2775d9160d

Menariknya, hal yang sama juga berlaku pada kamera depan. Tidak ada fungsi yang berbeda baik kamera depan maupun belakang. Yang membedakannya hanya dari resolusi, dimana kamera belakang sudah beresolusi 13 MP dan kamera depan beresolusi 5 MP.

Fungsi keamananny juga cukup banyak. Salah satunya adalah pengaman dengan model sidik jari. Pengaturan sidik jari bisa ditemukan di menu Settings. Untuk menggunakan sidik jari, Anda harus menentukan keamanan tambahan, seperti dengan password atau PIN.

2774bb00c5

Satu fungsi menarik lainnya adalah Smart Lock. Ya, smartphone ini bisa diatur kapan harus menyala dan kapan harus idle. Melalui fungsi “Smart Lock”, Anda bisa menentukan sendiri, smartphone bisa aktif saat Anda juga aktif. Atau, Anda bisa mengatur juga di area mana smartphone baru bisa diakses.

Semua fitur tadi semakin membuat penggunanya merasa aman dan nyaman saat menggunakan Haier Leisure L7.
Contoh Foto jepretan Haier Leisure L7

2776ccf27c

27774b8e93

2778491987

Hasil Benchmark dari aplikasi:

2779ed66c7

Tags: , , ,


COMMENTS