May 22, 2017

Jagokan Gambar Super Cerah dan Warna Akurat, Samsung QLED TV Resmi Hadir di Indonesia

Penulis: Iwan RS
Jagokan Gambar Super Cerah dan Warna Akurat, Samsung QLED TV Resmi Hadir di Indonesia  

MOBITEKNO – Samsung (PT Samsung Electronic Indonesia) secara resmi meluncurkan QLED TV dengan teknologi panel terbaru, disebut Quantum Dot, di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Nusa Dua, Bali (16/5/2017).

Berbeda dengan teknologi panel layar Super AMOLED pada smartphone seri Galaxy, Samsung dengan pertimbangan tersendiri memilih mengadopsi teknologi panel layar Quantum dot filter untuk dapat menampilkan gambar yang super cerah dan warna yang 100% akurat.

Hasilnya, seperti yang dapat dilihat langsung dengan mata kepala sendiri adalah tampilan gambar dengan kualitas cemerlang yang meningkat secara signifikan. Menurut Samsung, kualitas gambar yang dihasilkan QLED TV ini belum ditawarkan oleh TV dengan teknologi lain yanga ada saat, termasuk TV OLED sekalipun.

""

""

""

Apa sebenarnya teknologi Quantum Dot? Sederhananya, Quantom dot adalah partikel sangat kecil (diameter 2-10 nm) yang jika diterpa cahaya akan memancarkan (menampilkan) cahaya yang sangat intensitasnya sangat tinggi.

Misalnya, sebuah cahaya LED yang mengenai partikel yang memancarkan warna merah, maka sinar merah yang dipancarkan akan sangat cerah, tajam, dan akurat seperti warna merah yang biasa Anda lihat secara nyata dengan mata sendiri. Hal ini juga berlaku untuk partikel yang memancarkan warna lainnya (hijau dan biru).

Selain warna yang super akurat, nilai jual Samsung QLED TV (misalnya dibandingkan TV berbasis LED) lainnya adalah kecerahan gambarnya yang tinggi (higher peak brightness).

Menurut Samsung, teknologi Quantum dot sanggup menampilkan gambar super cerah dalam mode HDR hingga di level 1500-2000 nit. Hasilnya, apa pun jenis  gambarnya akan lebih detail, lebih jelas, dan tanpa distorsi warna.

Di samping dua keunggulan tersebut, Jae Hoon Kwon, Presiden PT Samsung Electronics Indonesia, dalam sambutannya berkata, "Samsung juga ingin menempatkan TV sebagai bagian dari gaya hidup (lifestyle). Kehadiran Samsung QLED TV mengantarkan konsumen di Indonesia ke era baru dalam industri TV." 

Menurut Jae, TV kini bukan sebuah kotak hitam saja. Setelah bertransformasi menjadi produk yang  menampilkan gambar yang berkualitas dan juga 'smart', kini Samsung QLED TV juga ingin menjadi bagian yang menyatu dengan interior rumah dan bebas diletakkan ditempatkan di mana saja.

""

""

"Samsung QLED TV melengkapi gaya hidup konsumen di Indonesia yang senang terhubung dengan berbagai perangkat hiburan seperti siaran TV berbayar dan game console," jelas Jae.

Jae ingin menunjukkan bagaimana fleksibelnya Samsung QLED TV untuk ditempatkan di mana saja di ruangan. Ini semua berkat adanya kabel optik transparan (diameter 1.88 mm, panjang 5-15 meter), yang memungkinkan konsumen dapat meletakan Samsung QLED TV dimana saja sehingga ruangan pun  lebih leluasa dan bebas dari keruwetan kabel yang tidak sedap dipandang.

Hal ini diamini pula oleh Iwan Sastrawiguna, desainer interior kenamaan, "Penempatan TV (kaena masalah kabel) seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi saya ketika merancang interior sebuah ruangan. Inovasi 'invisible connection' dari Samsung ini sangat tepat dan dapat langsung diaplikasikan pada kebutuhan interior rumah apapun."

Samsung QLED TV menawarkan dua opsi aksesoris penahan (standee) untuk diletakkan di ruangan, yaitu Studio Stand dan Gravity Stand. Menurut Iwan, studio stand membuat QLED TV seakan-akan menjadi seperti sebuah lukisan bernilai tinggi yang dipajang di atas easel (standard atau tripod kanvas lukis).

Adapun Gravity Stand bertekstur kayu yang berputar 180 derajat memungkinkan QLED TV dapat ditonton secara optimal dari setiap sudut. Selain kedua standee tersebut, QLED TV juga dapat dipasangkan di dinding secara rapat (No-Gap Wall Mount) sehingga menyatau layaknya lukisan atau pajangan dinding lainnya.

""

""

Kenyamanan konsumen saat mengoperasikan QLED TV dengan remote control tidak luput dari perhatian Samsung. Samsung One Remote Control kini sudah mendukung lebih banyak perangkat dan mengontrol lebih banyak fitur Smart TV. Tidak ketinggalan pula, adanya aplikasi Smart View terbaru (Android, iOS) agar pengguna dapat menikmati Smart Hub secara lebih personal.

Ubay Bayanudin, Senior Product Marketing Manager TV & Audio Visual, PT Samsung Electronics Indonesia, menyatakan bahwa Samsung Smart Hub yang didukung QLED TV dihadirkan untuk menawarkan pengalaman lebih intuitif dan terpadu bagi konsumen dalam menikmati beragam konten.

Samsung QLED TV hadir di Indonesia (mulai bulan Mei 2017, di toko elektronik terdekat) dalam tiga model terbaru, yaitu Q7, Q8 (curved panel), dan Q9. Ukuran layarnya muali dari 55, 65, 75, dan 88 inci dengan harga mulai dari Rp 32.999.000,- hingga Rp 225.999.000,-.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS