March 22, 2017

Samsung Galaxy S8 DeX Station: Saatnya Smartphone Bisa Gantikan Fungsi PC Desktop?

Penulis: Iwan RS
Samsung Galaxy S8 DeX Station: Saatnya Smartphone Bisa Gantikan Fungsi PC Desktop?  

MOBITEKNO – Pembicaraan tentang rencana Samsung untuk menghadirkan solusi 'smartphone sebagai desktop PC' ala Microsoft Continuum pada Galaxy S8 dan S8 Plus sudah terdengar sebelumnya. Mendekati jadwal peluncuran Galaxy S8/S8+, rencana tersebut tampaknya kian konkret.

Menurut WinFuture, solusi ala Microsoft Continuum yang dinamakan Samsung DeX station (Desktop Experience Station) tersebut memang sudah siap menjadi aksesori menarik bagi pengguna smartphone Galaxy S8/8+ agar lebih produktif dalam aktivitas sehari-hari. Sebagai drop-in docking station, DeX dapat memperluas fungsi Galaxy S8 menjadi PC desktop dengan syarat docking station tersebut dihubungkan dengan monitor, keyboard, dan mouse.

""

Berdasarkan bocoran foto dan spesifikasi, Samsung DeX station bisa dihubungkan dengan Galaxy S8 melalui koneksi port USB Type C. Docking station tersebut telah menyediakan dua port USB 2 untuk dihubungkan dengan periferal, seperti keyboard dan mouse.

Selain dua port USB, tersedia juga port HDMI out (mendukung tampilan 4K 30 FPS), satu Ethernet (100 Mbps), power supply, dan satu kipas pendingin agar Galaxy S8 tetap 'cool' saat digunakan sebagai 'PC desktop'.

Harga DeX tidaklah murah. Rencananya Samsung akan menjualnya seharga € 150 (sekitar Rp 2,2 juta). Akan menarik diketahui, bagaimana Samsung meracik UI/UX TouchWiz berbasis Android Nougat agar lebih optimal digunakan pengguna Galaxy S8/S8+ layaknya interface desktop.
 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS