March 22, 2017

Google Sudah Resmi Umumkan Kehadiran Android O

Penulis: Desmal Andi
Google Sudah Resmi Umumkan Kehadiran Android O  

MOBITEKNO – Biasanya, kehadiran sistem Android baru, diperkenalkan Google pada bulan Mei di ajang Google I/O. Begitu juga pada tahun ini, banyak orang yang beranggapan bahwa sistem Android berikutnya akan muncul di event tahunan Google ini di bulan Mei. Namun, tampaknya kabar tersebut lebih cepat datang. Melalui Android Developer Blog, perusahaan ini sudah memperkenalkan kehadiran Android O sebagai penerus Android Nougat (N). 

Dikutip dari Ubergizmo, memang belum diketahui pasti, apakah kepanjangan dari “O” yang melekat pada sistem Android ini. Semuanya masih menerka untuk huruf O ini. Namun, tampaknya, Android O akan menjadi sistem Android 8.0 penerus Nougat. Dan seperti sebelumnya, akan ada banyak perubahan fitur dalam sistem baru. Di bolg tersebut, google juga sudah menyebutan bahwa akan ada banyak fitur dan pengembangan untuk sistem operasi mobile ini. 

Dari blog tersebut juga didapat, penyempurnaan bisa saja dilakukan pada fungsi baterai. OS akan membuat kelangsungan baterai bisa bertahan lebih lama. OS baru ini juga akan menyertakan fungsi limitasi untuk menjalankan aplikasi di background guna menghemat baterai. Berikutnya, ada juga penyempurnaan untuk masalah notifikasi yang dapat dilihat pengguna smartphone. Pengembangan lainnya akan dilakukan Google seperti untu Autofill API, fungsi picture in picture, adaptir icon, hingga penyempurnaan kualitas audio codec. 
Untuk sistem Android baru ini, Google sudah menyediakan versi developer preview yang bisa di-download oleh para pengembang Android. Para pengembang bisa merasakan langsung sistem Android ini dan memberikan masukan kepada Google. 

Tags: , , , ,


COMMENTS