February 22, 2017

Review Samsung TV SUHD UA55KS9000: Tawarkan Lebih dari Sekadar Menonton Televisi

Penulis: Desmal Andi
Review Samsung TV SUHD UA55KS9000: Tawarkan Lebih dari Sekadar Menonton Televisi  

MOBITEKNO – Smart TV menjadi sebuah produk yang mulai diperhitungkan kemampuannya untuk menyuguhkan hiburan di tengah keluarga. Di tengah arus digital yang terus berjalan dan berkembang serta jaringan internet 24 jam yang siap menyajikan data, sebuah Smart TV bisa menghadirkan tidak hanya berupa tayanga dari stasiun televisi, tetapi juga hal lainnya, seperti berselancar di Internet, menonton streaming, hingga bermain game langsung tanpa bantuan PC lagi.

Salah satu Smart TV yang dapat melakukan semua hal tadi adalah Samsung Smart TV SUHD UA55KS9000. Sesuai namanya, perangkat ini memiliki ukuran layar 55 inci dengan bentuk curve (melengkung). Desain ini membuat tampilan lebih lega dan dapat dinikmati dari sudut manapun asnda berada.

Redaksi Mobitekno berkesempatan menguji perangkat ini untuk menikmati berbagai konten dai internet dan kebutuhan lainnya. Dipadukan dengan Samsung Soundbar HW J551 yang memiliki 2.1channel, suara dari televisi ini bisa mengisi semua ruangan. Anda pun serasa menonton bioskop dalam ruang keluarga. Bagaimana mengenai fitur dan kinerjanya? Berikut ini review dari Mobitekno.

Kelengkapan

Dengan kemasan paket yang sangat besar, sehingga dibutuhkan minimal dua orang untuk mengangkatnya, Samsung Smart TV SUHD UA55KS9000 dilengkapi dengan berbagai penduung lainnya agar bisa dinikmati dengan nyaman. Buka kemasannya dengan perlahan, maka akan terlihat di dalamnya berisi:

  1. Satu unit Smart TV
  2. Remote Control
  3. Kabel power
  4. Stand berbentuk segitiga dari bahan metal
  5. Penutup stand untuk bagian belakang
  6. Kabel RCA untuk audio dan gambar
  7. Kabel RCA untuk audio
  8. Samsung One Connect untuk berinteraksi dengan eprangkat lainnya.
  9. Mur dan baut.1009e92b37

Desain

Setelah membuka kemasannya, dan memasang stand berbahan metal yang cukup berat, Samsung Smart TV ini bisa didudukkan pada meja televisi. Selanjutnya, agar bisa berhubungan dengan perangkat lainnya, seperti antenna terestrial, USB, atau eksternal speaker, pasang Samsung One Connect ke Smart TV ini. Selanjutnya hidupkan televisi dengan menekan tombol power pada remote control.

1010e7825d

Dari sisi desain, bentuk lengkung pada layarnya memang didesain menyesuaikan sudut pandang mata manusia sehingga bisa dinikmati dari sisi manapun. Layarnya yang berukuran 55 inci dibalut dengan bezel yang tipis di setiap sisinya. Dengan demikian, walaupun berdiameter besar, tampilannya tetap kompak. Anda seperti melihat keseluruhan gambar hingga ke bagian tepi. Sudut-sudut tepinya juga memiliki desain lengkung yang menyatu diantara bezelnya sehingga tidak tampil kaku.

1011b79a4c

Dengan desain TV dan bezel yang tipis ditambah stand yang berbahan metal berbentuk palang tiga, membuat Samsung SUHD UA55KS9000 tampak menarik walau dilihat dari berbagai sisi. Selain itu bentuk stand ini juga tidak mengambil tempat yang luas. Anda bisa membuat tampilan meja televisi tampa minimalis.

101267107d

Di bagian belakang, ada sejumlah port yang bisa ditemukan agar TV bisa berfungsi dengan baik. Sebuah port USB 5V 1A bisa digunakan untuk mengoneksikan TV dengan perangkat USB. Sementara di bawahnya terdapat port LAN untuk koneksi kabel RJ45, dan satu lagi adalah One Connect, yang bisa membuat TV ini memiliki fungsi yang lebih luas.

10137753de

Hubungkan perangkat One Connect ke bagian belakang melalui kabel yang sudah disediakan. Di One Connect ini, tersedia lebih banyakk port untuk banyak fungsi. Selain port digitaa Audio Out, terdapat juga Audio Video In dengan konektor 3,5. Di sisi lainnya, terdapat empat port HDMI, antenna, dan dua buah port USB dengan besaran 1A dan 0,5A. Bentuk Samsung One Connect ini juga cukup kecil sehingga tidak mengganggu penampilan TV secara keseluruhan. Untuk Remote Controlnya sendiri, sama seperti tampilan kebanyakan remote lainnya.

1014de1932

Selain diposisikan berdiri, Smart TV ini juga bisa digunakan dengan bracket khusus agar bisa menempel di dinding. Untuk bracket ini, Anda harus membelinya secara terpisah.

Fitur & Kemampuan

Sambungkan kabel power agar TV bisa aktif. Setelah itu, lakukan juga koneksi dengan internet di rumah, bisa melalui kabel RJ45 yang dihubungkan ke router atau jalur Wi-Fi. Semua setting ini ada di bagian setting. Untuk mengaksesnya, silakan tekan tombol “Menu”. Oya, saat pertama kali mengaktifkan TV ini, Anda juga diminta memasukkan Samsung Account agar bisa mengakses berbagai aplikasi yang disediakan Samsung.

Jika semua sudah terhubung, terutama untuk Internetnya, Anda bisa melakukan banyak hal di dalamnya. Apa saja yang bisa dilakukan Smart TV ini?

1. Menonton Televisi Analog

Anda bisa menggunakan Smart TV ini seperti kebanyaan TV lainnya dengan mengakses signal TV dari antenna terestrial. Lakukan pencarian signal secara otomatis atau sesuai dengan keinginan Anda dari menu Setting.

1015962ef2

2. Menonton TV Digital

Banyaknya signal TV Digital di beberapa kota di Indonesia bisa dimanfaatkan oleh Samsung Smart TV ini. Lakukan hal yang sama seperti melakuan pencarian signal TV standar. Proses bisa dillakukan secara otomatis maupun manual.

1016fada21

3. Internet

Lakukan browsing seperti Anda menjelajah website dengan browser di PC atau notebook. Untuk mengetik alamat website, Anda bisa menggunakan remote yang disediakan. Namun, agak repot melakukannya. Agar lebih mudah, Anda bisa menambahkan bluetooth keyboard dan mouse. Dengan cara ini, navigasi menjadi lebih mudah. Satu lagi yang bisa memudahkan Anda bernavigasi di dalam menu TV adalah melalalui aplikasi Samsung di Android Play Store atau Apple Store. Anda bisa menggunaan layar smartphone sebagai trackpad.

1017261009

4. Bermain Game

Sambungkan gamepad dengan koneksi kabel USB atau bluetooth. Selanjutnya, Anda bisa menggunakan Samsung Smart TV ini untuk bermain game. Cara melakukan proses paairing antara perangkat yang sudah memiliki bluetooth dan TV ini sangat mudah. Semuanya dijelaskan dalam menu setting. Berbagai game menarik dapat di-download ke storage internal di TV ini.

101893cba6

5. Mendengarkan Radio

Selain kemampuan yang sudah di sebut tadi, Samsung Smart TV ini juga menyediakan frekuensi untuk saluran radio FM. Lakukan pencarian signal secara otomatis, Anda bisa menjadikan TV seperti perangkat radio.

6. Streaming

Dengan kemampuan internet di dalamnya, sudah tentu Anda bisa menggunakan Samsung Smart TV ini sebagai media untuk menyaksikan berbagai content streaming. YuoTube salah satunya. Anda tidak perlu men-download video atau film terlebih dahulu. Bahkan, jika koneksi internet di rumah cukup kencang, Anda bisa menyaksikan konten Full HD atau 4K dengan lancar. Berbagai aplikasi untuk streaming ini juga bisa ditemukan dengan mudah dalam Samsung App. Salah satu aplikasi bawaan yang sudah disediakan adalah Netflix.

10198d7b85

Selain kemampuan tadi, Samsung Smart TV SUHD UA55KS9000 ini sudah dilengkapi dengan teknologi Quantum Dot Display. Teknologi ini mampu menghadirkan detail gambar dan warna lebih tajam dibandingan TV UHD lainnya.

Sebagai TV dengan kemampuan menampilkan gambar hingga resolusi 4K, Samsung Smart TV SUHD UA55KS9000 tentunya bisa menampilkan objek gambar dengan begitu detail, apalagi jika sumbernya juga memiliki resolusi yang tinggi. Semua detail akan tampil sama seeperti file aslinya. Bahkan, jika sumbernya terlihat kurang begitu cerah, TV ini mampu menganalisanya dan melakukan remaster untuk membantu tingkat ecerahan warna secara otomatis sehingga gambar atau konten lainnya bisa tampil lebih detail.

10205058ce

Memang banyak sekali fitur yang dihadirkan Smart TV ini. Untuk mempelajarinya, Samsung tidak menyediakan buku panduan di dalam paket penjualannya. Anda bisa men-download-nya dari dalam TV dan bisa dibaca juga melalui TV tersebut. Namun, file panduan ini juga bisa disimpan dalam perangkat USB untuk dibaca di media lainnya. Satu lagi kemampuan TV ini adalah storage-nya yang mendukung hard disk eksternal atau perangkat penyimpan lainnya. Jadi, saat storage internal sudah menipis kapasitasnya, sistem akan mencari storage eksternal yang terhubung ke perangkat TV ini.

Untuk urusan audio, Anda tidak perlu cemas akan kualitasnya. Dari speaker bawaannya, suaranya sudah mampu memenuhi ruangan sesuai dengan preset yang Anda sukai. Tidak perlu tambahan speaker eksternal pun, suara yang dihasilkan bisa memanjakan telinga Anda.

1021df4140

Spesifikasi

Dengan banyaknya fitur dan kemampuan yang ada dalam Samsung Smart TV SUHD UA55KS9000 ini, tentunya spesifikasi perangkatt ini tergolong tinggi. Apa saja sih detail spesifikasinya?

Spesifikasi

Brand Samsung Smart TV SUHD UA55KS9000
Tahun 2016
Tipe TV LED
Screen Size 55 inch
Screen Resolution 3840 x 2160 Pixel
Aspect Ratio 16:09
4K Ya
Full HD Ya
3D Ya
Wi-Fi Ya
DLNA Ya
HDMI 4x Port(s)
USB 3x USB 2.0 Port(s)
LAN Yes Port(s)
Port Lain DVI Port(s)
Berat 19 kg
TV Digital Ya
Ukuran 902 x 145 x 621 mm

Kesimpulan

Jika Anda membutuhkan sebuah perangkat hiburan yang bisa dinikmati bersama dengan keluarga, sepertinya Samsung Smart TV SUHD UA55KS9000 ini bisa menjadi pilihan yang pas. Menonton konten menarik yang bersumber dari storage lokal maupun streaming melalui internet bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Bahkan, Anda juga bisa melakukan browsing untuk mencari berbagai informasi menarik yang terjadi hari ini dengan mudah melalui browser yang sudah disediakan.

Bermain game juga bisa dilakukan bersama. Dengan layar yang besar 55 inci, tentunya permainan akan tampil lebih menarik. Berbagai game pun sudah disediakan dalam bagian Samsung App yang bisa di-dowload ke storage internal. Pilihan game ada yang berbayar dan ada yang bisa didapat secara gratis.

Fiturnya cukup banyak sehingga Anda tidak perlu menambahkan berbagai perangkat multimedia lainnya. Cukup lengkapi dengan bluetooth keyboaard dan mouse, Anda sudah bisa memperlakukan TV ini seperti perangkat komputer. Navigasi yang lebih mudah juga bisa dilakukan melalui aplikasi berbasia Android dan iOS di perangkat smartphone yang Anda miliki.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS